Manfaat Susu Beras bagi Kesehatan, Kerap Dijadikan Pengganti Susu Sapi

Susu nabati sedang populer menggantikan susu sapi

30 September 2021

Manfaat Susu Beras bagi Kesehatan, Kerap Dijadikan Pengganti Susu Sapi
Freepik/jcomp

Beberapa waktu belakangan ini peralihan konsumsi susu sapi ke susu berbasis nabati semakin banyak diminati. Banyak orang yang beralih ke susu nabati karena alasan kesehatan. Sebab, susu nabati dianggap lebih sehat dan minim risiko alergi yang ditimbulkan.

Salah satu susu nabati yang dianggap sehat dan minim terhadap risiko alergi adalah susu beras. Sesuai namanya, susu ini terbuat dari beras tanpa ada penambahan bahan.

Namun, pada susu beras kemasan mungkin saja ditambahkan beberapa bahan untuk menjaga konsistensi dan ketahanan.

Tetapi pada dasarnya, susu ini hanya terdiri dari air dan beras yang diolah kemudian diambil sarinya hingga dapat dijadikan minuman yang layak dikonsumsi.

Rasa manis pada susu ini dihasilkan dari kandungan glukosa pada beras yang digunakan.

Walaupun tidak sepopuler susu kedelai atau susu almond, tetapi susu beras juga memberikan manfaat kesehatan yang banyak. 

Kali ini, Popmama.com punya informasi menarik seputar manfaat susu beras. Yuk disimak, Ma!

1. Mencegah kekurangan vitamin B12

1. Mencegah kekurangan vitamin B12
freepik/Jcomp

Susu beras memiliki kandungan vitamin yang tinggi, salah satunya adalah vitamin B12. Setidaknya terdapat 25% kandungan vitamin B12 dari kebutuhan harian. 

Vitamin B12 ini penting bagi tubuh untuk memproduksi sel darah merah, membantu menunjang sistem saraf, hingga pembentukan DNA. Biasanya vitamin B12 banyak ditemukan produk hewani, seperti kerang, kepiting, daging sapi, susu, dan sebagainya.

Editors' Picks

2. Meningkatkan kepadatan tulang

2. Meningkatkan kepadatan tulang
Freepik/brgfx

Manfaat susu beras juga bisa membantu meningkatkan kepadatan tulang. Susu beras mengandung kalsium dan fosfor yang diperlukan pada tulang dan gigi. 

Selain itu, kandungan vitamin D juga ditemukan pada susu beras. Vitamin D juga berperan besar dalam menjaga kepadatan tulang.

3. Menurunkan kadar kolesterol

3. Menurunkan kadar kolesterol
everydayhealth.com/iStock.com

Susu beras hampir tidak memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol sama sekali. Artinya, manfaat susu beras dapat dirasakan oleh penderita penyakit jantung. Sebab, mengganti susu sapi menjadi susu beras akan menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

4. Rendah kandungan alergen

4. Rendah kandungan alergen
freepik/dimaberlin

Banyak orang yang mengalami sensitivitas terhadap susu sapi karena adanya kandungan laktosa di dalamnya. Akibatnya, beberapa masalah muncul, seperti nyeri pada bagian pencernaan, ruam pada kulit, perut kembung, dan sebagainya.

Mengganti susu sapi menjadi susu beras bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa Mama lakukan. Manfaat dari susu beras ini akan sangat berguna bagi seseorang yang mengalami lactose intolerant. Sebab susu beras bebas dari kandungan laktosa sehingga lebih aman untuk dikonsumsi.

5. Mengandung antioksidan tinggi

5. Mengandung antioksidan tinggi
Freepik/Jcomp

Manfaat susu beras yang tak boleh dilewatkan adalah kandungannya yang tinggi akan antioksidan. Susu beras memiliki kandungan mangan dan selenium yang lebih tinggi.

Kedua bahan tersebut termasuk ke dalam antioksidan kuat yang mampu melindungi sel dari radikal bebas. Sehingga akan mampu melindungi sel dari penyakit kanker.

Banyak pilihan susu nabati pengganti susu sapi. Tetapi susu beras memiliki banyak manfaat yang belum tentu dimiliki oleh susu nabati lainnya. Selain itu, susu beras lebih mudah untuk dibuat dan harganya pun jauh lebih terjangkau.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.