Kemenkes: Sinovac Efektif Turunkan Kematian Akibat Covid 98 Persen

Penelitian ini dilakukan pada kelompok tenaga medis

14 Mei 2021

Kemenkes Sinovac Efektif Turunkan Kematian Akibat Covid 98 Persen
Freepik

Vaksinasi Covid-19 sudah berjalan selama beberapa bulan di Indonesia. Salah satu yang digunakan, yakni vaksin Sinovac yang diimpor dari Tiongkok.

Pada awalnya, banyak yang mempertanyakan keamanan dari vaksin Sinovac. Bahkan banyak komentar negatif yang membuat vaksin ini dinilai belum aman untuk diberikan ke tubuh.

Setelah mendapatkan vaksinasi lengkap, penelitian dilakukan pada kelompok tenaga medis untuk mengetahui efektivitasnya.

Penelitian tersebut menunjukkan hasil yang baik dan diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap vaksinasi Covid-19.

Simak ulasan lengkapnya di Popmama.com ya, Ma!

Editors' Picks

Vaksin Sinovac Efektif Mencegah Kematian

Vaksin Sinovac Efektif Mencegah Kematian
Freepik/Nelyninell
Dok. Jovee

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI melakukan kajian cepat keefektifan vaksinasi Sinovac terhadap infeksi Covid-19 baik perawatan maupun kematian. Kajian ini dilakukan kepada tenaga kesehatan DKI Jakarta. Hasil kajian menyatakan vaksin Sinovac efektif mencegah kematian.

Ketua Tim Peneliti Efektivitas Vaksin Kemenkes Pandji Dhewantara mengatakan berdasarkan hasil kajian dapat disimpulkan bahwa pemberian vaksinasi dosis lengkap secara signifikan dapat menurunkan risiko dan mencegah Covid-19 bergejala.

“Vaksinasi menurunkan risiko perawatan dan kematian sampai 98%, jauh lebih besar dibandingkan pada individu yang baru menerima dosis pertama dimana hanya efektif menurunkan sekitar 13 persen risiko Covid-19 bergejalam“ katanya pada konferensi pers secara virtual, Rabu (12/5/2021).

Penelitian Dilakukan pada Kelompok Tenaga Medis

Penelitian Dilakukan Kelompok Tenaga Medis
Freepik/gpointstudio

Kajian cepat dilakukan pada periode 13 Januari sampai 18 Maret 2021 dengan fokus pada tenaga kesehatan di wilayah DKI Jakarta.

Penelitian ini berfokus pada kelompok tenaga kesehatan baik yang belum divaksinasi maupun yang sudah di vaksinasi, baik dosis pertama maupun yang sudah vaksinasi lengkap sebanyak 2 dosis.

Kajian cepat melibatkan lebih dari 128 ribu orang dengan usia di atas 18 tahun.

Hasil Penelitian untuk Mendukung Percepatan Program Vaksinasi Covid-19 di Indonesia

Hasil Penelitian Mendukung Percepatan Program Vaksinasi Covid-19 Indonesia
Pexels/Nataliya Vaitkevich

Hasilnya dapat dijadikan sebagai informasi yang sangat penting bagi masyarakat maupun bagi pemerintah. Terutama dalam hal menentukan langkah-langkah strategis yang dapat dimanfaatkan untuk memperkuat pemberian vaksinasi di masyarakat.

Berdasarkan analisis yang dilakukan ditemukan bahwa vaksinasi Sinovac dosis lengkap itu bisa menurunkan atau bisa mengurangi risiko Covid-19 sebanyak 94 persen. Kajian cepat tersebut sangat jelas menunjukkan bahwa pemberian vaksinasi lengkap 2 dosis bisa menurunkan risiko terinfeksi Covid-19 dan mencegah kematian.

Tak hanya itu, pemberian vaksinasi Sinovac 2 dosis dapat mencegah sekitar 96% risiko perawatan, juga mencegah sebesar 98 persen kematian karena Covid-19.

Vaksinasi lengkap sangat disarankan agar dapat melindungi seseorang dari risiko penularan virus corona.

Setelah penelitian dilakukan, diharapkan sentimen negatif mengenai vaksin Sinovac berkurang dan membantu percepatan pemberian vaksin di Indonesia.

Semoga informasi ini dapat menambah wawasan, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.