Ketahui Jenis Sakit Kepala dan Cara Mengatasinya

Rasa sakit kepala di bagian tertentu menunjukkan masalah kesehatan tertentu

21 Februari 2021

Ketahui Jenis Sakit Kepala Cara Mengatasinya
Freepik/cookie_studio

Sakit kepala adalah salah satu keluhan kesehatan yang paling sering terjadi oleh banyak orang. Rasa sakit kepala yang dialami bisa memiliki intensitas rasa sakit yang berbeda, mulai dari rendah, sedang, hingga tinggi.

Rasa sakit kepala sendiri adalah salah satu sinyal bahwa ada masalah yang terjadi di dalam tubuh seseorang.

Bahkan, rasa sakit kepala bisa menjadi salah satu cara mengidentifikasi penyakit tertentu. Jika rasa sakit kepala tidak ditangani dengan serius, hal tersebut bisa menyebabkan masalah serius terhadap kesehatan.

Agar dapat menangani rasa sakit kepala dengan tepat, penting untuk mengetahui jenis sakit kepala dan cara mengetahuinya.

Berikut ini telah Popmama.com rangkumkan beberapa informasi seputar jenis-jenis sakit kepala yang perlu Mama ketahui.

1. Sakit kepala sebelah yang disertai gejala lain

1. Sakit kepala sebelah disertai gejala lain
Freepik/freepik

Jenis sakit kepala ini yang paling sering dialami. Rasa sakit kepala ini terasa hanya di sebelah bagian. Biasanya sakit kepala ini dikenal dengan migrain.

Jenis sakit kepala ini seringkali disertai dengan gejala lain yang timbul, seperti sensitif terhadap cahaya dan suara, pandangan terasa berkunang-kunang, serta terasa mual dan ingin muntah.

Salah satu cara yang biasa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengonsumsi obat yang dijual di pasaran. Tetapi, jenis obat ini tidak betul-betul mengobati. Obat yang biasa ditemukan di pasaran hanya mampu mengurangi rasa sakit.

Untuk bisa menyembuhkan sakit kepala ini adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat serta hindari stress.

Editors' Picks

2. Sakit kepala tegang yang terasa di bagian atas, depan, kanan, dan kiri kepala

2. Sakit kepala tegang terasa bagian atas, depan, kanan, kiri kepala
Freepik/justinboat29

Dalam kasus tertentu, sakit kepala dapat terasa tegang di bagian atas, depan, kanan, dan kiri kepala. Rasa sakit seperti terasa diremas dengan keras. Jenis sakit kepala ini juga merupakan salah satu sakit kepala yang sering dialami.

Berbeda dengan migrain, jenis sakit kepala yang satu ini tidak disertai dengan gejala lain yang timbul. Biasanya jenis sakit kepala ini diakibatkan terlalu banyak pikiran dan stress. Kekurangan tidur juga bisa menyebabkan seseorang sakit kepala tegang.

Cara yang paling efektif untuk menghilangkan sakit kepala ini adalah dengan beristirahat yang cukup. Hindari aktivitas yang menggunakan komputer, laptop, ataupun telepon genggam terlalu lama.

3. Sakit kepala di area muka yang disebabkan sinusitis

3. Sakit kepala area muka disebabkan sinusitis
Freepik/diana.grytsku

Jenis sakit kepala ini sering dialami oleh seseorang yang mengalami sinusitis. Sinusitis sendiri adalah peradangan pada dinding sinus akibat reaksi alergi atau dingin. Rasa sakit terasa di area muka seperti bagian hidung hingga pelipis dan bagian bawah mata.

Biasanya, dokter akan memberikan obat antibiotik untuk menghilangkan infeksi dan mengurangi lapisan lendir.

4. Sakit kepala yang terasa di salah satu sisi kepala hingga ke belakang mata

4. Sakit kepala terasa salah satu sisi kepala hingga ke belakang mata
Freepik

Jika sakit kepala terasa sangat hebat dan tak tertahankan, mungkin ia mengalami sakit kepala yang dikenal dengan cluster headache. Biasanya, rasa sakit muncul hanya sebagian kepala hingga ke belakang mata. Namun, jenis sakit kepala tidak umum terjadi.

Dalam sebuah studi menyatakan bahwa kasus ini lebih sering menyerang laki-laki daripada perempuan. Penyebab dari sakit kepala ini belum dapat diketahui pasti apa yang menyebabkannya. Namun, biasanya dokter akan memberikan penanganan dengan memberikan terapi oksigen atau anestesi lokal.

5. Sakit kepala terjadi secara mendadak dan terasa seperti tersambar petir

5. Sakit kepala terjadi secara mendadak terasa seperti tersambar petir
Freepik

Sakit kepala mendadak atau dikenal juga dengan istilah thunderclap headache merupakan salah satu jenis sakit kepala yang cukup serius. Sakit kepala ini menunjukkan suatu kondisi medis yang dapat mengancam nyawa.

Biasanya, rasa sakit ini muncul secara mendadak dan terasa seperti tersambar petir. Rasa sakit yang dirasa sangat hebat dan biasanya disertai dengan gejala lain, seperti muntah, demam, hingga kejang.

Jika seseorang merasakan rasa sakit kepala seperti ini maka segeralah bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Penting untuk mengetahui jenis sakit kepala dan cara mengatasinya untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Beberapa jenis sakit kepala dapat diatasi dengan beristirahat. Namun, ada juga yang perlu mendapatkan penanganan serius dari dokter.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.