Menjaga Kesehatan Gigi dengan Bahan Alami Ini

Menggunakan bahan alami ini cukup efektif dalam menjaga kesehatan gigi

23 September 2020

Menjaga Kesehatan Gigi Bahan Alami Ini
Freepik/Racool_studio

Memiliki gigi yang sehat dan bersih sangat penting. Kesehatan gigi tidak hanya berpengaruh pada penampilan yang lebih menarik ketika tersenyum tapi juga kesehatan secara keseluruhan.

Gigi memiliki peranan penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Sebab, tubuh membutuhkan nutrisi dari makanan yang dimakan. Sedangkan makanan harus melalui proses pemecahan dengan cara mengunyah.

Selain itu, gigi yang tidak sehat juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan organ tubuh lainnya seperti telinga, mata, dan sebagainya. Oleh sebab itu, merawat gigi agar tetap sehat sangatlah penting.

Berikut ini Popmama.com akan memberikan tips menjaga kesehatan gigi dengan bahan alami. Agar merawat gigi tidak melulu mahal dan rumit.

1. Daun sirih sudah lama digunakan untuk merawat gigi

1. Daun sirih sudah lama digunakan merawat gigi
Pixabay/Huydkc

Mungkin Mama sudah tidak asing dengan kapur sirih ya? Biasanya digunakan oleh orang pedalaman daerah timur. Dari beberapa campuran bahan, akibatnya mulut mereka biasanya menjadi merah.

Sirih sendiri sebetulnya sudah lama digunakan untuk menjaga kesehatan gigi. Penggunaannya dengan cara dikunyah.

Daun sirih memang terbukti mampu membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut akibat gigi yang berlubang.

Bahkan, daun sirih juga mampu mencegah terbentuknya plak yang mengakibatkan karang gigi.

Editors' Picks

2. Kunyit ternyata mampu membantu gigi menjadi putih

2. Kunyit ternyata mampu membantu gigi menjadi putih
Freepik/jigsawstocker

Banyak orang yang tidak menyangka bahwa kunyit mampu menjaga kesehatan gigi. Senyawa yang membantu untuk menjaga gigi ada pada kandungan curcumin.

Kandungan curcumin pada kunyit  bersifat sebagai anti inflamasi, sehingga dapat meredakan pembengkakan gusi atau nyeri gigi akibat gigi yang berlubang. Bahkan, kandungan curcumin pada kunyit juga mampu mengurangi nyeri akibat gigi sensitif.

Walaupun kunyit dikenal dengan kemampuan pigmentasi warna kuningnya, ternyata kunyit justru mampu memutihkan gigi juga, lho.

3. Teh hijau dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut

3. Teh hijau dapat menjaga kesehatan gigi mulut
Freepik/zirconicusso

Dalam daun teh hijau terkandung polifenol jenis catechin yang lebih banyak dibandingkan daun teh lainnya. Jenis catechin yang banyak terdapat pada daun teh hijau adalah Epigallocatechin Gallate (EGCG).

Kandungan EGCG ini memiliki sifat anti inflamasi, anti bakteri, dan anti virus. Sehingga, kandungan ini bisa berperan dalam menjaga kesehatan gigi.

Minum teh hijau dipagi hari dianggap mampu mencehag terbentuknya plak pada gigi. Selain itu, mulut juga dapat menjadi lebih segar.

4. Siwak menjadi alat pembersih gigi Rasulullah

4. Siwak menjadi alat pembersih gigi Rasulullah
Pixabay/Gammarak-Ind

Manfaat siwak dalam menjaga kesehatan gigi tidak perlu diragukan lagi. Tradisi bersiwak sendiri sangat populer di Timur Tengah. Bahkan, Rasulullah saw. rutin bersiwak sebelum melaksanakan ibadah solat.

Kandungan yang terdapat pada pasta gigi ternyata juga ada di siwak, seperti sodium bikarbonat, chloride, dan fluoride. Jadi, tidak heran kalau siwak bisa digunakan sebagai pengganti pasta gigi yang alami.

Manfaat siwak sangat banyak, antara lain mencegah gigi berlubang, menguatkan gigi, mencegah bau mulut, mencegah terbentuknya plak gigi, dan mengurangi risiko pembengkakan gusi.

Menjaga kesehatan gigi dengan menggunakan bahan alami sangat mudah dilakukan. Bahkan, beberapa bahan alami di atas sudah sering dijadikan bahan perawatan gigi secara turun temurun.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.