Kenali 8 Tanda Tubuh Kelebihan Asupan Garam

Kelebihan garam di dalam tubuh dapat mengganggu kesehatan tubuh

21 Januari 2021

Kenali 8 Tanda Tubuh Kelebihan Asupan Garam
Freepik/8photo

Konsumsi garam sangat penting untuk tubuh. Sebab, garam memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Bahkan, seorang dokter dari Korea, dr. Shin Woo Seob, menyampaikan di dalam bukunya yang berjudul “Mau Sehat?” bahwa ia menyarankan pasiennya untuk mengonsumsi garam alami untuk memulihkan kesehatannya.

Walaupun garam sehat dan baik untuk tubuh, tetapi konsumsi garam tidak boleh berlebih. Konsumsi garam berlebih dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. 

Kebutuhan tubuh terhadap garam cukup hanya 5 gram per hari. Tetapi, pada kenyataannya manusia modern banyak yang mengonsumsi garam mencapai 9 hingga 12 gram perhari. Jumlah konsumsi dua kali lipat dari kebutuhan harian.

Ada beberapa tanda yang tubuh berikan jika seseorang kelebihan asupan garam. Kali ini Popmama.com akan bahas bagaimana cara mengenali tanda tubuh kelebihan asupan garam.

1. Merasa haus terus-menerus

1. Merasa haus terus-menerus
Freepik

Jika Mama merasa haus terus-menerus, ini adalah tanda tubuh kelebihan asupan garam. Ketika seseorang terlalu banyak mengonsumsi garam, tubuh akan memberikan sinyal bahwa tubuh sedang memerlukan air. Kandungan garam dapat mengganggu keseimbangan cairan di dalam tubuh.

2. Sering buang air kecil

2. Sering buang air kecil
Freepik/wayhomestudio

Tanda tubuh kelebihan asupan garam juga bisa dilihat jika seseorang sering merasa ingin buang air kecil.

Hal ini terjadi karena ginjal berusaha mengeluarkan kandungan garam yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, rasa ingin buang air kecil akan sering terjadi jika seseorang mengonsumsi garam secara berlebihan.

3. Warna urin menjadi lebih pekat

3. Warna urin menjadi lebih pekat
Pxhere/ CC0 Public Domain

Saat tubuh mengalami kadar garam yang berlebih, ginjal akan bekerja keras untuk mengeluarkannya. Zat yang harus dibuang menjadi lebih banyak dan membuat warna urin menjadi lebih pekat. Warna urin yang pekat bisa menjadi salah satu tanda tubuh kelebihan asupan garam.

Editors' Picks

4. Tekanan darah meningkat

4. Tekanan darah meningkat
Freepik/rawpixel.com

Tanda tubuh kelebihan asupan garam yang satu ini mungkin sudah banyak yang tahu bahwa garam dapat membuat tekanan darah meningkat.

Oleh karena itu, orang-orang yang memiliki riwayat darah tinggi dianjurkan untuk menghindari makanan-makanan yang memiliki kandungan garam yang tinggi.

5. Perut terasa kembung

5. Perut terasa kembung
Freepik

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Johns Hopkins University menemukan bahwa seseorang yang sering mengonsumsi makanan proses lebih mudah mengalami kembung sebanyak 27% dibandingkan yang tidak mengonsumsi makanan proses.

Biasanya, makanan proses mengandung kadar garam yang tinggi. Sehingga, seseorang yang merasakan perut yang mudah kembung, bisa jadi hal tersebut adalah tanda tubuh kelebihan asupan garam.

6. Bibir menjadi kering

6. Bibir menjadi kering
pixabay/Anemone123

Akibat dari tubuh kelebihan asupan garam membuat kadar air di dalam tubuh menjadi tidak seimbang.

Kandungan garam di dalam tubuh dapat mengikat air. Itulah mengapa orang dengan kadar garam yang tinggi di dalam tubuhnya akan cenderung merasa haus dan juga membuat bibir menjadi kering.

7. Kesulitan berkonsentrasi dan mudah merasa pusing

7. Kesulitan berkonsentrasi mudah merasa pusing
Freepik/asier_relampagoestudio

Mengenali tanda tubuh kelebihan asupan garam juga bisa dengan mendeteksi jika seseorang mengalami kesulitan berkonsentrasi dan merasa pusing dengan interval yang pendek-pendek.

Hal ini terjadi karena garam mengganggu keseimbangan air di dalam tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi hingga mengganggu fungsi otak.

8. Bengkak di bagian tubuh tertentu

8. Bengkak bagian tubuh tertentu
Freepik

Tanda tubuh kelebihan asupan garam yang berikutnya adalah bengkak pada bagian tubuh tertentu. Terganggunya keseimbangan cairan di dalam tubuh membuat cairan menumpuk di jaringan tubuh tertentu. Hal inilah yang membuat terjadinya pembengkakan di bagian tubuh tertentu.

Coba kenali tanda tubuh kelebihan asupan garam mulai saat ini. Sebab, kelebihan garam di dalam tubuh memiliki risiko kesehatan dalam jangka panjang.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.