5 Rekomendasi Film Dokumenter Tentang Lingkungan yang Wajib Ditonton

Film-film ini akan membukakan mata tentang kondisi bumi saat ini

31 Oktober 2020

5 Rekomendasi Film Dokumenter Tentang Lingkungan Wajib Ditonton
Pexels/August de Richelieu

Permasalahan kelestarian alam di bumi semakin mengkhawatirkan. Mulai dari perubahan iklim, mencairnya lapisan es di kutub utara dan kutub selatan, penumpukan sampah plastik, dan permasalahan lainnya.

Permasalahan lingkungan ini pun menarik banyak orang yang peduli terhadap hal ini.

Kepedulian ini mendorong mereka untuk membuat film dokumenter sebagai sarana edukasi tentang kondisi bumi saat ini dan membangun kesadaran masyarakat untuk melestarikan bumi.

Beberapa film dokumenter tentang lingkungan yang akan Popmama.com bahas ini sangat layak untuk dijadikan daftar tontonan yang akan membukakan wawasan baru. Simak ulasan singkat berikut ini ya!

1. Sexy Killers yang sempat menuai kontroversi menjelang pemilu 2019

Sexy Killer merupakan film dokumenter tentang lingkungan yang tercemar akibat penggunaan bahan bakar konvensional. Film dokumenter ini menceritakan tentang bagaimana penggunaan sumber energi yang mengeksploitasi alam. Akibatnya bukan hanya menyebabkan polusi udara tapi juga kerusakan lingkungan yang memberikan dampak bagi masyarakat sekitar.

Menariknya, film dokumenter ini sempat menuai kontroversi menjelang pemilu tahun 2019. Sebab, beberapa nama yang terlibat dalam perusahaan yang bergerak di bidang energi tersebut merupakan para petinggi negara, termasuk menyeret kedua nama capres dan cawapres. 

Editors' Picks

2. Semesta, film dokumenter yang diproduseri Nicholas Saputra

Film dokumenter tentang lingkungan yang satu ini mengisahkan tentang 7 tokoh dari 7 provinsi di Indonesia yang mengajak warganya untuk menjaga kelestarian alam. Mereka adalah sosok-sosok yang berusaha memperlambat perubahan iklim. Hal tersebut mereka lakukan atas dorongan keimanan, kepercayaan, dan budaya masing-masing.

Film dokumenter Semesta ini merupakan buah karya dari sutradara Chairun Nissa dan Nicholas Saputra serta Mandy Marahimin sebagai produser. Bahkan, untuk bisa mewujudkan film Semesta ini, Nicholas Saputra turun langsung ke lokasi untuk melakukan riset dan proses syuting.

3. Chasing Ice memperlihatkan bahwa pemanasan global benar terjadi

Chasing Ice adalah film dokumenter tentang lingkungan yang memperlihatkan bahwa peningkatan suhu bumi benar-benar terjadi. Hal tersebut mereka perlihatkan dengan mencairnya gunung-gunung es dan meningkatnya air laut.

Film dokumenter ini mampu memperlihatkan bagaimana perubahan ekstrim iklim di bumi yang sangat mengkhawatirkan. Chasing Ice akan membukakan mata tentang bagaimana kondisi bumi saat ini.

4. Trashed menampilkan dampak sifat konsumerisme manusia

Terlihat dari judulnya, Trashed merupakan film dokumenter tentang lingkungan yang rusak akibat sikap konsumtif masyarakat. Banyaknya sampah yang sulit terurai dari kemasan makanan, sedotan, kantong belanja, dan sebagainya menumpuk. Lalu, sampah-sampah tersebut membuat berbagai permasalahan lingkungan. 

Yang menarik dari film dokumenter ini adalah terkuaknya jumlah sampah plastik yang harus ditanggung bumi setiap tahunnya. Ternyata, bumi harus menanggung beban 58 miliar sampah gelas plastik. Hal tersebut belum termasuk jenis sampah lainnya.

5. A Plastic Ocean mengungkap fakta tentang kondisi laut akibat sampah plastik

Permasalahan sampah plastik memang cukup mengkhawatirkan. Sebab, sampah plastik sangat sulit terurai. Akibatnya, banyak dampak yang membuat keseimbangan ekosistem laut menjadi rusak. Hal inilah yang coba disampaikan melalui film dokumenter A Plastic Ocean.

Film dokumenter tentang lingkungan ini memberikan bayangan bagaimana jadinya jika laut penuh dengan sampah plastik. Hal apa saja yang terjadi saat sampah plastik berada di laut juga disampaikan melalui film dokumenter ini.

Film dokumenter ini memerlukan waktu selama 4 tahun dengan pengambilan gambar di 20 lokasi yang berbeda.

Menonton beberapa film dokumenter tentang lingkungan akan meningkatkan kesadaran kita betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan sekitar.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.