Akhir Jaman! 5 Tanda-Tanda Kiamat yang Dikabarkan Sudah Mulai Tampak

Di antara banyak tanda-tanda kiamat, ada beberapa yang sudah mulai muncul

5 Agustus 2021

Akhir Jaman 5 Tanda-Tanda Kiamat Dikabarkan Sudah Mulai Tampak
Pixabay/geralt

Sebagai seorang muslim, memercayai adanya hari akhir merupakan salah satu bagian dari iman. Kita tentu harus percaya bahwa akan datang hari akhir di mana semua manusia akan Allah kumpulkan di padang mahsyar. 

Sebelum hari akhir itu datang kepada umat manusia, Allah memberikan tanda-tanda kiamat sebagai peringatan agar manusia diberikan kesempatan untuk bertaubat dan mempersiapkan dirinya sebaik mungkin. Tetapi, waktu tepatnya kapan hari akhir itu akan tiba tentu tidak ada yang mengetahuinya.

Kiamat sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu kiamat sugra dan kiamat kubra. Kiamat sugra adalah kiamat kecil yang sering dikaitkan dengan terjadinya bencana alam maupun meninggalnya seseorang.

Sedangkan kiamat kubra adalah kiamat besar yang tanda-tanda kiamat ini mengarah pada hancur dan berakhirnya kehidupan dunia.

Ada banyak tanda-tanda kiamat kubra berdasarkan hadis Rasulullah SAW. Sedangkan menurut para ulama mengatakan bahwa kita sudah memasuki fase zaman akhir karena dari banyaknya tanda-tanda kiamat yang Rasulullah SAW. Pernah sebutkan sudah mulai bermunculan. 

Pada kesempatan kali ini, Popmama.com ingin berbagi informasi tentang apa saja tanda-tanda kiamat yang sudah mulai bermunculan.

Bukan untuk membuat kita takut, tetapi agar kita bisa semakin menjaga diri untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. ya, Ma.

Yuk, kita simak!

1. Mengeringnya Danau Tiberias

1. Mengering Danau Tiberias
Pixabay/derevv

Ada kisah dari salah satu sahabat Nabi yang bertemu dengan Dajjal. laki-laki itu bernama Tamim Ad-Dari.

Kemudian Tamim menceritakan apa yang dikatakan Dajjal olehnya, antara lain kabar bahwa pohon-pohon kurma di Baisan yang akan segera tidak lagi berbuah, lalu air di Danau Tiberias yang akan mengering, dan menanyakan kabar mata air Zugharl yang biasa digunakan untuk mengairi pertanian penduduk setempat.

Lalu Dajjal berkata bahwa Allah akan segera mengeluarkannya dan berjalan di muka bumi. Sedangkan kita tahu kalaulah sampai Dajjal keluar dari penjaranya selama ini maka akan terjadi fitnah yang sangat besar.

Dari beberapa ciri yang ditanyakan Dajjal, dikabarkan dari berbagai media bahwa Danau Tiberias mulai mengalami penyusutan debit air. Menyusutnya debit air di Danau Tiberias ini pun banyak yang mengaitkannya sebagai salah satu tanda-tanda kiamat.

Tetapi pada bulan Mei 2021 lalu, media setempat mengatakan bahwa debit air Danau Tiberias mengalami kenaikan kurang lebih setengah centimeter. Hal ini menjadi kabar baik bagi warga sekitar yang memanfaatkan air danau setelah 20 tahun danau ini terus mengalami penyusutan.

Editors' Picks

2. Kebun kurma di Baisan tidak berbuah

2. Kebun kurma Baisan tidak berbuah
Pixabay/rneitzey

Dari kisah pertemuan Tamim dengan Dajjal pastilah membuat kita akan waspada dengan apa yang akan terjadi pada tempat-tempat yang ditanyakan Dajjal. Salah satu kondisi yang dikabarkan oleh Dajjal ketika itu ialah kebun kurma di Baisan akan tidak lagi berbuah.

Baisan sendiri terletak di daerah Al-Ghaur utara, Palestina. Baisan merupakan tanah yang subur dan dipenuhi dengan kebun-kebun kurma.

Namun kemudian, Baisan sering menjadi sasaran serangan tentara Israel sehingga menyebabkan banyak kebun kurma rusak. Pohon kurma yang tersisa pun tidak dapat menghasilkan kurma yang baik karena serangan hama.

Kini kawasan tersebut sudah menjadi daerah kekuasaan Israel. Lalu, Israel lebih memfungsikan kawasan Baisan sebagai daerah pariwisata dibanding pertanian.

