Hal yang Harus Dilakukan untuk Mengembalikan Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri sangat berpengaruh terhadap sikap dalam menjalani hidup

30 November 2020

Hal Harus Dilakukan Mengembalikan Rasa Percaya Diri
Pixabay/Victoria_Borodinova

Dalam menjalani kehidupan tentu tidak selamanya berjalan dengan mulus. Banyak rintangan yang membuat kehidupan kadang berada di atas, kadang pula di bawah. Hidup menjadi lebih dinamis.

Namun, terkadang orang merasa kesulitan untuk bangkit selepas dirinya terjatuh. Padahal, jatuh adalah sinyal untuk kembali bangkit.

Sama halnya dengan rasa percaya diri. Saat mengalami kegagalan, banyak orang yang tidak berani untuk kembali bangkit. Mereka menjadi kehilangan rasa percaya dirinya sehingga lupa bagaimana caranya untuk kembali berdiri.

Memang tidak mudah untuk berusaha menahan rasa sakit untuk kembali menegakkan tubuh. Tapi hidup harus terus berjalan. Sesakit apapun usaha untuk mencoba kembali bangkit, hal itu tetap harus dilakukan.

Jika saat ini Mama merasa sedang merasa diri tidak pantas dalam hal apapun, Popmama.com punya sedikit tips yang mungkin bisa membantu mengembalikan rasa percaya diri Mama.

Simak halaman ini sampai akhir ya, Ma!

1. Ingat kesuksesan yang pernah dicapai sebelumnya

1. Ingat kesuksesan pernah dicapai sebelumnya
Freepik

Saat sedang berada di kondisi terpuruk dan merasa gagal, cobalah untuk mengingat kembali kesuksesan-kesuksesan apa saja yang pernah diraih.

Ingat lagi pencapaian yang pernah dilewati atau mungkin momen-momen berharga yang tak terlupakan.

Setiap pribadi pasti memiliki hal baik yang pernah dilakukan. Ingatlah hal itu dan yakinkan diri bahwa Mama berharga.

Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa untuk mengembalikan rasa percaya diri, seseorang harus memiliki keyakinan yang kuat atas prestasi  dan kemampuan yang pernah diraihnya.

Editors' Picks

2. Buat daftar apa saja kelebihan yang dimiliki dan fokus pada kelebihan itu

2. Buat daftar apa saja kelebihan dimiliki fokus kelebihan itu
Freepik/tirachardz

Penting juga untuk membuat daftar apa saja kelebihan diri yang dimiliki. Hal ini mendorong Mama untuk mengenali diri sendiri.

Saat membuat daftar kelebihan apa yang dimiliki yakinlah dengan hal tersebut. Fokus pada kelebihan apa yang dimiliki. Sebab, dengan memfokuskan diri terhadap kelebihan yang dimiliki akan membuat diri lebih percaya diri terhadap keputusan yang akan diambil. Karena Mama tahu kelebihan apa yang dimiliki.

3. Terus berpikir positif dan afirmasikan kesuksesan yang akan terjadi

3. Terus berpikir positif afirmasikan kesuksesan akan terjadi
Freepik/our-team

Untuk mengembalikan rasa percaya diri, Mama harus terus berpikir positif. Kekuatan pikiran sangat kuat terhadap sikap yang akan kita ambil. Untuk memiliki sikap yang baik, tentu pikiran pun juga harus baik.

Bayangkan hal-hal baik yang akan terjadi kedepannya. Bayangkan betapa menyenangkannya rasa meraih kesuksesan itu. Afirmasikan seolah-olah hal tersebut nyata dan akan terjadi kepada Mama.

4. Lakukan hal-hal produktif yang menyenangkan dan disukai

4. Lakukan hal-hal produktif menyenangkan disukai
Pixabay/Lourdes_B / 2 foto

Saat mulai merasa lelah untuk berjuang mengembalikan rasa percaya diri maka istirahatlah sejenak. Lakukan hal-hal yang akan membuat hati senang.

Pergi ke tempat baru yang menyenangkan untuk dijelajahi. Lakukan hobi yang sebelumnya sempat ditinggalkan.

Membuat suasana tetap bahagia akan membangun kembali semangat di dalam diri dan akan mengembalilkan rasa percaya diri.

5. Cari lingkungan positif yang akan mendukung dan memberikan motivasi

5. Cari lingkungan positif akan mendukung memberikan motivasi
Pexel/ChristinaMorillo

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap manusia membutuhkan keberadaan orang lain. Saat Mama berjuang untuk mengembalikan rasa percaya diri, berkumpulah dengan orang-orang yang akan mendukung setiap langkah Mama.

Orang-orang yang akan terus menyemangati apa pun kondisi Mama. Lingkungan yang positif akan memengaruhi cara berpikir dan bersikap.

Walaupun tidak mudah untuk mengembalikan rasa percaya diri, tapi berjuanglah dan yakinlah bahwa diri ini layak untuk bangkit dan mendapatkan kebahagiaan.

Memang hidup tidak selamanya selalu di atas maupun di bawah. Jadi, teruslah bergerak untuk bangkit.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.