Buat Masakan Enak, Cek Yuk 7 Manfaat Bawang Bombai bagi Kesehatan

Selain meningkatkan cita rasa, bawang bombai memilik banyak vitamin, mineral, dan senyawa lainnya

30 November 2020

Buat Masakan Enak, Cek Yuk 7 Manfaat Bawang Bombai bagi Kesehatan
unsplash/Tom Hermans

Sayuran tentu memiliki banyak manfaat bagi tubuh, sama seperti halnya bawang bombai. Bawang adalah termasuk ke dalam makanan jenis genus Alleum, sama seperti bawang putih, bawang merah, daun bawang, dan kucai.

Seperti yang Mama ketahui, bahwa bawang bombai digunakan untuk meningkatkan cita rasa makanan. Apalagi untuk masakan Eropa yang sering menggunakan bawang bombai. Ternyata bawang bombai memiliki dua jenis, yaitu bawang bombai berwarna merah dan putih.

Namun, di Indonesia hanya sering ditemukan bawang bombai putih saja. Mungkin Mama bisa menemukan bawang bombai merah di supermarket.

Selain meningkatkan cita rasa, bawang bombai memilik banyak vitamin, mineral, dan senyawa lainnya yang bisa meningkatkan kesehatan tubuh.

Untuk itu Popmama.com telah merangkum manfaat dari bawang bombai yang bagus untuk kesehatan tubuh. Simak ulasannya yuk, Ma!

1. Mencegah kanker

1. Mencegah kanker
Unsplash/ National Cancer Institute

Sayuran jenis Alleum, seperti bawang lainnya dapat menurunkan resiko terkena kanker, seperti kanker payudara, kanker lambung, kanker kolon, kanker ovarium, dan kanker paru-paru. Selain itu dapat mengahambat pertumbuhan tumor.

Sifat antikanker yang berhubungan dengan kandungan di dalam bawang bombai. Senyawa sulfur  dan senyawa antioksidan lah yang menjadi antikanker.

Kemampuan antikanker juga dipengaruhi oleh senyawa organ sulfur seperti asam amino yang membuat bawang bombai memiliki bau yang menyengat.

2. Mengendalikan gula darah

2. Mengendalikan gula darah
Unsplash/ Hush Naidoo

Bawang bombai memiliki kandungan vitamin B3 yang berfungsi untuk menjaga kestabilitasan kadar gula dalam darah jika larut dalam air.

Selain itu, kandungan kuersetin dan sulfur memiliki efek antidiabetes yang akan berinteraksi dengan sel-sel di usus kecil, pankreas, otot rangka, jaringan lemak, dan hati.

Semua hal itu akan mengendalikan gula darah pada seluruh tubuh. Untuk itu bagi penderita diabetes atau pradiabetes untuk mengonsumsi bawang bombai secara rutin agar kadar gula darah turun.

Editors' Picks

3. Baik untuk kesehatan jantung

3. Baik kesehatan jantung
Unsplash/ jesse orrico

Bawang bombai yang mengandung antioksidan dan senyawa yang melawan peradangan, menurunkan trigliserida dan kadar kolesterol. Faktor itulah yang akan mencegah risiko terkenannya penyakit jantung.

Selain itu, terdapat sifat antiflamasi yang berfungsi sebagai menurunkan hipertensi dan melindungi tubuh dari pembekuan darah.

Bawang bombai juga mengandung folat yang dapat melindungi kerusakan pembuluh darah yang bisa menyebabkan serangan jantung.

4. Meningkatkan kepadatan tulang

4. Meningkatkan kepadatan tulang
Unsplash/Nino Liverani

Ternyata bawang bombai dapat meningkatkan kepadatan tulang seperti halnya manfaat susu. Hal ini dikarenakan bawang bombai mengandung 25 mg kalsium yang dapat meningkatkan kekuatan tulang.

Selain itu bawang juga dapat mengurangi stres oksidatif, meningkatkan kadar antioksidan, dan mengurangi keropos tulang.

Hal tersebut itulah yang akan meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. Jika Mama dan keluarga ingin mempunyai tulang yang sehat dan mencegah terjadinya kekeroposan pada tulang, maka dapat mengonsumsi bawang bombai secara rutin.

5. Baik untuk kesehatan pencernaan

5. Baik kesehatan pencernaan
Unsplash/Bill Oxford

Bawang bombai mengandung serat yang tinggi dan prebiotik. Kandungan itulah yang dapat meningkatkan kesehatan pada usus secara optimal.

Prebiotik adalah jenis serat yang tidak dapat dicerna dan akan dipecah oleh bakteri yang menguntungkan di usus.

Bakteri usus akan memakan prebiotik yang akan menghasilkan asam lemak rantai pendek, seperti asetat, propionat, dan butirat.

Asam lemak rantai pendek lah yang akan memperlancar pencernaan. Selain itu, bawang bombai juga bisa meningkatkan bakteri baik seperti train Lactobacillus dan Bifidobacteria yang baik untuk pencernaan dan meningkatkan kekebalan pada tubuh.

6. Mencegah infeksi

6. Mencegah infeksi
unsplash/Brian Patrick Tagalog

Kemampuan lain yang dimiliki oleh bawang bombai adalah insektisida, parasitisida, antibakteri, dan anticendawan.

Hal itulah yang berfungsi mencegahnya infeksi petagon yang bisa menyerang saat tubuh lemah. Jika Mama mengalami luka teriris pisau, bawang bombai dapat mencegah terjadinya infeksi.

Selain luka teriris pisau, luka lainnya dapat mencegah terjadinya infeksi jika mengonsumsi bawang bombai.

Jerawat pun juga bisa diselesaikan dengan bawang bombai parut yang diaplikasikan pada jerawat. Maka jerawat akan cepat kering karena kandungan bombai yang mencegah infeksi.

7. Baik untuk kesehatan rambut dan kulit

7. Baik kesehatan rambut kulit
unsplash/kyle smith

Selain mengandung vitamin B3, bawang bombai juga mengandung vitamin A,vitamin C, dan vitamin K.

Vitamin tersebut bagus untuk menghilangkan pigmentasi dan melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya untuk kulit. Jika tak dilindungi maka bisa menyebabkan kanker kulit. 

Vitamin C yang bagus untuk kesehatan kulit karena bisa membentuk dan memelihara kolagen pada kulit dan rambut. Kandungan kolagen yang bagus untuk mencerahkan kulit. Untuk rambut, kolagen berfungsi untuk menumbuhkan rambut dan mencegah adanya uban.

Selain bisa menciptakan cita rasa pada makanan, tentu banyak fungsi dari bawang bombai untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat tersebut demi kesehatan, marilah Mama mengonsumsi bawang bombai secara rutin ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.