Tingkatkan Kemampuan Diri dengan Konsep Growth Mindset

Menjadi pribadi yang berani terhadap hal-hal baru

16 Januari 2021

Tingkatkan Kemampuan Diri Konsep Growth Mindset
Pixabay/geralt

Dalam mencapai sebuah karir atau impian yang besar diperlukan banyak kemampuan dari dalam diri. Seseorang yang sukses dalam karir atau impiannya bukan hanya dilihat dari jabatan atau bagaimana pencapaiannya selama ini. Tetapi bagaimana ia bisa terus mengembangkan dirinya dan mencoba menggali kemampuan dirinya hingga tak terbatas.

Orang-orang yang sukses cenderung memiliki karakter growth mindset. Karakter ini akan mendorong seseorang untuk mencoba hal yang baru dan tidak terkotak dengan norma yang ada. Bagi seseorang yang menerapkan konsep growth mindset tidak ada hal yang tidak mungkin. Ia harus mencoba apapun hasilnya.

Bagi yang ingin menjadi seseorang yang sukses atau ingin mencapai impiannya, pelajarilah konsep growth mindset ini. Konsep ini akan membantu mengembangkan diri jauh lebih baik. Berikut ini rangkuman Popmama.com untuk Mama yang mau tingkatkan kemampuan dirinya.

1. Tidak khawatir dengan kegagalan dan tetap mencoba apa pun hasilnya

1. Tidak khawatir kegagalan tetap mencoba apa pun hasilnya
Freepik/marymarkevich

Seseorang yang memiliki konsep growth mindset di dalam dirinya pasti tidak akan takut jika dirinya gagal. Ia akan tetap mencoba apa pun hasilnya.

Menurutnya, hanya ada dua kemungkinan, yaitu berhasil dengan sempurna atau berhasil mempelajari sebuah proses yang telah dilakukannya.

2. Tidak terkotak dengan standar atau pandangan orang lain terhadap suatu hal

2. Tidak terkotak standar atau pandangan orang lain terhadap suatu hal
Freepik/senivpetro

Bagi seseorang yang paham konsep growth mindset, ia tidak akan terkotak pada standar atau pandangan orang lain, baik terhadap dirinya atau hal yang akan lakukannya.

Ia tidak akan takut terhadap pandangan orang lain karena ia percaya terhadap dirinya. Pandangannya lebih besar kepada peluang daripada kecemasan yang akan ditimbulkan akibat omongan orang lain.

Editors' Picks

3. Menerima kekurangan diri dan berfokus terhadap kekuatan yang dimiliki

3. Menerima kekurangan diri berfokus terhadap kekuatan dimiliki
Freepik/pch.vector

Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jika ia menanamkan konsep growth mindset terhadap dirinya maka ia tidak akan menyalahkan diri atas kekurangannya.

Ia akan menerima kekurangan yang dimilikinya dan berfokus terhadap apa yang menjadi kelebihan dirinya. Seseorang juga akan lebih banyak bereksplorasi terdapat kelebihan dirinya untuk bisa fokus mencapai keinginannya.

4. Menjadikan kegagalan bukan sesuatu akhir karena ia fokus terhadap proses

4. Menjadikan kegagalan bukan sesuatu akhir karena ia fokus terhadap proses
Freepik

Saat memulai sesuatu, sering kali orang ditakutkan terhadap kemungkinan gagal. Bagi seseorang yang berprinsip pada konsep growth mindset, ia tidak menjadikan kegagalan sebagai akhir dari segalanya.

Ia akan belajar dari kegagalan sebelumnya. Selain itu, ia juga akan fokus terhadap proses yang dilaluinya. Sehingga, pada saat gagal pun dirinya tetap menganggap hal tersebut sebagai proses untuk menuju sukses yang belum usai.

5. Selalu bersemangat mempelajari hal baru dan mengambil risiko

5. Selalu bersemangat mempelajari hal baru mengambil risiko
Freepik/shurkin_son

Siapapun yang memiliki konsep growth mindset di dalam dirinya, pasti ia adalah seseorang yang selalu bersemangat untuk mempelajari hal baru.

Menurutnya, sesuatu yang baru, asing, dan belum pernah diketahui sebelumnya adalah hal yang menantang dan akan menyenangkan untuk dilakukan.

Ia tidak takut untuk mengambil segala risikonya. Menurutnya, ia tidak akan pernah tahu sedalam apa kolam tersebut sebelum ia sendiri yang menceburkan dirinya.

6. Mempunyai goals yang jelas dan terukur serta rajin melakukan evaluasi

6. Mempunyai goals jelas terukur serta rajin melakukan evaluasi
Pixabay/geralt

Konsep growth mindset juga tidak terlepas dari membuat goals yang harus dicapainya. Ia harus punya langkah-langkah yang pasti dalam merencanakan kesuksesannya. Setiap goals yang dibuatnya pun harus dibuat secara terukur dan matang. 

Di waktu-waktu tertentu, ia pun akan melakukan evaluasi untuk melihat sejauh mana perkembangan yang sudah dilakukannya. Hal apa yang harus diperbaiki setelah melihat proses yang dilaluinya. Ia juga menentukan langkah selanjutnya.

7. Berlapang dada saat menerima kritik dan mau berbagi pengalamannya

7. Berlapang dada saat menerima kritik mau berbagi pengalamannya
Freepik/pressfoto

Seseorang dengan karakter growth mindset akan dengan senang hati menerima kritikan. Ia akan secara terbuka mendengarkan kritikan orang terhadapnya dan menjadikan hal tersebut sebagai bahan untuk memperbaiki dirinya.

Walaupun dikritik, ia pun tidak sungkan untuk berbagi pengalamannya. Ia tidak takut jika orang lain meniru apa yang dilakukannya. Ia justru akan senang melihat orang lain menjadi sukses karena terinspirasi oleh dirinya.

Kemampuan diri seseorang tidak ada batasnya dan bisa terus berkembang. Kuncinya ada di growth mindset yang harus dimiliki siapa pun yang berharap menjadi seseorang yang sukses.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.