12 Nama Makanan yang Disebutkan di Dalam Alquran Ini adalah Superfood

Ada banyak penyebutan makanan di dalam Alquran

31 Oktober 2020

12 Nama Makanan Disebutkan Dalam Alquran Ini adalah Superfood
Freepik

Bagi seorang muslim, Alquran merupakan pedoman hidup yang di dalamnya terdapat banyak petunjuk untuk manusia dalam menjalani hidup di dunia.

Mulai dari apa yang harus manusia lakukan dari ia bangung tidur hingga kembali tidur.

Salah satu hal yang juga ada di dalam Alquran adalah makanan yang dapat manusia makan. Berbagai ayat di dalam surat yang berbeda disebutkan berbagai macam makanan yang bisa manusia makan.

Hal ini menjadi petunjuk bagi manusia makanan seperti apa yang baik bagi manusia.

Kira-kira apa saja nama-nama makanan yang disebutkan di dalam Alquran? Simak rangkuman dari Popmama.com berikut ini yuk!

1. Buah kurma Allah lebihkan dari buah-buah lain

1. Buah kurma Allah lebihkan dari buah-buah lain
Freepik

Buah yang satu ini sering kita jumpai di bulan Ramadhan. Tetapi sebetulnya pohon kurma menghasilkan buah kurma tidak hanya di bulan Ramadhan.

Buah kurma adalah makanan yang disebutkan di dalam Alquran sebagai buah yang istimewa. Saking istimewanya, buah kurma disebutkan hingga 20 kali di dalam Alquran.

Buah yang satu ini tidak hanya kaya terhadap nutrisi tapi juga memiliki keutamaan lain. Sebab, mengonsumsi buah kurma merupakan bagian dari sunah.

Bahkan Rasulullah sendiri mengatakan bahwa, “Tidak akan lapar penghuninya jika terdapat kurma di dalam rumahnya.”

2. Buah tin, Allah bersumpah demi buah tin

2. Buah tin, Allah bersumpah demi buah tin
Pixabay.com/Rita E

Buah yang tidak kalah istimewanya dengan buah kurma yaitu fig atau buah tin. Keistimewaannya juga menjadi makanan yang disebutkan di dalam Alquran.

Saking istimewanya buah ini, Allah abadikan buah ini menjadi sebuah nama surat di dalam Alquran, surat At-Tin. Di dalam surat ini Allah bersumpah demi buah tin dan zaitun. Hal ini tentu menunjukkan betapa pentingnya buah ini. 

Ternyata setelah ditelusuri, buah tin tergolong sebagai superfood, yaitu makanan yang memiliki kelengkapan gizi yang tinggi.

Buah ini tidak hanya memberikan rasa manis dan renyah sehingga sangat lezat dimakan tapi juga mampu menjadi obat untuk masalah kesehatan tertentu.

3. Buah zaitun yang berasal dari pohon yang diberkahi

3. Buah zaitun berasal dari pohon diberkahi
Freepik

Jika Mama sering mendengar olive oil pasti tahu dong yang dimaksud adalah minyak zaitun.

Minyak zaitun sendiri adalah hasil ekstraksi dari buah zaitun. Minyak zaitun dikenal minyak yang sangat baik bagi kesehatan sehingga sering dijadikan pilihan untuk penggunaan pada salad dan makanan sehat lainnya.

Buah zaitun juga termasuk ke dalam nama makanan yang disebutkan di dalam Alquran, salah satunya disebutkan bersama buah tin.

Namun, penyebutan buah zaitun sendiri sebanyak 7 kali di dalam Alquran. Allah Swt. pun mengatakan bahwa pohon zaitun adalah pohon yang diberkahi.

4. Buah delima merupakan salah satu buah surga

4. Buah delima merupakan salah satu buah surga
Freepik/Goffkein

Buah delima menjadi salah satu nama makanan yang disebutkan di dalam Alquran. Selain itu, buah delima sendiri juga termasuk salah satu buah surga yang Allah sebut di dalam Alquran.

