Orangtua Millennial, Ini 7 Buku Parenting Wajib Dibaca di Awal Tahun

Buku-buku parenting ini bisa membantu Mama dalam mengurus anak dari bayi sampai 3 tahun lho, Ma

13 Januari 2021

Orangtua Millennial, Ini 7 Buku Parenting Wajib Dibaca Awal Tahun
Popmama.com/Rianti
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Perilaku anak sering kali disangkutpautkan dengan orangtuanya. Hal itu disebabkan karena pelajaran dan didikan dilakukan oleh orangtua. Jadi, ketika anak menjadi baik atau berulah maka kerap kali orangtua dipuji atau disalahkan.

Tentunya sebagai orangtua, ingin memiliki anak yang baik dan penurut. Namun, ajaran dan didikan dari orangtua lah yang bisa membentuk karakter anak nantinya. Orangtua bisa belajar dari banyak hal, mulai dari melihat pengalaman orangtua lainnya, membaca buku, ataupun melihat artikel di internet.

Semua bisa diakses di zaman yang sudah serba canggih ini. Mendidik anak tentu tidak mudah dan perlu kesabaran ekstra. Namun, Mama bisa membaca buku-buku tentang parenting sebagai referensi mendidik atau mengurus anak.

Kali ini Popmama.com telah merekomendasikan buku-buku parenting yang bisa Mama baca pada awal tahun ini. Simak selengkapnya ya, Ma.

1. Anti kendor Menyusui

1. Anti kendor Menyusui
Popmama.com/Rianti
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Buku ini ditulis oleh Citra Ayu Mustika. Di dalam buku ini berisi tentang puting, baby blues, bayi kuning, dan ASI yang seret. Jadi, untuk ibu yang baru melahirkan baiknya membaca buku informatif ini agar tidak bingung dalam menghadapi per-ASI-an.

Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman Citra sendiri dalam menghadapi bayi yang baru lahir. Bagaimana dirinya yang bingung akan ASI dan hal itu berpengaruh bagi rumah tangganya. Dalam buku ini juga menyadarkan bahwa menyusui bukalah perkara yang mudah.

Melainkan perlu iman dan takwa dalam menyusui seorang bayi. Selain buku Anti Kedor Menyusui, Citra juga mengeluarkan buku berjudul Uncesored tentang hubungan suami istri.

2. Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun

2. Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun
Tokopedia.com

Buku Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun karya TigaGenerasi ini bercerita tentang panduan orangtua dalam mengasuh anak dengan penuh cinta. Dalam buku ini berisi informasi bagaimana cara mengasuh bayi dari lahir sampai umur 3 tahun.

Buku ini ditulis oleh psikologi, dokter anak, dan pemerhati anak sehingga isinya sangat berguna untuk orangtua baru yang memiliki anak. Menjadi orangtua tentunya hal yang menakjubkan sekaligus panik dan bingung karena tidak tahu cara mengurus bayi.

Untuk itu, TigaGenerasi mengeluarkan buku informatif untuk membimbing orangtua baru dalam mengurus dan mengasuh anak dari lahir sampai berumur 3 tahun.

Selain buku Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun, TigaGenerasi mengeluarkan buku Anti Panik Menjalani Kehamilan, dan Anti Panik Mempersiapkan Pernikahan. Buku yang dikeluarkan oleh TigaGenarasi berisi informasi yang membuat pembaca menjadi tidak panik, namun informatif.

Editors' Picks

3. Mommyclopedia: 78 Resep MPASI

3. Mommyclopedia 78 Resep MPASI
Shopee.co.id

Buku Mommyclopedia: 78 resep MPASI ini karya dr. Meta Hanindita ini berisi resep-resep makanan untuk bayi yang sedang menjalani MPASI. Tentunya resep ini sudah mencakup kebutuhan gizi bayi.

Selain itu, buku Mommyclopedia: 78 Resep MPASI ini juga mengajarkan Mama untuk melakukan transisi ASI ke makanan keluarga. Tentunya hal ini bukanlah hal yang mudah, namun di dalam buku Mommyclopedia: 78 Resep MPASI, Mama akan diajarkan cara transisi itu agar bayi tidak kaget.

Selain buku Mommyclopedia: 78 resep MPASI, dr. Mita Hanindita juga mengeluarkan buku lainnya yang berisi tentang parenting. Di antaranya adalah Mommyclopedia: 567 Fakta Tentang MPASI, Mommyclopedia: Tanya Jawab Tentang Nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak, Mommyclopedia: Panduan Lengkap Merawat Bayi 0-1 Tahun, Mommyclopedia Panduan Lengkap Merawat Balita.

Semua buku yang ditulis oleh dr. Mita Hanindita berisi tentang cara mengurus anak dan MPASI. Pasalnya banyak orangtua yang masih bingung dalam memberi MPASI, bagaimana nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi.

Untuk itu, Mama bisa membaca buku Mommyclopedia: 78 resep MPASI jika anak sudah ingin menjalani MPASI. Agar Mama tidak bingung dalam membuat menu makanan untuk bayi.

