Manfaatkan Masa Karantina untuk Meningkatkan Kapasitas Diri

Manfaatkan momentum ini untuk menjadi diri yang lebih baik

22 Mei 2020

Manfaatkan Masa Karantina Meningkatkan Kapasitas Diri
Freepik/Senivpetro

Masa karantina di rumah bagi sebagian orang adalah hal yang membosankan. Ruang gerak dalam beraktivitas menjadi terbatas. Semua kegiatan terpaksa harus dialihkan di rumah untuk mencegah penyebaran virus corona.

Tapi, di sisi lain, masa karantina bisa menjadi hal baik, seperti kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga menjadi lebih banyak. Momentum ini bisa menjadi penguat hubungan antar anggota keluarga.

Selain itu, masa karantina juga bisa menjadi kesempatan untuk meningkatkan kapasitas diri. Banyak kesempatan belajar yang bisa dimanfaatkan selama karantina di rumah.

Popmama.com akan memberitahukan kesempatan apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kapasitas diri selama di rumah. Yuk simak tulisan berikut ini!

1. Manfaatkan kelas online gratis

1. Manfaatkan kelas online gratis
Freepik/freepik

Saat ini banyak media belajar online yang memberikan akses gratis selama masa karantina berlangsung, seperti platform belajar melalui aplikasi.

Momen ini menjadi kesempatan baik untuk menambah ilmu baru secara gratis. Sebab, biasanya Mama harus mengeluarkan beberapa rupiah untuk bisa mendapatkan akses materi yang diinginkan.

2. Banyak sharing singkat melalui siaran langsung di Instagram

2. Banyak sharing singkat melalui siaran langsung Instagram
theverge.com

Pembatasan sosial menyebabkan banyak acara-acara seminar, workshop, atau talkshow ditiadakan. Tetapi hal itu bukan menjadi halangan untuk tetap bisa menambah ilmu baru.

Sekarang banyak instansi, organisasi, atau orang-orang berpengaruh yang melakukan siaran langsung melalui aplikasi Instagram.

Hal ini harus dimanfaatkan untuk asah pengetahuan dari orang-orang ahli di bidangnya.

Editors' Picks

3. Asah kemampuan kreatif

3. Asah kemampuan kreatif
mybluprint.com

Selain meningkatkan kapasitas diri dengan belajar secara online, Mama juga bisa mencoba mengasah kemampuan kreatif.

Mama bisa melakukannya bersama anak-anak di rumah, seperti menggambar, melukis, membuat kerajianan tangan, dan aktivitas kreatif lainnya.

Mengasah kemampuan kreatif juga bermanfaat bagi kesehatan mental juga lho. Agar tetap waras selama masa karantina ini.

4. Coba tingkatkan kemampuan memasak

4. Coba tingkatkan kemampuan memasak
Appliancehouse.co.uk

Cobalah untuk mengkreasikan masakan di rumah. Agar masakan di rumah lebih variatif, momentum karantina ini menjadi kesempatan untuk mengasah kemampuan memasak.

Tidak hanya masakan pokok saja tapi cobalah berbagai kreasi resep kue atau minuman.

5. Perbanyak waktu untuk membaca buku

5. Perbanyak waktu membaca buku
Freepik/lifeforstock

Pepatah mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Sebab, buku tidak terbatas ruang dan waktu. Siapa pun bisa pergi ke berbagai belahan dunia dengan membaca. Buku juga akan mengantarkan pembaca ke waktu lampau atau pun yang akan datang.

Dengan memperbanyak baca buku maka akan banyak pengetahuan baru didapatkan. Jadi manfaatkan waktu luang di rumah untuk perbanyak membaca buku.

6. Jadikan waktu untuk lebih mengenali diri sendiri

6. Jadikan waktu lebih mengenali diri sendiri
Pexels/Kaboompics.com

Lebih banyak di rumah juga menjadi kesempatan untuk lebih mengenali diri sendiri. Berada di rumah memberika kesempatan untuk menyendiri dan berbicara pada diri sendiri. Bertanya pada diri sendiri dan introspeksi diri tentang apa yang sudah dilalui selama ini.

Dengan lebih mengenali diri sendiri, manusia akan lebih memiliki tujuan dalam hidupnya. Sehingga lebih terarah dan semangat dalam menjalani hidup. 

Semoga masa karantina ini menjadikan hal baik untuk banyak orang.

Bersama kesulitan pasti ada kemudahan.

Walaupun mewabahnya virus corona ini adalah situasi yang sangat sulit, tapi dengan semangat setiap orang untuk menjadikan momen ini sebagai sebuah hikmah maka kesulitan ini akan segera terlewati dengan lebih mudah.

Jadi tetap positif dan tetap di rumah ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.