Buah delima dikenal sebagai buah yang sangat baik bagi kesehatan. Kandungan antioksidannya sangat tinggi.

Sehingga, buah delima seringkali dijadikan salah satu pilihan buah untuk menjalankan program detoksifikasi. Kandungan antioksidan pada buah delima mampu menangkal senyawa radikal bebas yang bisa memicu berkembangnya sel kanker.

5. Buah pisang disebut sebagai buah yang bersusun-susun

5. Buah pisang disebut sebagai buah bersusun-susun
freepik.com/008melisa

Di dalam surah Al-Waqiah ayat 29, Allah menyebutkan buah pisang sebagai buah yang bersusun-susun. Hal ini menjadi bukti pisang adalah salah satu makanan yang disebutkan di dalam Alquran.

Sangat menarik jika pisang disebut di dalam Alquran. Mengingat Alquran diturunkan di daerah dimana pisang tidak tumbuh disana. Hal ini juga menjadi bukti bahwa Alquran adalah pedoman bagi seluruh umat manusia di seluruh penjuru dunia. Sangat bersyukurlah kita karena dapat dengan mudah menemukan pisang, buah yang Allah sebut di dalam Alquran.

Buah pisang sendiri adalah buah yang mengenyangkan, dapat menurunkan demam, serta baik bagi pencernaan. Buah ini mengandung karbohidrat dan potassium dalam jumlah yang cukup.

Editors' Picks

6. Biji-bijian disebutkan sebanyak 12 kali di dalam Alquran

6. Biji-bijian disebutkan sebanyak 12 kali dalam Alquran
Freepik/azerbaijan_stockers

Biji-bijian menjadi salah satu makanan yang disebutkan di dalam Alquran. Biji-bijian ini termasuk di antaranya beras, gandung, oat, dan termasuk kacang-kacangan di dalamnya.

Memang biji-bijian sering menjadi makanan utama manusia. Lihat bagaimana masyarakat Indonesia dan beberapa negara asia lainnya menjadikan nasi sebagai makanan utamanya. Lalu, di beberapa negara lainnya menjadikan gandum sebagai sumber makanan utamanya yang diolah menjadi berbagai macam jenis roti.

7. Ikan laut menjadi makanan pelepas lelah setelah melakukan perjalanan

7. Ikan laut menjadi makanan pelepas lelah setelah melakukan perjalanan
Pexels.com

Makanan hewani yang Allah sebutkan di dalam Alquran diantaranya adalah ikan laut. Allah menyebut ikan laut dalam surat Al-Maidah ayat 96 yang berbunyi, 

Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan….”

Terdapat kisah tentang perjalanan Nabi Musa yang melakukan perjalanan di dalam surat Al-Kahfi ayat 62. Diceritakan bahwa setelah Nabi Musa melakukan perjalanan panjang, beliau memerintahkan pembantunya untuk mengeluarkan ikan yang dibawa untuk dimakan di saat beristirahat. Hal ini seolah menunjukkan bahwa mengonsumsi ikan mampu mengembalikan energi yang sudah habis setelah melakukan perjalanan panjang.

Di samping itu, ikan memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Bahkan, berbagai penelitian mengatakan bahwa ikan mampu menjaga kesehatan jantung. Maka, tak heran dengan khasiat dari mengonsumsi ikan sebab menjadi salah satu makanan yang disebutkan di dalam Alquran.

8. Bawang putih disebut sebagai obat untuk 70 penyakit

8. Bawang putih disebut sebagai obat 70 penyakit
Pixabay/stevepb

Makanan yang disebutkan di dalam Alquran yang satu ini biasanya digunakan sebagai bumbu untuk menyedapkan makanan. Penyebutan bawang putih sendiri terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 61.

Penggunaan bawang putih di dalam makanan tidak hanya sebagai bumbu. Ternyata, bawang putih memiliki khasiat yang bisa berfungsi sebagai obat. Bahkan, Ali bin Abi Thalib berkata, “Makanlah bawang putih dan berobatlah (dengan menggunakan)-nya, karena sesungguhnya di dalamnya terkandung obat (peyembuh) dari tujuh puluh macam penyakit," (HR. Ad-Dailami).

