7 Rekomendasi Obat untuk Asam Lambung

Konsumsi obat sesuai anjuran dan dosis ya, Ma

27 Januari 2021

7 Rekomendasi Obat Asam Lambung
Pixabay/Anastasia Gepp

Asam lambung yang meningkat akan mengganggu pencernaan. Kondisi ini sering dialami oleh banyak masyarakat di Indonesia. Penyebab naiknya asam lambung bisa karena stres, makanan terlalu asam atau pedas, kopi, dan lainnya.

Jika produksi asam lambung sudah meningkat, biasanya akan mengalami mual, muntah, lemas, pusing, maag, panas di dada (heartburn), dan mulut terasa pahit. Untuk menyembuhkan kondisi ini dengan mengonsumsi obat untuk menetralkan atau menurunkan asam lambung pada seseorang.

Dalam memilih obat asam lambung pun juga harus sesuai dengan kondisi. Pilihlah obat yang berfungsi menetralkan atau menurunkan kadar asam lambung.

Inilah beberapa rekomendasi obat asam lambung yang telah Popmama.com rangkum yang bisa dikonsumsi.

1. Antasida Deon mengandung alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida

1. Antasida Deon mengandung alumunium hidroksida magnesium hidroksida
Tokopedia.com

Obat berbentuk tablet ini mampu menetralisasikan asam lambung. Selain itu, dapat mengatasi maag, nyeri pada lambung, dan hati. Antasida Deon ini mengandung alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida sehingga mampu menyingkirkan gas berlebihan pada tubuh.

Antasida deon dimimnu 1-2 jam setelah makan dan menjelang tidur. Untuk dosisinya, minum 1 butir dalam 3 -4 kali selama sehari Obat antasida deon bisa ditemukan di apotek atau e-commerce dengan harga Rp32.000 per 10 butir tablet.

2. Fahrenheit Inpespa juga dapat menetralkan asam lambung dan cairan usus

2. Fahrenheit Inpespa juga dapat menetralkan asam lambung cairan usus
Blibli.com

Saat asam lambung naik maka akan mengalami mual hingga muntah. Untuk itu obat fahrenheit Inpespa dapat diminum sebelum makan.

Hal ini dilakukan agar obat ini membentuk lapisan kompleks protein yang melindungi dinding lambung.

Selain itu, Fahrenheit Inpespa juga dapat menetralkan asam lambung dan cairan usus. Obat ini diminum 4 kali sehari dengan ukuran 10 ml atau 2 sendok makan.

Mama bisa membeli obat ini dengan harga Rp80.000 per 100 ml di apotek atau e-commerce.

Editors' Picks

3. Lambucid dapat meredakan asam lambung

3. Lambucid dapat meredakan asam lambung
Tokopedia.com

Lambucid bekerja dengan menetralkan asam lambung karena mengandung alumunium hidroksida, simetikon, dan magnesium hidroksida. Selain meredakan asam lambung, obat ini juga dapat mengatasi nyeri ulu hati dan lambung, kembung, dan maag.

Obat ini bisa dikonsumsi untuk orang dewasa dan anak di atas 6 tahun. Lambucid diminum 1 jam sebelum atau sesudah makan dan menjelang tidur. Orang dewasa bisa mengonsumsi sebanyak 3 kali sehari sebanyak 5-10 ml. Sedangkan anak-anak bisa 3 kali sehari dengan dosis 2,5-5 ml per sekali minum.

Obat ini bisa didapatkan pada apotek dan e-commerce dengan harga Rp20.000 per 100 ml.

4. Mylanta Chew & Melts, obat kunyah dan mudah diserap oleh tubuh

4. Mylanta Chew & Melts, obat kunyah mudah diserap oleh tubuh
bukalapak.com

Obat ini dapat menetralkan asam lambung karena kandungan calcium carbonate dan magnesium hidrosida. Walaupun bentuknya tablet, obat ini dapat dikunyah dan mudah diserap oleh tubuh.

Selain menetralkan asam lambung, obat ini mampu mengurai mual dan nyeri pada lambung dan ulu hati.

Minum Mylanta Chew & Melts 3-4 kali sehari. Baiknya mengonsumsi ini 1 jam sebelum atau 2 jam setelah makan dan menjelang tidur. Obat ini bisa ditemukan di apotek atau e-commerce dengan harga Rp10.000 per 4 tablet.

5. Polysilane Suspensi dapat menetralkan kadar asam lambung

5. Polysilane Suspensi dapat menetralkan kadar asam lambung
Tokopedia.com

Polysilane Suspensi berfungsi untuk menetralkan kadar asam lambung pada tubuh, mual, nyeri hati dan lambung, serta kembung. Minum Polysilane Suspensi 1-2 jam setelah makan dan menjelang tidur.

Obat ini bisa digunakan oleh orang dewasa  dan anak-anak. Untuk mengonsumsinya orang dewasa 1-2 sendok.

Sedangkan anak-anak 1 sendok makan saja. Obat ini dikonsumsi 3-4 kali sehari baik dewasa maupun anak-anak. Obat ini bisa ditemukan pada apotek dan e-commerce dengan harga Rp30.000 per 100 ml.

6. Promag jadi obat andalan untuk maag

6. Promag jadi obat andalan maag
Blibli.com

Promag mampu menurunkan kadar asam lambung, nyeri pada hati dan lambung, serta membuang kadar gas dalam tubuh. Minumlah obat ini saat gejala menyerang, setelah dan sebelum makan, dan menjelang tidur.

Orang dewasa bisa mengonsumsi ini 1-2 tablet dan diminum 3-4 kali per hari. Sedangkan anak-anak diatas 6 tahun bisa setengah tablet dan diminum 3-4 kali sehari. Mama bisa membeli obat ini diapotek dengan harga Rp8.000 per 12 tablet atau strip.

7. Rantin dapat menghambat produksi asam lambung

7. Rantin dapat menghambat produksi asam lambung
bukalapak.com

Rantin dapat menghambat produksi asam lambung. Jadi, sebelum mengonsumsi makanan yang berisiko naiknya asam lambung bisa minum obat ini terlebih dahulu. Obat ini bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Jadi, minum rantin dua kali sehari.

Rantin bisa didapatkan pada apotek atau e-commerce dengan harga Rp40.000 per stripnya.

Itulah beberapa obat untuk mengatasi asam lambung yang naik. Semoga informasi ini dapat membantu Mama mencari obat yang cocok untuk meredakan asam lambung yang naik.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.