Perhatikan 5 Penyebab Telinga Gatal hingga Memerah

Telinga memiliki fungsi penting dan perlu dijaga kesehatannya

19 Januari 2021

Perhatikan 5 Penyebab Telinga Gatal hingga Memerah
Freepik/wayhomestudio

Telinga merupakan organ tubuh yang sangat penting peranannya. Walaupun kecil dan terlihat sepele, fungsi telinga tidak hanya sebagai alat pendengar. Fungsi penting lain dari telinga adalah menjaga keseimbangna tubuh. Oleh karena itu, menjaga kesehatan telinga sangatlah penting.

Namun, beberapa orang mungkin pernah atau beberapa kali mengalami telinga gatal hingga memerah. Beberapa di antaranya bahkan mengeluhkan rasa sakit di area telinga. Hal ini tentu saja tidak boleh dianggap sepele. Sebab, jika dibiarkan bisa mengalami masalah yang lebih serius pada telinga.

Penting untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebab telinga gatal hingga memerah agar tahu apa yang harus dilakukan. Simak penjelasan Popmama.com berikut ini ya.

1. Otitis eksterna atau saluran infeksi telinga luar

1. Otitis eksterna atau saluran infeksi telinga luar
Freepik/KamranAydinov

Otitis eksterna juga dikenal dengan istilah swimmer’s ear. Sebab, infeksi telinga ini diakibatkan oleh air yang masuk saat berenang.

Air yang tersisa di saluran telinga membuat bakteri berkembang dan menyebabkan infeksi. Hal ini sering terjadi pada orang-orang yang sering melakukan aktivitas di air.

Jadi, jika Mama atau keluarga Mama ada yang sering berenang dan mengeluhkan telinganya yang sakit, bisa jadi inilah yang menjadi penyebab telinga gatal hingga memerah.

Editors' Picks

2. Dermatitis atau eksim pada telinga

2. Dermatitis atau eksim telinga
Freepik/evening_tao

Ada juga penyebab telinga gatal yang dikarenakan ia mengalami dermatitis atau eksim pada telinga. Hal ini terjadi bisa disebabkan adanya alergi pada produk yang menyentuh area telinga. Bisa itu produk sampo, sabun, atau logam seperti anting misalnya.

3. Infeksi akibat penumpukan kotoran telinga

3. Infeksi akibat penumpukan kotoran telinga
Freepik

Alasan mengapa dokter menganjurkan untuk rutin memeriksakan rongga telinga untuk dibersihkan adalah untuk mencegah infeksi akibat menumpuknya kotoran telinga.

Kotoran telinga bisa menjadi penyebab telinga gatal hingga memerah. Penumpukan kotoran telinga ini disebut juga dengan serumen prop

Kotoran telinga yang menumpuk ternyata bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan telinga. Keluhan akibat kotoran telinga ini antara lain telinga yang terasa penuh, pendengaran menjadi terganggu, telinga sering berdenging, rasa nyeri pada telinga, rasa gatal, hingga telinga yang memerah.

4. Infeksi pada telinga bagian tengah atau otitis media

4. Infeksi telinga bagian tengah atau otitis media
Freepik/nensuria

Telinga bagian tengah berada di bagian dalam sebelum gendang telinga. Bagian tengah telinga ini terdiri dari 3 tulang kecil yang akan menangkap suara untuk digetarkan menuju telinga bagian dalam.

Penyebab telinga gatal dan memerah bisa diakibatkan adanya infeksi bagian tengah telinga. Hal ini bisa disebabkan oleh adanya bakteri atau virus.

5. Psoriasis yang bisa membuat kulit mengelupas

5. Psoriasis bisa membuat kulit mengelupas
medicinenet.com

Psoriasis adalah penyakit kulit yang penderitanya bisa mengalami kulit ruam merah, kulit menebal, terkelupas, kering, hingga bersisik. Penderita psoriasis akan mengalami perkembangan sel kulit yang lebih cepat dari orang biasa. Sehingga, hal tersebut membuat kulit menjadi menebal, kering, dan gatal.

Masalah kulit tersebut bisa terjadi pada area kulit manapun, termasuk pada kulit telinga. Hal inilah yang bisa menjadi penyebab telinga gatal hingga memerah jika psoriasis menyerang kulit telinga.

Menemui dokter untuk mengetahui penyebab telinga gatal hingga memerah merupakan keputusan yang harus dipilih agar masalah ini bisa ditangani secara tepat. Sebab, satu masalah yang dikeluhkan memiliki banyak penyebabnya. Jadi, akan lebih aman apabila segera berkonsultasi ke dokter THT terdekat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.