9. Bawang merah dijadikan obat oleh tabib Mesir kuno

9. Bawang merah dijadikan obat oleh tabib Mesir kuno
Pexels/Pixabay

Tak ketinggalan, bawang merah juga merupakan makanan yang disebutkan di dalam Alquran. Penyebutan bawang merah di dalam Alquran juga ada di dalam surat Al-Baqarah ayat 61 yang berbunyi, “Agar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayur-mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya, dan bawang merah”

Penggunaan bawang merah ternyata sudah cukup populer pada zaman Mesir kuno. Bahkan, para Firaun sangat memerhatikan penggunaan bawang merah di dalamnya. Para tabib mesir kuno juga sering meresepkan bawang merah di dalam obatnya untuk memperlancar buang air seni, memperbaiki gizi, dan meningkatkan nafsu makan.

10. Kacang adas adalah makanan yang dibenci oleh kaum Yahudi

10. Kacang adas adalah makanan dibenci oleh kaum Yahudi
Pixabay/PDPics

Masih disebutkan di ayat yang sama, yaitu Al-Baqarah ayat 61 membuktikan bahwa kacang adas adalah makanan yang disebutkan di dalam Alquran. Kacang adas sendiri termasuk ke dalam golongan legume atau juga dikenal dengan polong. Namun memang masyarakat Indonesia kurang familiar dengan kacang adas. 

Kacang adas memiliki kandungan protein yang tinggi. Bagi penganut pola makan vegan, kacang adas sering dijadikan salah satu sumber protein yang sangat digemari sebagai pengganti daging. Selain itu, kacang adas juga mengandung serat yang tinggi, vitamin B1 dan mineral yang cukup.

Walaupun kandungan kacang adas yang sangat kaya nutrisi, sayangnya kacang adas merupakan makanan yang dibenci oleh kaum Yahudi selama masa pembuangan di wilayah Mesir. Sebab, kacang adas sering dijadikan bahan pembuatan roti oleh rakyat miskin. 

11. Mentimun sering dikonsumsi bersama kurma basah oleh Rasulullah saw.

11. Mentimun sering dikonsumsi bersama kurma basah oleh Rasulullah saw.
Freepik/8photo

Tak ketinggalan, mentimun juga menjadi salah satu makanan yang disebut di dalam Alquran, tepatnya masih di surat dan ayat yang sama yaitu Al-Baqarah ayat 61. Jika suatu makanan disebutkan di dalam Alquran maka sudah pasti makanan tersebut memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Rasulullah saw. sendiri pun dikatakan oleh Aisyah ra., “Rasulullah sering makan mentimun dicampur dengan kurma basah,” (H.R. Tirmidzi).

Mentimun sering dijadikan salah satu makanan untuk menurunkan berat badan. Sebab, mentimun memiliki kalori yang cukup rendah namun kandungan nutrisinya sangat banyak.

Manfaat mengonsumsi mentimun antara lain dapat menurunkan tekanan darah, memenuhi kebutuhan sumber serat, menangkal radikal bebas dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, dan melancarkan pencernaan.

12. Sayur-mayur yang beragam dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh

12. Sayur-mayur beragam dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh
freepik.com/poringdown

Satu lagi makanan yang disebutkan di dalam Alquran yang tidak boleh dilewatkan adalah sayur-mayur. Penyebutan sayur-mayur ini juga ada di dalam surat Al-Baqarah ayat 61.

Mengonsumsi ragam sayur memang sangat baik bagi tubuh. Sebab, setiap sayuran memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Agar kebutuhan nutrisi manusia terpenuhi maka perlunya mengonsumsi beragar jenis sayur-mayur.

Ketika mengetahui apa saja makanan yang disebutkan di dalam Alquran maka sudah sepantasnya kita mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

Bukan hanya halal bagi umat muslim mengonsumsinya tapi juga baik bagi kesehatan tubuh. Apalagi banyak makanan yang disebutkan di dalam Alquran ternyata tergolong sebagai makanan superfood. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.