5 Kebiasaan yang Bisa Meningkatkan Fokus saat Bekerja

Melatih fokus untuk bekerja bisa dengan membiasakan untuk melakukan beberapa hal

24 Februari 2021

5 Kebiasaan Bisa Meningkatkan Fokus saat Bekerja
Freepik/kittima05

Pikiran yang jernih dan fokus sangat diperlukan untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu.

Tetapi, ada kalanya kita akan berada di saat perasaan sedang kurang bersemangat. Pikiran menjadi hilang fokus saat melakukan pekerjaan. Akibatnya, bekerja menjadi terasa sangat berat dan melelahkan.

Namun, ternyata kemampuan fokus yang tinggi dapat dilatih dan ditingkatkan dengan melakukan beberapa kebiasaan. Bahkan, kebiasaan baik ini tidak hanya membantu untuk menjaga kemampuan fokus kita pada saat bekerja tapi juga dalam melakukan berbagai aktivitas.

Popmama.com sudah menyiapkan informasi khusus untuk Mama yang akan membahas beberapa kebiasaan yang bisa meningkatkan fokus saat bekerja.

1. Bangun pikiran positif di pagi hari

1. Bangun pikiran positif pagi hari
Freepik/diana.grytsku

Pagi hari menjadi awalan untuk memulai berbagai aktivitas dalam seharian penuh. Waktu pagi menjadi waktu terbaik untuk membangun pikiran yang positif.  Membiasakan untuk membangun pikiran positif di pagi hari sangat berpengaruh dalam meningkatkan fokus saat bekerja.

Perasaan dan pikiran yang positif saat mengawali hari akan sangat berpengaruh terhadap suasana hati sepanjang hari.

Itulah mengapa banyak yang melakukan meditasi saat pagi hari. Bagi seorang muslim, waktu subuh menjadi waktu saat terbaik untuk berdoa dan memohon segala kebaikan di hari itu.

Editors' Picks

2. Susun daftar pekerjaan yang harus segera dikerjakan

2. Susun daftar pekerjaan harus segera dikerjakan
Unsplash/Kelly Sikkema

Memiliki daftar pekerjaan yang harus dikerjakan juga mampu meningkatkan fokus saat bekerja.

Seseorang yang terbiasa menuliskan daftar pekerjaannya menjadi lebih terarah terhadap pekerjaannya.

Selain itu, membuat daftar pekerjaan juga dapat membantu mengurutkan pekerjaan mana yang lebih prioritas untuk segera diselesaikan.

3. Biasakan mengonsumsi makanan bernutrisi

3. Biasakan mengonsumsi makanan bernutrisi
Freepik/timolina

Kemampuan fokus yang tinggi tidak terlepas kaitannya dengan sumber nutrisi yang baik bagi otak. Otak hanya dapat berfungsi dengan optimal jika kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Mulai biasakan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi agar dapat meningkatkan fokus saat bekerja.

Beberapa jenis makanan juga sangat baik bagi kesehatan otak, seperti ikan salmon, brokoli, telur, kacang walnut, dan sebagainya.

4. Penuhi kebutuhan air minum minimal 2 liter

4. Penuhi kebutuhan air minum minimal 2 liter
Freepik/svetlanasokolova

Selain makanan yang bernutrisi, otak juga membutuhkan air. Jika tubuh mengalami dehidrasi maka aliran darah menjadi tidak lancar.

Akibatnya darah tidak bisa membawa nutrisi hingga ke bagian otak secara optimal. Itulah mengapa kebiasaan untuk mengonsumsi air dapat meningkatkan fokus saat bekerja.

5. Hindari hal-hal yang dapat mengalihkan fokus

5. Hindari hal-hal dapat mengalihkan fokus
Freepik

Agar bisa meningkatkan fokus saat bekerja, salah satu usaha yang harus biasa dilakukan adalah menghindari hal-hal yang dapat mengalihkan fokus.

Pertama, ketahui terlebih dahulu apa saja hal yang biasa membuat kita teralih fokus, misalnya dering notifikasi handphone, media sosial, suara bising, dan sebagainya. Setelah mengetahui penyebabnya maka latihlah untuk mengurangi intensitas interaksi dengan pengalih fokus tersebut.

Kemampuan fokus bisa dilatih dan ditingkatkan. Caranya dengan melatih untuk melakukan kebiasaan yang bisa meningkatkan fokus saat bekerja seperti hal yang sudah dibahas di atas.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.