Sunah Bersiwak, Ini Khasiat Siwak untuk Kesehatan Mulut

Bagi umat muslim, bersiwak adalah sunah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mulut

20 September 2020

Sunah Bersiwak, Ini Khasiat Siwak Kesehatan Mulut
Pixabay/Gammarak-Ind

Siwak sudah sejak zaman kuno digunakan sebagai alat untuk merawat kesehatan gigi. Hingga kini, popularitas siwak masih terus terjadi terutama di daerah Timur Tengah.

Bagi umat muslim, bersiwak dilakukan bukan hanya sekadar membersihkan mulut tapi juga salah satu upaya untuk mengikuti sunah nabi. Dalam berbagai hadis, disebutkan bahwa Rasulullah saw. rutin bersiwak hingga menyarankan umatnya untuk beriswak.

Hal tersebut tidak mengherankan. Sebab, siwak memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan mulut. Kandungan yang terdapat pada siwak juga ada di pasta gigi. Jadi, terbukti memang kalau siwak mampu secara efektif membersihkan gigi.

Apa saja khasiat siwak untuk kesehatan mulut? Simak informasi dari Popmama.com berikut ini!

1. Melawan pertumbuhan bakteri di mulut

1. Melawan pertumbuhan bakteri mulut
Pixabay/AlbanyColley

Dalam berbagai penelitian membuktikan bahwa siwak memiliki manfaat sebagai anti bakteri.

Khasiat siwak ini bisa mencegah dan melawan pertumbuhan bakteri di dalam mulut.

Terbukti bahwa orang yang terbiasa menggunakan siwak untuk membersihkan giginya lebih sedikit terkena masalah mulut.

Editors' Picks

2. Mencegah munculnya plak gigi

2. Mencegah muncul plak gigi
freepik.com/freepik

Plak gigi adalah lapisan yang terbentuk dari sisa makanan yang tertinggal di gigi. Makanan yang menumpuk pada lapisan gigi dapat membentuk plak pada gigi.

Plak gigi dapat membuat penampilan menjadi tidak bersih saat tersenyum. Gigi terlihat kuning atau bahkan menghitam.

Untuk mencegah terbentuknya plak bisa dengan rutin menggunakan siwak untuk membersihkan gigi. Khasiat siwak ada pada kandungan floride yang mampu mencegah pembentukan plak.

Siwak juga memiliki kandungan silika yang juga berperan dalam mencegah terjadinya karang gigi. Bahkan, kandungan silika tersebut juga bisa menghilangkan noda kuning gigi.

3. Mencegah terjadinya gigi berlubang

3. Mencegah terjadi gigi berlubang
Freepik

Khasiat siwak juga membantu untuk mencegah terjadinya gigi berlubang. Gigi berlubang disebabkan adanya bakteri yang mengubah plak menjadi asam yang menyebabkan gigi berlubang.

Dengan menggunakan siwak, reaksi antara air liur di dalam mulut dengan zat yang terkandung di dalam siwak akan menjaga keseimbangan pH di dalam mulut. Sehingga bakteri di dalam mulut dapat ditekan perkembangannya.

4. Menjaga kesehatan gusi

4. Menjaga kesehatan gusi
Pixabay/kjerstin_michaela

Plak yang membentuk karang gigi dapat mengisi rongga gusi. Hal tersebut bisa menyebabkan radang gusi atau disebut juga dengan gingivitis.

Bahkan, plak yang menumpuk di area gusi dapat menyebabkan rongga yang bisa membuat gigi bergoyang.

Dengan menggunakan siwak, pembentukan plak dapat dihindari. Sehingga khasiat siwak otomatis mampu menjaga kesehatan gusi.

5. Menghilangkan bau mulut

5. Menghilangkan bau mulut
Freepik/ asier_relampagoestudio

Khasiat siwak lainnya adalah menghilangkan bau mulut. Kandungan anti bakteri yang ada pada siwak menghambat pertumbuhan bakteri yang sering membuat mulut menjadi beraroma tidak sedap.

Selain itu, siwak juga ternyata memiliki senyawa yang dapat melepaskan aroma ringan yang khas untuk menghilangkan bau mulut. Biasanya, untuk menambah kesegaran aroma mulut dapat ditambahkan daun mint agar lebih menyegarkan.

Khasiat siwak sudah dibuktikan dari zaman manusia kuno sebagai pembersih gigi yang sangat efektif. Bahkan, tanpa menggunakan pasta gigi, kesehatan mulut, gigi, dan gusi dapat terjaga jika menggunakannya dengan benar.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.