Kebiasaan yang Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidur berkualitas penting untuk tubuh yang lebih berenergi

3 Desember 2021

Kebiasaan Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur
Unsplash/Krista Mangulsone

Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kesehatan hidup seseorang adalah kualitas tidur. Tidak cukup hanya dengan mengonsumsi makanan sehat dan juga rutin berolahraga. Tidur juga merupakan pilar penting untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh.

Sayangnya, saat ini banyak yang tidak tahu seberapa pentingnya tidur. Tuntutan pekerjaan atau kebiasaan hidup manusia modern saat ini sering membuat seseorang sulit mendapatkan kualitas tidur yang baik. Entah itu mengalami kesulitan tidur, mudah terbangun, dan sebagainya. Rutinitas waktu tidur pun terganggu akibat kebiasaan hidup yang tidak seimbang. 

Mungkin Mama juga mengalami kesulitan tidur yang berkualitas. Agar kualitas tidur menjadi berkualitas ada beberapa kebiasaan baik yang perlu dibentuk. Coba perhatikan informasi Popmama.com berikut ini yuk, Ma!

1. Berolahraga secara rutin

1. Berolahraga secara rutin
Freepik/master1305

Dalam berbagai penelitian membuktikan bahwa berolahraga dapat meningkatkan kualitas tidur. Sebuah riset 2013 Sleep in America yang dilakukan pada orang-orang berusia antara 23 hingga 60 tahun menunjukkan hasil yang serupa.

Hasilnya, sebanyak 76-83% dari responden yang merutinkan berolahraga dengan intensitas ringan, sedang, hingga berat memiliki kualitas tidur yang sangat baik atau cukup baik.

Hal tersebut menunjukkan bahwa berolahraga mampu memberikan dampak baik terhadap kualitas tidur. Tidur menjadi lebih mudah dan nyenyak lebih lama dengan rutin berolahraga.

Editors' Picks

2. Tidak tidur siang terlalu lama

2. Tidak tidur siang terlalu lama
Unsplash/@adigold1

Kebiasaan yang juga perlu dilakukan agar  dapat meningkatkan kualitas tidur antara lain tidur siang. Tetapi penting untuk memerhatikan durasinya.

Jangan sampai terlalu lama karena akan membuat tubuh kesulitan mendapatkan kualitas tidur yang maksimal di waktu malam. Durasi yang dibutuhkan untuk tidur siang hanya sekitar 15-30 menit sudah cukup.

3. Matikan perangkat elektronik digital 1 jam sebelum tidur

3. Matikan perangkat elektronik digital 1 jam sebelum tidur
Pexels/Pixabay

Cahaya biru atau blue light memiliki pengaruh terhadap kualitas tidur. Baik itu cahaya biru alami dari matahari atau pun buatan, cahaya ini dapat meningkatkan kewaspadaan dan ketajaman mental.

Maka dari itu, cahaya ini mengganggu dan menghalangi tubuh dalam memproduksi hormon melatonin. Hormon tersebut berfungsi mengatur tubuh untuk merasa lelah dan mengantuk.

Untuk meningkatkan kualitas tidur yang maksimal, ada baiknya untuk menghindari paparan sinar biru dari perangkat elektronik digital satu jam sebelum tidur.

Lampu ruangan pun ada baiknya menggunakan jenis lampu bercahaya hangat saat malam hari untuk meningkatkan suasana yang lebih nyaman untuk tidur.

4. Hindari makan terlalu larut malam

4. Hindari makan terlalu larut malam
Pexels/ Malidate Van

Kebiasaan yang perlu dihindari sebelum tidur antara lain adalah makan mendekati waktu tidur. Makan terlalu larut malam dapat mengganggu hormon di dalam tubuh.

Tubuh yang seharusnya sudah mulai melambat bekerja, menjadi kembali naik karena harus mengolah makanan. Akibatnya, tubuh menjadi kesulitan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Tetapi apabila tubuh mendapatkan asupan makanan yang baik beberapa jam sebelum tidur, justru dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

5. Biasakan untuk konsisten tidur di waktu yang sama

5. Biasakan konsisten tidur waktu sama
Pexels/Enikő Tóth

Kebiasaan lainnya yang akan membantu meningkatkan kualitas tidur adalah berusaha untuk konsisten tidur dan bangun di waktu yang sama. Saat hari mulai malam hingga menjelang waktu matahari terbit adalah waktu tubuh untuk beristirahat. Di waktu itulah tubuh seharusnya secara konsisten mendapatkan jam tidur.

Sebuah studi mencatat bahwa seseorang yang memiliki pola tidur tidak teratur dan tidur larut malam memiliki perubahan kadar hormon melatonin dan ritme fisiologi kerja tubuh setiap hari. Jadi mulai biasakan tidur di waktu yang sama dan bangun di waktu yang sama. Dengan demikian, kualitas tidur akan menjadi lebih baik.

Menjaga beberapa kebiasaan di atas sangat membantu menjaga kualitas tidur yang lebih baik. Dengan meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik maka kesehatan dan produktivitas kerja tubuh pun juga akan lebih baik.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.