TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Manfaat Mandi Air Dingin bagi Kesehatan, Bukan Hanya Menyegarkan

Mandi air dingin bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga tubuh sehat

21 Juli 2022

5 Manfaat Mandi Air Dingin bagi Kesehatan, Bukan Ha Menyegarkan
Freepik/Lifeforstock

Setiap manusia pasti butuh mandi. Walalupun di beberapa negara tertentu mandi menjadi rutinitas yang tidak dilakukan setiap hari, tetapi mereka tetap perlu untuk membersihkan badannya. Sebab mandi akan menjaga tubuh tetap segar dan terhindar dari bau badan yang mengganggu.

Di Indonesia sendiri mandi menjadi kebiasaan atau hal yang wajib untuk dilakukan setiap hari.

Tidak cukup satu kali, mandi dua kali sehari menjadi sebuah hal yang harus dilakukan. Bahkan ada juga yang bisa mandi sebanyak empat hingga lima kali sehari.

Namun bagi sebagian orang, mandi dengan air dingin adalah tantangan tersendiri. Apalagi jika dilakukan saat pagi hari. Maka tidak heran jika banyak orang yang lebih memilih mandi dengan menggunakan air hangat dibandingkan dengan air dingin. 

Padahal, jika melihat manfaat mandi air dingin terhadap kesehatan maka akan banyak orang yang akan memilih untuk mandi dengan air dingin. Bahkan, mandi air dingin sudah sering dijadikan pengobatan sejak berabad-abad yang lalu.

Oleh karena itu, Popmama.com mengajak Mama untuk mengetahui lebih lanjut informasi seputar manfaat mandi air dingin berikut ini. Yuk kita simak!

1. Mengurangi efek rasa sakit saat terjadi inflamasi pada tubuh

1. Mengurangi efek rasa sakit saat terjadi inflamasi tubuh
Freepik/diana.grytsku

Inflamasi merupakan sebuah kejadian di mana pembuluh darah mengalami peradangan. Inflamasi ini bisa berupa rasa nyeri, ruam, sensasi terbakar, bengkak, dan sebagainya.

Saat melakukan mandi dengan air dingin maka pembuluh darah yang sedang membengkak atau meradang akan menjadi mengerut. Hal tersebut yang membuat efek inflamasi menjadi berkurang.

Selain itu, manfaat mandi air dingin juga akan membuat kecepatan sinyal saraf memberikan impuls ke otak menjadi lebih lambat. Oleh karena itu, otak akan menjadi lebih lambat menerima sinyal rasa sakit dan dapat menurunkan persepsi terhadap rasa sakit tersebut.

Editors' Picks

2. Menjaga tubuh tetap terjaga dan menghilangkan rasa lelah

2. Menjaga tubuh tetap terjaga menghilangkan rasa lelah
Freepik/Wayhomestudio
Ilustrasi

Mungkin manfaat mandi air dingin ini sudah cukup sering terdengar. Manfaat ini juga yang sering menjadi alasan seseorang memilih mandi air dingin sebelum melakukan aktivitasnya.

Salah satu manfaat mandi air dingin yang sering dirasakan oleh banyak orang antara lain adalah menjaga tubuh agar tetap terjaga. Saat tubuh masih harus menyesuaikan diri dari tidur malamnya, mandi air dingin sangat efektif untuk segera membuat tubuh sadar sepenuhnya.

Selain itu, mandi dengan air dingin juga dapat membantu memulihkan kondisi tubuh dari kelelahan. Mandi dengan air dingin akan menghilangkan rasa lelah setelah melakukan aktivitas fisik yang cukup berat. 

Berdasarkan penelitian, terdapat efek secara fisiologis pada tubuh setelah mandi dengan air dingin, seperti peningkatan denyut jantung, tekanan darah tinggi, dan peningkatan laju pernapasan. Adanya penelitian terkait hal ini dapat membantu atlet untuk mengurangi rasa lelah fisik yang dialaminya.

3. Menurunkan risiko terkena penyakit dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh

3. Menurunkan risiko terkena penyakit meningkat sistem kekebalan tubuh
Freepik/wayhomestudio

Di dalam buku yang ditulis oleh dr. Shin Woo Seob dengan judul Mau Sehat? Jauhi Rumah Sakit dan Obat, beliau menceritakan bagaimana para pasiennya mendapat penanganan dalam mengatasi berbagai macam penyakit yang dialami mereka. Salah satu terapi yang disarankan untuk dilakukan oleh pasiennya antara lain adalah dengan mandi air dingin di pagi hari.

Hal tersebut ternyata dapat dibuktikan dengan adanya sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa manfaat mandi air dingin dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Orang-orang yang membiasakan dirinya untuk mandi dengan air dingin memiliki risiko terkena penyakit yang lebih rendah.

Efek terkejut saat tubuh terkena air dingin membuat jantung memompa darah lebih efisien ke seluruh tubuh. Sirkulasi darah menjadi lebih baik sehingga mendorong sistem kekebalan tubuh menjadi meningkat.

4. Meningkatkan kadar endorfin sebagai hormon bahagia yang dapat mengatasi stres dan depresi

4. Meningkatkan kadar endorfin sebagai hormon bahagia dapat mengatasi stres depresi
Freepik/tirachardz

Rasa bahagia dan pengelolaan stres hingga depresi memiliki kaitan terhadap sebuah hormon yang disebut dengan hormon endorfin. Hormon ini disebut juga dengan hormon bahagia. Adanya hormon ini akan membuat seseorang menjadi lebih bahagia dan berenergi.

Dalam sebuah penelitian yang dituliskan di dalam jurnal menemukan fakta bahwa mandi dengan air dingin mampu meredakan stres dan depresi. Mandi dengan air dingin akan mendorong meningkatnya produksi norepinefrin dan endorfin yang mendorong rasa bahagia.

5. Menjaga kulit dan rambut menjadi lebih kencang, kuat, dan sehat

5. Menjaga kulit rambut menjadi lebih kencang, kuat, sehat
Freepik/cookie_studio

Untuk perempuan, kesehatan kulit dan rambut menjadi hal yang sangat penting karena sangat berkaitan terhadap penampilan. Ternyata, manfaat mandi air dingin juga dapat membantu menjaga kondisi kulit dan rambut tetap sehat.

Saat menyiramkan air dingin ke tubuh, kutikula dan pori tubuh mengencang. Hal ini membuat kotoran maupun elemen lain menyumbat pori-pori kulit yang dapat menyebabkan jerawat atau masalah lainnya. Selain itu, mandi air dingin juga membuat rambut menjadi lebih kuat dan bersinar. 

Setelah mengetahui bahwa ternyata manfaat mandi dengan air dingin baik bagi kesehatan maka aktivitas mandi bukan hanya sebatas rutinitas saja. Jadikan mandi sebagai rutinitas yang menyehatkan tubuh dan pikiran.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk