Perlukah Mengonsumsi Jus Sayur dan Buah Setiap Hari?

Jus sayur dan buah sering menjadi menu sarapan yang lebih sehat

21 September 2021

Perlukah Mengonsumsi Jus Sayur Buah Setiap Hari
Pexels/Toni Cuenca

Mengonsumsi jus sayur dan buah dinilai dapat meningkatkan asupan nutrisi bagi tubuh. Apabila dikonsumsi secara rutin dinilai dapat membantu mencapai kualitas kesehatan tertentu. Bahkan banyak juga yang menjadikan jus sayur dan buah ini sebagai terapi kesehatannya.

Banyaknya manfaat yang didapat dari jus sayur dan buah banyak orang yang rutin mengonsumsi jus sayur dan buah setiap hari. Ada yang menjadikan ini sebagai rutinitas di pagi hari sebelum beraktivitas.

Tetapi apakah kita perlu mengonsumsi jus sayur dan buah setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh? Popmama.com telah merangkum beberapa pembahasan seputar jus sayur dan buah. Untuk mengetahui jawabannya, ikuti pembahasan berikut ini ya, Ma!

Editors' Picks

1. Mengonsumsi jus sayur dan buah akan meningkatkan kebutuhan mikronutrien ke dalam tubuh

1. Mengonsumsi jus sayur buah akan meningkatkan kebutuhan mikronutrien ke dalam tubuh
Freepik

Tidak semua orang dapat dengan mudah mengonsumsi berbagai macam jenis sayur maupun buah. Mungkin buah akan lebih mudah untuk dikonsumsi karena rasanya yang manis. Tetapi sayur jauh lebih sulit disukai bagi sebagian orang. Padahal banyak sumber nutrisi yang tidak dapat terpenuhi jika hanya mengonsumsi sumber makanan hewani.

Sayur dan buah mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengolah sayur dan buah menjadi jus akan lebih mudah untuk dikonsumsi. Sebab, dari segi rasa dan aroma menjadi lebih mudah untuk diterima. Hal ini menjadi cara yang lebih mudah untuk meningkatkan jumlah konsumsi sayur dan buah. Sehingga kebutuhan mikronutrien di dalam tubuh akan dapat terpenuhi.

Di sisi lainnya juga tubuh akan lebih mudah menyerap mikronutrien yang masuk ke dalam tubuh. Sebab, proses jus telah menghilangkan serat pada sayur dan buah sehingga usaha pencernaan untuk mencerna menjadi lebih singkat. Mengonsumsi jus sayur dan buah akan sangat cocok untuk orang yang sedang butuh untuk meningkatkan kadar nutrisi tertentu dengan cepat.

2. Mengonsumsi jus sayur dan buah tidak dapat menggantikan konsumsi sumber serat

2. Mengonsumsi jus sayur buah tidak dapat menggantikan konsumsi sumber serat
Freepik

Jus sayur dan buah memang mampu meningkatkan jumlah mikronutrien yang masuk ke dalam tubuh. Meskipun mampu membantu menambah jumlah konsumsi sayur, tetapi kenyataannya jus sayur dan buah tidak dapat menggantikan sumber serat yang diperlukan oleh tubuh.

Pada proses membuat jus sayur dan buah, ada banyak bagian penting pada sayur dan buah yang terbuang. Proses jus hanya mengambil sari yang ada pada sayur dan buah. Sedangkan serat yang ada pada sayur dan buah akan terbuang.

Padahal, serat memiliki peran penting yang sangat diperlukan oleh tubuh. Serat akan membantu pergerakan pencernaan, dapat menurunkan kolesterol, dan menghindari terjadinya kenaikan gula darah yang terlalu tinggi. 

Serat juga akan membuat pencernaan merasa kenyang lebih lama. Kekurangan serat akan membuat perut akan menjadi lebih mudah lapar. Sehingga, mengonsumsi jus sayur dan buah tidak bisa menggantikan asupan makanan sayur dalam bentuk utuh.

3. Bagaimana cara mengonsumsi jus sayur dan buah yang benar?

3. Bagaimana cara mengonsumsi jus sayur buah benar
Freepik/freephoto

Agar kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi dengan maksimal, Mama perlu mengetahui cara yang tepat dalam membuat jus sayur dan buah. Walaupun jus itu terbuat dari seratus persen sayur dan buah, tetapi jika tidak tahu bagaimana cara membuatnya dengan benar maka justru akan berisiko menimbulkan masalah kesehatan.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa sayur dan buah yang diolah menjadi jus akan hilang sebagian besar kandungan serat. Hal ini akan membuat tubuh lebih cepat memproses dan menyerap kandungan yang terdapat di dalam jus. Risikonya adalah terjadinya peningkatan gula darah yang signifikan karena tidak ada serat yang harus tubuh olah terlebih dahulu. 

Untuk mencegah terjadinya peningkatan kadar gula yang terlalu tinggi di dalam darah, Dr. Chris Norris, seorang psikiater dan ahli saraf, menyarankan untuk membuat jus sayur dan buah dengan perbandingan 3:1, yaitu tiga jenis sayur untuk setiap satu jenis buah. Dengan demikian, kadar gula dari buah akan lebih terkontrol.

Jika ingin mengonsusmi jus sayur dan buah setiap hari penting untuk mengetahui cara yang tepat untuk membuatnya. Penting untuk menggunakan sumber bahan yang masih segar. Tidak lupa untuk tetap mengonsumsi sayur dan buah untuk untuk menjaga sumber serat yang tubuh perlukan. Sebab jus sayur dan buah tidak bisa menjadi pengganti makanan utuh.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.