Jangan Salah, Ini 5 Istilah di Menu Korean BBQ yang Perlu Dipahami

Ada yang sudah pernah dengar istilah-istilah ini, Ma?

26 November 2020

Jangan Salah, Ini 5 Istilah Menu Korean BBQ Perlu Dipahami
Instagram.com/pochajjangkoreanbbq

Populernya para Idol K-Pop dan drama Korea di Indonesia semakin berdampak ke bidang kuliner. Ada banyak orang Indonesia yang semakin ingin mengetahui dan mencicipi makanan asal Korea.  

Selain itu, restoran all you can eat korean BBQ yang buka di Indonesia pun banyak diminati oleh semua kalangan.Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 100.000 saja, Mama sudah bisa makan sepuasnya dengan durasi selama 90 menit.

Tentunya makanan yang disajikan di restoran korean BBQ tidak hanya daging saja, melainkan juga makanan korea lainnya. Ada juga berbagai istilah-istilah makanan Korea yang perlu dipahami untuk menambah pengetahuan. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa istilah-istilah saat berada di restoran korean BBQ, tak perlu khawatir karena kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

1. Banchan

1. Banchan
Unsplash/portuguesegravity

Istilah lain yang perlu dipahami ketika ingin pergi ke restoran Korean BBQ, yakni Banchan. Mungkin kalau di Indonesia biasa disebut lalapan, namun di Korea disebut sebagai Banchan. 

Banchan ini bisa dicicipi sebagai pelengkap saat memakan daging ketika makan di restoran Korean BBQ. Banchan pun cukup banyak macamnya, seperti kimchi sawi, kimchi lobak, kentang halus, kacang rebus, tauge rebus hingga bayam.

Sambil menunggu daging matang, aneka jenis Banchan bisa dikonsumsi terlebih dahulu dan tentunya menyehatkan untuk tubuh. 

Editors' Picks

2. Daging

2. Daging
Instagram.com/pochajjangkoreanbbq

Jika Mama penonton drama Korea pasti sudah tidak asing dengan makanan Korean BBQ, apalagi menunya yang tak jauh-jauh dari daging. Biasanya di Korea sendiri, Korean BBQ menggunakan berbagai jenis daging yang disediakan. Ada daging sapi dan juga babi yang bisa dimakan sesuai dengan selera masing-masing. 

Hanya saja, di Indonesia secara umum hanya menyediakan makanan halal saja yaitu daging sapi dan ayam.

Pilihan daging pun juga bermacam-macam, ada yang premium beff dan wagyu beef. Saat makan Korean BBQ, Mama juga bisa bebas memilih bumbu-bumbu yang tersedia mulai dari bumbu original, bulgogi, spicy bulgogi hingga honey soy. 

3. Jjigae

3. Jjigae
Instagram.com/gangnamkw

Jjigae dikenal sebagi sup ala Korea. Sup ini umumnya bisa ditemukan saat makan di restoran Korean BBQ. Selain Mama bisa mengonsumsi berbagai jenis daging, ada juga alternatif menu lainnya yang berkuah.

Jjigae biasanya disajikan dalam panci atau mangkuk besar, sehingga bisa dimakan bersama-sama dengan anggota keluarga yang lain. 

Isi dari sup ini juga bermacam-macam, seperti aneka sayuran, irisan daging sapi hingga seafood. Beberapa jenis Jjigae yang paling umum ditemukan di restoran, yakni kimchi jjigae, tofu jjigae dan seafood jjigae.

4. Ssam

4. Ssam
Instagram.com/pochajjangkoreanbbq

Mungkin Mama sudah pernah memakan Ssam, namun belum paham istilahnya. Ssam merupakan teknik dari Korea yang cara makanannya harus dibungkus terlebih dahulu. 

Ssam biasanya mengombinasikan daging panggang dengan ssmjang yang dibungkus dengan daun selada. Selain itu, Mama juga bisa melakukan teknik Ssam dengan menambahkan bawang putih panggang atau saus lainnya sesuai selera. 

Walau teknik cukup ribet dan unik, namun begitulah cara makan ala orang Korea pada umumnya. 

5. Ssamjang

5. Ssamjang
Youtube.com/futureneighbor

Ssamjang termasuk salah satu istilah yang perlu dipahami ketika ingin pergi ke restoran Korean BBQ nih, Ma. 

Ssamjang merupakan sejenis saus kental yang memiliki rasa pedas. Biasanya saus ini hasil kombinasi dari doenjang, gochujang, minyak wijen, cuka, gula, bawang merah, bawang putih dan bawang bombai. 

Ssamjang biasanya akan digunakan sebagai pelengkap rasa sebelum daging mulai di panggang. Saus ini membantu membantu daging memiliki cita rasa yang lebih enak saat dimakan. 

Itu dia beberapa istilah makanan yang ada di Korean BBQ yang perlu Mama pahami. 

Tertarik mencicipinya, Ma? 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.