Yuk, Tetap Aman Merayakan 17 Agustus di Tengah Pandemi

Tahun ini istana akan tetap menggelar upacara kemerdekaan dengan membatasi jumlah peserta upacara

14 Agustus 2020

Yuk, Tetap Aman Merayakan 17 Agustus Tengah Pandemi
Instagram/infodepok_id

Setiap memasuki bulan Agustus, masyarakat Indonesia pasti akan bersiap untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia. Tepat pada tanggal 17 Agustus menjadi hari dimana masyarakat Indonesia memperingati hari kemerdekaan.

Biasanya, peringatan hari kemerdekaan dimeriahkan dengan berbagai macam perlombaan. Masyarakat berkumpul untuk berpartisipasi memeriahkan lomba.

Pada momentum ini juga menjadi sebuah kesempatan untuk bersilatirahmindan mempererat hubungan antar warga.

Akan tetapi, di tengah masa pandemi yang sedang dihadapi oleh seluruh masyarakat Indonesia saat ini membuat kekhawatiran berbagai pihak. Sebab, berkumpulnya masyarakat saat acara 17-an akan menimbulkan risiko penularan Covid-19.

Untuk itu, Popmama.com mengumpulkan beberapa informasi agar kita tetap aman merayakan 17 Agustus di tengah pandemi ini.

Editors' Picks

Larangan Mengadakan Acara yang Mengumpulkan Masa

Larangan Mengadakan Acara Mengumpulkan Masa
Instagram/phantom_studio

Sesuai dengan peraturan protokol pencegahan penularan Covid-19, tidak diperbolehkan membuat acara yang akan mengumpulkan banyak orang.

Sebab, menurut identifikasi penyebaran Covid-19, penularan virus sangat mudah terjadi terhadap interaksi antar manusia dalam jarak yang dekat.

Pelarangan membuat kerumunan orang tersebut sejalan dengan pelarangan kegiatan penyelenggaraan acara peringatan kemerdekaan di beberapa daerah.

Beberapa daerah, seperti Bekasi,Tangerang, Solo, hingga Surabaya, menghimbau warganya untuk tidak melakukan kegiatan lomba 17-an. Sedangkan pemkot DKI Jakarta mempertimbangkan terlebih dahulu jenis lomba apa yang bisa dilakukan.

Hal yang Bisa Dilakukan Agar Hari Peringatan Tetap Meriah dan Aman

Hal Bisa Dilakukan Agar Hari Peringatan Tetap Meriah Aman
griajkt08.files.wordpress.com

Agar tetap bisa memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, akan beberapa penyesuaian agar tetap aman dilakukan. Seperti misalnya peringatan upacara kemerdekaan yang rutin dilakukan setiap tahun.

Tahun ini istana akan tetap menggelar upacara kemerdekaan dengan membatasi jumlah peserta upacara dan akan dilakukan secara online.

Selain itu, beberapa kepala daerah menghimbau warganya untuk mengadakan perlombaan secara online saja. Warga juga bisa melakukan kegiatan sosial dengan mendekorasi lingkungan sekitar agar terlihat lebih indah dan bersih.

Walaupun merayakan 17 Agustus di tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, menjaga diri untuk tetap di rumah juga sebagai bentuk aksi kepahlawanan kita dalam menjaga keselamatan masyarakat.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.