7 Camilan Malam yang Tak Bikin Gemuk, Cocok Buat yang sedang Diet

Makan camilan di malam hari tanpa khawatir timbangan

30 November 2021

7 Camilan Malam Tak Bikin Gemuk, Cocok Buat sedang Diet
Pixabay/Pexels

Makan di waktu malam hari sering dikatakan sebagai penyebab badan menjadi gemuk. Wajar banyak yang menghindari makan terlalu larut. Selain itu, secara ilmu kesehatan juga tidak disarankan wakan di atas pukul tujuh hingga delapan malam.

Sebetulnya makan saat larut malam tidak serta merta membuat angka di timbangan menjadi bertambah. Jumlah kalori berlebih yang menjadi penyebab utama.

Jadi ketika asupan makanan saat sarapan, makan siang, dan makan malam telah terpenuhi kemudian ditambah lagi makanan yang masuk saat larut malam maka jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh menjadi bertambah. Apalagi setelah itu tidak ada aktivitas yang dapat membakar energi. Ditambah fungsi pencernaan mulai melambat di malam hari.

Agar timbangan tetap aman, yuk coba pilih makanan ini sebagai pengganti camilan malam Mama! Simak informasi Popmama.com berikut ini ya.

1. Kacang-kacangan jadi pilihan camilan yang renyah dan gurih

1. Kacang-kacangan jadi pilihan camilan renyah gurih
Freepik/Racool_studio

Konsumsi kacangan-kacangan sebagai camilan malam akan sangat pas buat Mama. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah bisa jadi pengganti biskuit atau keripik tinggi kalori yang lebih sehat.

Ada banyak pilihan kacang yang nikmat dijadikan camilan malam. Mulai dari kacang tanah, almond, walnut, chickpeas, dan lain sebagainya. Konsumsi kacang-kacangan tidak hanya rasanya yang enak tapi juga aman dijadikan camilan malam.

2. Granola kini mudah didapatkan sebagai camilan sehat

2. Granola kini mudah didapatkan sebagai camilan sehat
Pixabay/GorilaCreativo

Saat ini camilan sehat yang rendah kalori sangat mudah didapat, granola salah satunya. Granola adalah camilan sehat yang terbuat dari campuran oat, kacang-kacangan, dan buah-buahan kering. Bisa juga ditambahkan dengan madu atau gula pemanis lainnya dan minyak atau butter.

Granola bisa Mama pilih sebagai camilan malam yang relatif aman dikonsumsi. Kandungan serat dan nutrisi pada camilan ini cukup tinggi. Jadi, mengonsumsi granola tidak hanya sekadar camilan tapi juga bisa dijadikan asupan tambahan yang bergizi.

Editors' Picks

3. Mie shirataki, bye mi instan

3. Mie shirataki, bye mi instan
Instagram.com/hemie_fang2

Sering kali mi instan menjadi solusi saat lapar di tengah malam. Membuatnya mudah dan rasanya pun sangat lezat. Tapi sayangnya mie instan memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Makanan ini juga mengandung karbohidrat sederhana yang tinggi. Mie instan juga cukup sulit dicerna oleh sistem pencernaan. Sehingga mengonsumsi mie instan di malam hari sangat tidak dianjurkan.

Tetapi kalau Mama memang ingin mengonsumsi mie instan di tengah malam, ganti mi instan dengan mi shirataki. Camilan malam dengan mengonsumsi mi shirataki relatif aman. Kandungan kalori pada mi shirataki sangat rendah, hanya 70 kcal per 100 gram. Mama bisa membumbuinya dengan bumbu dapur yang ada di rumah dan usahakan untuk tidak menggunakan minyak atau gula berlebih saat memasak.

4. Bengkuang jadi camilan yang sehat dan bagus untuk kulit

4. Bengkuang jadi camilan sehat bagus kulit
Pixabay/lauryann

Tidak banyak yang menyukai bengkuang. Walaupun demikian, bengkuang bisa menjadi salah satu alternatif sebagai pengganti camilan malam yang biasa Mama konsumsi. 

Bengkuang memiliki tekstur yang renyah dan mengandung air yang cukup tinggi. Sehingga bisa menjadi pengganti camilan malam yang asyik dan terasa segar karena kandungan airnya.

Kandungan kalori pada bengkuang cukup rendah. Selain itu, kandungan pada bengkuang sangat baik bagi kesehatan, terutama kesehatan kulit.

5. Kacang edamame memiliki kandungan nutrisi yang tinggi

5. Kacang edamame memiliki kandungan nutrisi tinggi
Pixabay/u_9vstifjx

Kacang kedelai Jepang atau dikenal juga dengan kacang edamame. Satu keluarga dengan kacang kedelai, kacang edamame berwarna hijau. Kacang edamame ini dinilai memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dari kacang kedelai biasa.

Kacang edamame ini bisa juga Mama dijadikan pilihan sebagai camilan malam yang menyehatkan. Mama hanya tinggal merebusnya saja, rasa gurih khas kacang edamame sudah bisa dirasakan.

6. Jenis buah-buahan yang rendah gula

6. Jenis buah-buahan rendah gula
Pexels/Trang Doan

Berbagai jenis buah-buahan juga bisa menjadi pilihan Mama untuk dijadikan camilan malam yang asik. Buah bisa menjadi pilihan yang paling pas karena rasanya yang manis dan segar, ditambah lagi tidak memberatkan pencernaan untuk mencerna.

Tetapi Mama harus memerhatikan jenis buah yang dikonsumsi sebagai camilan malam. Pilih jenis buah-buahan dengan kadar gula yang rendah, seperti apel, semangka, melon, nanas, jeruk, dan lain-lain. Kalau bisa, hindari buah pisang, mangga, atau durian di malam hari.

7. Ragam sayur-sayuran yang praktis dikonsumsi

7. Ragam sayur-sayuran praktis dikonsumsi
freepik/valeria_aksakova

Last but not least, berbagai jenis sayur-sayuran juga bisa dikonsumsi sebagai camilan malam. Sayuran adalah makanan yang sehat untuk tubuh. Kalorinya yang rendah dan mudah bagi pencernaan untuk mengolahnya. Sehingga akan lebih baik mengganti camilan malam tinggi kalori menjadi sayur-sayuran. Jenis sayuran yang bisa jadi camilan malam yang praktis dikonsumsi antara lain timun, tomat ceri, wortel, dan lain-lain.

Itu dia pIlihan camilan malam menjadi lebih sehat dan aman tanpa khawatir berat badan akan bertambah. Jadi kalau Mama sedang program menurunkan berat badan tetapi sulit untuk menghindari kebiasaan makan camilan di malam hari, mulai ganti dengan jenis camilan di atas ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.