5 Menu Makanan yang Harus Dicoba saat Memulai Hidup Sehat

Cara mudah memulai makan makanan yang sehat

24 Januari 2021

5 Menu Makanan Harus Dicoba saat Memulai Hidup Sehat
Freepik/timolina

Bagi sebagian orang, memulai hidup sehat menjadi hal yang sangat menantang. Apalagi jika dihadapkan pada kondisi dimana ia harus mengonsumsi berbagai jenis sayuran sedangkan ia tidak menyukai sayur. 

Ada juga anggapan dimana makan makanan sehat rasanya tidak enak. Makanan sehat biasanya disajikan dengan rasa yang cenderung hambar dan penampilan yang tidak menarik.

Harganya pun juga dianggap mahal dibandingkan dengan makanan junk food.

Padahal, nyatanya memulai hidup sehat bisa dengan mengonsumsi makanan yang lezat dan menarik penyajiannya. Harganya pun juga relatif terjangkau.

Popmama.com punya rekomendasi menu makanan yang harus dicoba saat memulai hidup sehat. Silakan simak informasi berikut ini ya, Ma!

1. Gado-gado menjadi pilihan mudah sebagai menu sehat

1. Gado-gado menjadi pilihan mudah sebagai menu sehat
Flickr.com/avlxyz

Anggapan makan makanan sehat mahal pasti akan langsung ditepis dengan makanan yang satu ini.

Mama pasti akan dengan mudah menemukan penjual gado-gado di sekitar rumah. Harganya pun biasanya tidak lebih dari 25.000 rupiah. Bahkan di beberapa warung masih menjualnya dengan harga 10.000 rupiah.

Gado-gado bisa menjadi pilihan menu makanan sehat Mama. Sebab, pada dasarnya gado-gado terdiri dari berbagai jenis sayuran ditambah dengan potongan tahu tempe. Hindari penambahan lontong saat memesan gado-gado.

Editors' Picks

2. Capcay terdiri dari beraneka macam sayuran

2. Capcay terdiri dari beraneka macam sayuran
IDN Times.com

Saat memutuskan untuk merubah pola makan menjadi lebih sehat, capcay bisa menjadi pilihan menu makanan yang lebih sehat.

Sebab, capcay terdiri dari berbagai macam jenis sayuran. Penggunaan berbagai macam sayuran membuat penampilan capcay menjadi berwarna-warni. Sehingga, penampilan menu makanan ini menjadi terlihat menarik. 

3. Sayur sop adalah menu rumahan sehat yang paling praktis dibuat

3. Sayur sop adalah menu rumahan sehat paling praktis dibuat
Freepik/stockking

Pada dasarnya, memulai pola makan yang sehat itu mudah. Makanan sehat pun juga dekat dengan menu masakan asli Indonesia, seperti sayur sop misalnya.

Sayur sop adalah menu makanan rumahan yang sangat mudah dibuat. Jadi, jangan ada anggapan menu makan sehat harus dengan salad, keju, yoghurt, salmon, dan sebagainya.

4. Vietnamese spring rolls menjadi cara asyik menikmati sayuran

4. Vietnamese spring rolls menjadi cara asyik menikmati sayuran
Pixabay/sontung57

Belakangan ini, vietnamese spring rolls menjadi primadona di kalangan pegiat sehat.

Penyajian makanan ini sangat menarik dengan menggunakan berbagai macam sayuran yang memiliki warna berbeda. 

Selain itu, menu makanan ini dinilai sehat karena rendah kalori. Rasanya pun segar dengan tekstur yang renyah.

5. Cauliflower fried rice, nasi goreng tanpa nasi

5. Cauliflower fried rice, nasi goreng tanpa nasi
Instagram/catowenscooks

Bagi pecinta nasi, cobalah membuat nasi goreng dari kembang kol. Cauliflower fried rice ini adalah nasi goreng yang tidak menggunakan nasi di dalam bahannya.

Sebab, penggunaan nasi putih diganti dengan cincangan halus dari kembang kol. Lalu, seperti nasi goreng pada umumnya bisa tambahkan potongan wortel, kacang polong, dan juga telur. Dari segi rasa dan tekstur tentu tidak kalah lezat dari nasi goreng aslinya.

Menu makan saat memulai hidup sehat terbukti tidak rumit, tidak mahal, dan tidak hambar. Menu makanan sehat sebetulnya dekat dengan menu makanan sehari-hari. Tinggal bagaimana kita kreatif dalam menyajikannya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.