Idulfitri 1442 H, Menkominfo Ajak Masyarakat Silaturahmi Digital

Disarankan gunakan teknologi untuk silaturahmi digital

13 Mei 2021

Idulfitri 1442 H, Menkominfo Ajak Masyarakat Silaturahmi Digital
Freepik/Odua

Setelah sebulan berpuasa, umat Muslim merayakan momen hari kemenangan bersama keluarga. Perayaan ini ditandai dengan salat Ied dan silaturahmi ke kerabat terdekat.

Namun sama seperti tahun lalu, Idulfitri pada tahun 2021 ini pun masih dirayakan di tengah-tengah pandemi Covid-19. Meski masih bisa berkunjung ke kerabat, kita harus mengutamakan protokol kesehatan untuk menekan penularan virus corona.

Melalui tayangan di kanal YouTube Kemkominfo TV pada Kamis (13/5/2021), Johnny G Plate sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika menyampaikan ucapan Idulfitri 1442 H kepada umat Muslim di seluruh Indonesia.

Berikut berita lengkapnya dapat disimak pada ulasan Popmama.com berikut ini, ya!

Editors' Picks

1. Menkominfo menyampaikan ucapan Idulfitri 1442 H

1. Menkominfo menyampaikan ucapan Idulfitri 1442 H
Youtube/Kemkominfo TV

Idulfitri merupakan hari yang suci penuh sukacita bagi umat Islam. Setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah Ramadan, Idulfitri juga menjadi momen silaturahmi penuh kedamaian dan saling mengasihi.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate menyampaikan ucapan Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Minal aizin wal faizin mohon maaf lahir dan batin," tambahnya.

Melalui sidang Isbat, Kementerian Agama telah menetapkan Idulfitri 1442 Hijriah jatuh pada Kamis (13/5/2021). Pelaksaan salat dilakukan dengan terus menjaga kesehatan dan tetap mematuhi protokol kesehatan di daerah masing-masing, sehingga terhindar dari penyebaran virus. 

2. Ajak masyarakat menggunakan teknologi untuk silaturahmi secara digital

2. Ajak masyarakat menggunakan teknologi silaturahmi secara digital
Pexels/gabby-k

Pada kesempatan yang sama, Menkominfo juga mengajak masyarakat memanfaatkan teknologi digital untuk bersilaturahmi dalam rangka Idulfitri.

"Selamat hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah untuk seluruh umat Islam di Indonesia. Di masa pandemi Covid-19 ini mari gunakan jaringan telekomunikasi dengan bijak untuk bersilaturahmi digital dengan kerabat handai taulan, merekatkan persaudaraan dan persatuan NKRI," ujarnya dikutip dari tayangan kanal YouTube Kemkominfo TV, Kamis (13/5/2021).

3. Pelaksanaan salat Ied tetap mematuhi protokol kesehatan

3. Pelaksanaan salat Ied tetap mematuhi protokol kesehatan
Freepik/rawpixel

Pelaksanaan salat Ied dilakukan dengan tetap mematuhi setiap protokol kesehatan di era pandemi ini. Meski begitu, masyarakat diimbau untuk melakukan salat Ied di rumah masing-masing.

Bagi masyarakat yang berada di zona merah dan oranye diwajibkan melaksanakan salat Ied di rumah. Kawasan zona merah memiliki risiko penularan Covid-19 yang tinggi. Tujuannya untuk mengurangi risiko penularan virus agar tidak kembali meningkat.

Sementara itu, mereka yang berada di daerah dengan risiko penularan rendah dapat melakukan salat berjemaah di masjid atau lapangan terbuka. Itu termasuk zona kuning (risiko penularan rendah) dan zona hijau (kawasan yang belum terpapar).

Akan tetapi, pelaksanaan salat di zona kuning dan hijau harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Tujuannya agar penularan Covid-19 bisa dicegah dan diantisipasi.

Selamat merayakan Idulfitri bagi umat Muslim di Indonesia!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.