7 Rutinitas Pagi yang Dilakukan Orang Sukses Ini Perlu Kamu Tiru

Dalam sebuah penelitian, orang sukses memiliki kebiasaan yang cenderung mirip

18 Januari 2021

7 Rutinitas Pagi Dilakukan Orang Sukses Ini Perlu Kamu Tiru
Instagram/@thisisbillgates @eyesmag

Dalam sebuah penelitian, orang-orang sukses memiliki kebiasaan yang cenderung sama. Kebiasaan tersebut yang membuat orang-orang sukses tersebut menjadi lebih produktif dalam mengerjakan banyak hal. Tidak hanya produktif untuk menyelesaikan pekerjaannya tapi juga dalam hal manajemen dirinya.

Orang-orang sukses biasanya memanfaatkan waktu pagi dengan sebaik mungkin. Sebab, waktu pagi dinilai waktu yang paling efektif karena otak masih segar dan tubuh masih memiliki cukup banyak energi. Sehingga, mereka memanfaatkan pikiran dan tubuh mereka sebaik mungkin di pagi hari.

Kira-kira kebiasaan apa saja yang dilakukan oleh orang sukses di waktu pagi harinya? Yuk, kita lihat rangkuman Popmama.com tentang 8 rutinitas pagi yang dilakukan orang sukses.

1. Bangun lebih awal di pagi hari

1. Bangun lebih awal pagi hari
freepik/tirachardz

Orang-orang sukses cenderung memiliki waktu tidur yang singkat. Mereka akan bangun lebih awal agar ia bisa memanfaatkan waktu yang dimilikinya dengan sebaik mungkin.

Sebagai contohnya, CEO & Founder Amazon, Jeff Bezos, tidur dari pukul 22.00 sampai 05.00. Lalu, CEO Apple Tim Cook tidur dari pukul 21.30 hingga 04.30. Mereka tidur lebih cepat dan bangun lebih awal. Rata-rata tidur mereka sekitar 6 sampai 7 jam per hari.

Rutinitas padi yang dilakukan orang sukses ini tidak hanya tentang banung lebih asal tapi juga kualitas tidur yang mereka miliki setiap harinya.

2. Meluangkan waktu untuk berkontemplasi

2. Meluangkan waktu berkontemplasi
Freepik/diana.grytsku

Sebelum memulai aktivitas, orang-orang sukses sering meluangkan waktu untuk berkontemplasi. Mereka akan banyak berpikir, merenung, dan berbicara kepada diri sendiri. Mereka banyak membangun pikiran positif dengan melakukan kontemplasi. 

Cobalah lakukan rutinitas pagi yang dilakukan orang sukses ini. Rutinitas ini mampu secara efektif meningkatkan semangat dan energi positif dalam menjalani aktivitas seharian.

Editors' Picks

3. Membuat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan

3. Membuat daftar pekerjaan harus diselesaikan
Popmama.com/Putri Syifa N
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Rutinitas pagi yang dilakukan orang sukses juga dengan membuat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan.

Kebiasaan orang sukses adalah fokus terhadap hal yang ingin dituju. Membuat daftar pekerjaan akan memudahkan skala prioritas pekerjaan yang harus segera dikerjakan agar bisa mengerjakan pekerjaan yang lainnya.

4. Tidak membuka media sosial

4. Tidak membuka media sosial
Freepik/tascha1

Orang-orang sukses juga tidak bermain media sosial di waktu paginya. Mereka menjauhkan diri dari paparan media sosial agar waktu pagi mereka tidak terbuang dengan hal-hal yang kurang produktif.

Bahkan, beberapa orang memutuskan untuk tidak menggunakan media sosial mereka karena dianggap membuang waktu dan bisa memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan psikologis.

5. Membaca buku atau berita

5. Membaca buku atau berita
Pexels/Castorly Stock

Orang-orang sukses pasti mereka adalah orang-orang yang suka belajar. Mereka akan selalu mencoba hal baru. Oleh karena itu, mereka membutuhkan bacaan untuk memperluas wawasan. 

Membaca buku atau berita sering menjadi rutinitas pagi yang dilakukan orang sukses. Sebab, bagi mereka membaca buku adalah makanan yang baik untuk otak. Sehingga, otak akan terisi oleh pengetahuan yang akan membuat mereka memiliki pandangan yang luas.

6. Tidak melewatkan waktu sarapan

6. Tidak melewatkan waktu sarapan
Freepik/pressfoto

Kesuksesan dalam pencapaian karir ataupun bisnis tidak akan ada artinya jika memiliki tubuh yang tidak sehat.

Orang-orang sukses paham bahwa tubuh yang sehat adalah hal utama yang penting untuk dijaga. Sebab, hanya dengan tubuh yang sehat mereka bisa mengerjakan pekerjaannya. Otak pun juga akan mendapatkan asupan nutrisi yang membantu mereka untuk dapat berpikir saat bekerja.

Secara ilmiah ternyata sarapan juga terbukti dapat meningkatkan kondisi mental seseorang. Hal ini bahkan diakui oleh pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg

7. Rutin melakukan olahraga

7. Rutin melakukan olahraga
Freepik/shurkin_son

Rutin berolahraga di pagi hari memiliki banyak manfaat, baik dari segi kesehatan tubuh maupun psikologis.

Selain membuat tubuh menjadi bugar, mengawali hari dengan berolahraga juga dapat membantu menjaga mood seharian. Tidak perlu olahraga berat, bisa dengan jalan kaki 30 menit atau melakukan yoga.

Kita bisa menjadi sukses dengan mengikuti apa yang orang-orang sukses lakukan. Ternyata, ada rutinitas pagi yang dilakukan orang sukses sehingga bisa meningkatkan produktivitas kerja.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.