7 Tanda Tubuh Kekurangan Magnesium yang Harus Diwaspadai

Kekurangan magnesium bisa menyebabkan masalah kesehatan, mulai dari yang ringan sampai berat

23 Februari 2021

7 Tanda Tubuh Kekurangan Magnesium Harus Diwaspadai
Freepik/prostooleh

Banyak yang tidak mengetahui peran penting magnesium di dalam tubuh. Padahal, magnesium sangat penting untuk terjaga pemenuhan kebutuhannya di dalam tubuh. Walaupun mineral ini bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh, tetapi jika tubuh mengalami kekurangan magnesium maka harus dibantu dengan suplemen tambahan.

Fungsi penting magnesium antara lain membantu pertumbuhan dan pemeliharaan tulang. Selain itu, magnesium sangat diperlukan menunjang sistem kerja saraf dan otot. Magnesium juga diperlukan untuk menetralkan asam lambung dan membantu proses sekresi.

Jika kebutuhan magnesium ini tidak terpenuhi dengan baik oleh tubuh maka yang terjadi adalah munculnya berbagai masalah kesehatan. Ada beberapa sinya yang tubuh berikan saat kekurangan magnesium. 

Untuk mengetahui lebih jelasnya, ikuti rangkuman informasi tanda tubuh kekurangan magnesium bersama Popmama.com berikut ini yuk, Ma.

1. Otot berkedut dan mudah kram

1. Otot berkedut mudah kram
Freepik/benzoix

Salah satu tanda tubuh kekurangan magnesium adalah otot yang berkedut, tremor, dan juga kram. Dalam beberapa kasus, mereka mengalami hipomagnesemia yang menyebabkan kejang.

Kebutuhan magnesium dalam tubuh membantu penyerapan kalium yang sangat berperan penting bagi otot. Selain itu, magnesium juga berperan dalam penyerapan kalsium yang dapat mencegah kram atau nyeri otot.

Pada perempuan yang sering mengalami kram perut saat datang bulan dianjurkan untuk sering mengonsumsi makanan tinggi magnesium.

2. Mengalami gangguan mental

2. Mengalami gangguan mental
Freepik

Salah satu fungsi magnesium antara lain adalah menunjang sistem saraf. Tanda tubuh kekurangan magnesium berdampak pada disfungsi saraf yang berdampak pada gangguan mental. Hal ini dapat menyebabkan seseorang mudah merasa sedih, mengalami stres, hingga depresi.

Editors' Picks

3. Mengalami sulit buang air besar

3. Mengalami sulit buang air besar
Freepik/jcomp

Ketika seseorang mengalami konstipasi bisa jadi hal ini adalah tanda tubuh kekurangan magnesium. Sebab, magnesium membantu proses pergerakan otot usus dimana proses sekresi terjadi. Tak hanya berperan dalam pergerakan otot usus tapi juga mengontrol asam lambung agar makanan dapat diproses oleh usus dengan mudah.

4. Detak jantung yang tidak beraturan

4. Detak jantung tidak beraturan
Pixabay/PublicDomainPictures

Detak jantung yang tidak beraturan bisa dikarenakan berbagai macam sebab. Bisa jadi, seseorang mengalami detak jantung tak beraturan adalah sebuah tanda tubuh kekurangan magnesium. 

Magnesium memiliki peran yang sangat penting untuk mendistribusikan kalium dan kalsium ke membran sel. Proses inilah yang berperan penting dalam mengatur ritme jantung agar tetap teratur.

5. Kelelahan tanpa sebab yang tak kunjung hilang

5. Kelelahan tanpa sebab tak kunjung hilang
Freepik/cookie_studio

Magnesium berperan penting dalam mendistribusikan glukosa menjadi energi. Selain itu, magnesium juga berperan untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan mencegah kelelahan. Sehingga, jika seseorang mengalami kelelahan padahal ia tidak melakukan pekerjaan yang terlalu berat dan rasa lelah ini juga tak kunjung hilang setelah beristirahat maka patut dicurigai sebagai tanda tubuh kekurangan magnesium.

6. Meningkatnya tekanan darah

6. Meningkat tekanan darah
Freepik/rawpixel.com

Hati-hati dengan tanda tubuh kekurangan magnesium yang satu ini, yaitu meningkatnya tekanan darah. Sebab, tekanan darah yang terlalu tinggi dapat berisiko seseorang terkena penyakit jantung. Apalagi kekurangan magnesium juga dapat menyebabkan ritme jantung tidak teratur. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi sumber makanan yang mengandung magnesium yang tinggi.

7. Menimbulkan gangguan asma

7. Menimbulkan gangguan asma
Freepik

Bagi penderita asma, tanda tubuh kekurangan magnesium akan mudah dirasakan. Memang dalam beberapa penelitian bahwa penderita asma biasanya memiliki kadar magnesium yang rendah di dalam tubuhnya.

Kekurangan magnesium dapat menyebabkan penumpukan kalsium dalam yang menyelimuti saluran udara di paru-paru. Hal inilah yang membuat penderita asma mengalami kesulitan bernapas. 

Penting menjaga kebutuhan magnesium di dalam tubuh. Sebab, apabila tubuh kekurangan magnesium dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Magnesium bisa didapatkan dengan mengonsumsi bayam, coklat, edamame, almond, dan sebagainya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.