Melihat fenomena ini tentu Mama sadar dengan apa yang pernah Dajjal katakan kepada Tamim, sahabat Rasulullahi SAW. Dajjal tidak lama akan keluar dari kurungannya setelah ciri-ciri kemunculannya muncul. Salah satu ciri akan keluarnya Dajjal menjadi tanda-tanda kiamat yang akan segera datang.

3. Mengeringnya Sungai Eufrat hingga terlihat gunung emas

3. Mengering Sungai Eufrat hingga terlihat gunung emas
Instagram/ajl1030

Sungai Efrat merupakan aliran sungai yang mengalir dari Turki menuju Suriah dan Irak. Sungai ini menjadi sumber kehidupan bagi warga sekitarnya. Sungai ini juga menjadi saksi sejarah sejak peradaban manusia pertama.

Sungai Eufrat pernah disebutkan oleh Rasulullah SAW. yang berkata, “Kiamat tidak akan terjadi sampai al-furat mengering sehingga muncullah gunung emas. Manusia pun saling bunuh untuk memperebutkannya. Dari setiap seratus orang (yang memperebutkannya), terbunuhlah sembilan puluh sembilan orang. Setiap orang dari mereka mengatakan,‘Mudah-mudahan aku-lah orang yang selamat,” (H.R. Muslim).

Melansir dari beberapa media bahwa Sungai Eufrat telah mengalami penyusutan air. Fenomena ini kemudian sering diangkat dengan mengaitkannya sebagai tanda-tanda kiamat sesuai dengan hadis Rasulullah SAW.

4. Jazirah Arab yang mulai kembali menghijau

4. Jazirah Arab mulai kembali menghijau
Youtube/Nature News

Di antara tanda-tanda kiamat yang pernah Rasulullah saw. sampaikan berkaitan dengan kondisi jazirah Arab.

Pernah Rasulullah berkata dalam sebuah kesempatan, “Tidak akan terjadi hari kiamat, sebelum harta kekayaan telah tertumpuk dan melimpah ruah, hingga seorang laki-laki pergi ke mana-mana sambil membawa harta zakatnya tetapi dia tidak mendapatkan seorang pun yang bersedia menerima zakatnya itu. Dan sehingga tanah Arab menjadi subur makmur (hijau) kembali dengan padang-padang rumput dan sungai-sungai.”

Dalam waktu ke belakang ini mungkin Mama pernah melihat viralnya peristiwa hujan es dan salju di Arab. Bahkan, pernah juga beberapa kali terjadi hujan yang sangat lebih hingga menyebabkan banjir di kota-kota di Arab.

Memang beberapa waktu terakhir, curah hujan di negara-negara Arab mulai sering terjadi. Hal ini tentu memengaruhi kondisi tanah di sana. Jika melihat Arab melalui Google Maps maka akan terlihat negara Arab yang lebih hijau.

5. Suku badui Arab yang berlomba-lomba untuk meninggikan menara

5. Suku badui Arab berlomba-lomba meninggikan menara
Pixabay/rojesh55

Tahukah Mama apa nama gedung tertinggi di dunia dan di mana lokasinya? Gedung itu bernama Burj Khalifa yang berada di Dubai, Uni Emirat Arab. Gedung dengan tinggi 828 meter menjadikan gedung ini sebagai gedung tertinggi yang pernah dibuat oleh manusia.

Selain Burj Khalifa, Dubai juga memiliki 7 bangunan hotel tertinggi di dunia. Salah satu hotel yang paling terkenal adalah Burj Al Arab.

Berkaitan dengan ini, dahulu Rasulullah pernah bersabda, “Tidak akan datang hari kiamat, hingga manusia berlomba-lomba meninggikan bangunan,” hadis riwayat Bukhari dari Abu Hurairah.

Berdasarkan hadis ini, tentu kita akan mengaitkan tanda-tanda kiamat dengan fenomena berdirinya bangunan-bangunan tinggi di jazirah Arab. Bahkan tak hanya Dubai yang berlomba dengan bangunan tinggi. Kabarnya Saudi Arabia juga sedang membangun bangunan yang lebih tinggi dari Burj Khalifa.

Melihat munculnya beberapa tanda-tanda ini tentu membuat kita akan semakin sadar bahwa memang saat ini umat manusia sedang berada di fase akhir zaman.

Tanda-tanda kiamat yang lebih besar mungkin akan segera datang. Tapi kita tidak pernah tahu persisnya kapan. Semoga kita termasuk ke dalam golongan yang Allah selamatkan dari fitnah akhir zaman ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.