4. A to Z Asi dan Menyusui

4. A to Z Asi Menyusui
Popmama.com/Rianti
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Buku A to Z Asi dan Menyusui ditulis oleh dr. Fitra Sukrita Irsal, IBCLC, dr. Gita Tiara Paramita, Wawan Sugianto, LC. Buku A to Z Asi dan Menyusui berisi informasi tentang menyusui dan apa yang harus dipersiapkan seorang ibu untuk menyusui. Sebagai ibu baru pasti perlu banyak edukasi dalam mengurus dan merawat anak.

Untuk itu, buku A to Z Asi dan Menyusui akan memberikan informasi untuk ibu hamil yang tengah mempersiapkan kelahiran anaknya. Hal ini dilakukan agar Ibu tidak kaget dan informatif saat menyusui nanti.

Buku ini juga mengajarkan bahwa untuk menyusi itu perlu adanya keras kepala. Karena bagaimana pun menyusui mempunyai jangka pendek dan panjang bagi seorang bayi. Serta pentingnya ASI untuk kesehatan bayi.

5. Parenthink: Karena Hanya Orang Tua Cerdas

5. Parenthink Karena Ha Orang Tua Cerdas
Facebook.com/flooreadbooks

Buku parenting kali ini ditulis oleh Mona Ratuliu, artis sekaligus penulis. Buku ini berisi ilmu tentang cara mengasuh anak bagi orangtua baru atau pemula. Kadang kala, orangtua masih kebingungan bagaimana mengasuh anak dengan baik dan benar.

Namun, dibuku ini akan diajarkan bagaimana mengasuh anak untuk pemula, serta menjadi orangtua yang teladan, baik, dan semangat untuk anaknya. Tentunya setiap orangtua memiliki pola asuh yang berbeda-beda.

Tetapi dengan adanya bantuan buku parenting, orangtua bisa mempunyai gambaran bagaimana mengasuh anak dengan caranya yang baik tetapi tetap dengan caranya sendiri. Selain buku Parenthink: Karena Hanya Orang Tua Cerdas, Mona Ratuliu juga pernah mengeluarkan buku Digital Parenthink: Tips Mengasuh Kids Zaman Now.

Buku Digital Parenthink: Tips Mengasuh Kids Zaman Now berisi tentang bagaimana mengasuh anak yang sekarang sudah berhubungan baik dengan internet. Apakah penggunaan internet dan gadget itu baik atau tidak. Mama bisa menemukan jawabannya pada buku karya Mona Ratuliu.

6. Happy Little Soul

6. Happy Little Soul
Shopee.co.id

Buku Happy Little Soul karya Retno Hening atau ibu dua anak ini membagikan tips dan pengalamannya selama menjadi orang tua. Lewat buku ini, Mama dan anak akan diajarkan bagaimana berbahagia bersama sejak dini.

Buku Happy Little Soul ini mengajarkan bagaimana harus sabar menghadapi anak-anak. Untuk itu, Mama akan membaca sekaligus mendengarkan pengalaman Retno Hening dalam menghadapi anaknya.

Lewat anaknya, Retno menjadi lebih sabar dan belajar hal-hal sederhana lewat kasih sayang yang diberikan untuk anaknya. Selain Happy Little Soul, Retno selanjutnya mengeluarkan buku yang berjudul Kirana & Happy Little World.

Buku tersebut merupakan cerita Retno tentang anaknya yang menjadi sahabat dan banyak memberikan pelajaran dalam hidupnya. Serta orangtua bersama anak yang tumbuh dan berkembang bersama dengan cinta.

7. Right From the Start

7. Right From the Start
Tokopedia.com

Buku Right From the Start karya Bunda Hana ini mengajarkan orangtua untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang pendidikan seks. Sebagai orangtua, anak harus diberikan pendidikan seks sejak kecil agar paham dan tidak mudah dikelabui orang tidak dikenal.

Untuk itu, buku ini dapat membantu Mama memberikan informasi, pemahaman, dan arahan terhadap pendidikan seks untuk anak-anak. Kerap kali orangtua bingung harus mulai dari mana dan bagaimana cara memberikan pendidikan seks kepada anak.

Jadi, mulai sekarang tidak perlu bingung lagi untuk memberikan pemahaman terhadap pendidikan seks kepada anak ya, Ma. Mama bisa membaca buku ini agar tahu harus bagaimana dalam mengajarkan pendidikan seks kepada anak.

Selain buku Right From the Start, Bunda Hana juga mengeluarkan buku berjudul Tidak Cukup Hanya Dengan Cinta. Buku tersebut mengajarkan bagaimana orangtua bisa berkomunikasi yang baik dengan anak-anaknya.

Terkadang anak suka mengabaikan pesan dari orangtua karena kata-kata yang disampainkan cukup terbilang menakutkan. Hal tersebut membuat anak enggan membalas pesan tersebut. Untuk itu, orangtua perlu diberi pemahaman tentang bagaimana berkomunikasi yang baik kepada anak.

Itulah beberapa buku parenting yang bisa Mama baca pada awal tahun 2021. Semoga dengan membaca buku parenting, Mama bisa lebih baik dan bijak dalam mengasuh dan mengajarkan anak-anak. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.