6 Kebiasaan pada Pagi Hari yang Bisa Bikin Gemuk

Kebiasaan buruk yang tanpa disadari membuat tubuh menjadi gemuk

16 Januari 2021

6 Kebiasaan Pagi Hari Bisa Bikin Gemuk
Pixabay/Bru-nO

Pagi hari biasanya memiliki peran penting dalam menentukan bagaimana waktu berikutnya dalam satu hari itu. Makanya, sering kali di waktu pagi banyak aktivitas positif yang dilakukan, mulai dari solat bagi yang muslim, meditasi, minum segelas air putih, berolahraga, dan sebagainya.

Rutinitas pagi juga sering dijadikan salah satu waktu terbaik untuk memulai rentetan program penurunan berat badan. Memang beberapa kebiasaan di pagi hari terbukti dapat membantu menurunkan berat badan. Tetapi, beberapa kebiasaan yang ternyata bisa membuat seseorang menjadi bertambah gemuk.

Untuk mencegah hal tersebut, ketahui kebiasaan di pagi hari yang bisa bikin gemuk dari ulasan Popmama.com berikut ini.

1. Tidur terlalu lama sehingga bangun kesiangan

1. Tidur terlalu lama sehingga bangun kesiangan
freepik.com

Ternyata, seseorang yang memiliki waktu tidur lebih dari 8 jam sehari bisa membuat sistem metabolisme tubuh melambat.

Tubuh akan kesulitan membakar kalori dan lemak yang ada di dalam tubuh sehingga membuat seseorang menjadi gemuk. Miliki waktu tidur secukupnya dan hindari kebiasaan di pagi hari yang bisa bikin gemuk ini.

2. Tidak merapikan tempat tidur setelah bangun tidur

2. Tidak merapikan tempat tidur setelah bangun tidur
Freepik/ lifeforstock

Siapa sangka kalau tidak merapikan tempat tidur setelah bangun menjadi salah satu kebiasaan di pagi hari yang bisa bikin gemuk.

Kondisi kasur yang tidak tertata rapi dapat menurunkan kualitas tidur. Kualitas tidur yang buruk dapat meningkatkan risiko kegemukan.

Editors' Picks

3. Melewatkan waktu sarapan

3. Melewatkan waktu sarapan
Freepik/Racool_studio

Banyak yang mengira bahwa tidak makan akan membuat tubuh menjadi kurus sehingga banyak yang melewatkan waktu sarapannya. Padahal, melewatkan waktu sarapan adalah kebiasaan di pagi hari yang bisa bikin gemuk. Sebab, melewatkan sarapan dapat memperburuk sistem metabolisme tubuh. 

Selain itu, melewatkan sarapan bisa berisiko membuat seseorang menjadi makan berlebih di siang hari karena terlalu lapar. Ia menjadi tidak bisa mengontrol jumlah makanan yang harus dikonsumsinya.

4. Membiarkan kamar tetap gelap

4. Membiarkan kamar tetap gelap
pixabay/StockSnap

Tidak pernah membuka tirai kamar dan membiarkan suasana kamar tetap gelap dapat membuat seseorang malas untuk melakukan berbagai aktivitas.

Ia akan menjadi mudah stres, depresi, dan kehilangan semangat untuk bergerak. Oleh karena itu, membiarkan kamar tetap gelap adalah salah satu kebiasaan di pagi hari yang bisa bikin gemuk.

5. Tubuh tidak terkena matahari pagi

5. Tubuh tidak terkena matahari pagi
Freepik/interstid

Matahari pagi memiliki kandungan vitamin D yang sangat baik untuk tubuh. Vitamin D diperlukan untuk menjaga kondisi tulang dan otot.

Selain itu, kebutuhan vitamin D pada tubuh juga berpengaruh terhadap kondisi hormon yang dapat membantu menjaga metabolisme tubuh tetap optimal.

6. Tidak menimbang berat badan

6. Tidak menimbang berat badan
Freepik/jcomp

Kebiasaan di pagi hari yang bisa bikin gemuk antara lain tidak pernah menimbang berat badan. Sebab, di waktu pagi adalah waktu yang terbaik untuk mengetahui berat badan yang sebenarnya.

Berat badan di pagi hari lebih akurat karena merupakan berat tubuh yang sesungguhnya. Sehingga, seseorang yang rajin mengecek berat badannya di pagi hari akan lebih sukses menjalankan program penurunan berat badannya.

Hindari kebiasaan di pagi hari yang bisa bikin gemuk ini bukan hanya karena khawatir terhadap berat badan tapi juga karena kesehatan tubuh secara menyeluruh. Kebiasaan buruk tersebut dapat berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.