7 Fakta Menarik Perayaan Imlek 2022 atau Tahun Macan Air

Ini fakta menarik perayaan Tahun Baru Imlek 2022

25 Januari 2022

7 Fakta Menarik Perayaan Imlek 2022 atau Tahun Macan Air
Freepik/pikisuperstar

Chinese New Year atau Tahun Baru Imlek dikenal juga sebagai Lunar New Year. Itu merupakan festival terpenting di Tiongkok dan acara besar di beberapa negara Asia Timur lainnya, seperti di Korea Selatan yang dikenal sebagai Seollal, Vietnam dikenal sebagai Tet, dan pada bahasa Mongolia dikenal sebagai Tsagaan Sar.  

Tidak hanya di Asia Tenggara, kini perayaan Tahun Baru Imlek banyak diadakan juga di beberapa kota-kota Barat seperti New York, London, Vancouver, dan Sydney dalam beberapa tahun terakhir.  

Tahun Baru China adalah festival yang merayakan awal tahun baru pada kalender tradisional China lunisolar. Itu secara tradisional adalah waktu untuk menghormati dewa serta leluhur, dan juga menjadi waktu untuk berpesta dan mengunjungi anggota keluarga.  

Perayaan secara tradisional berlangsung selama dua minggu, dari Malam Tahun Baru Imlek hingga Festival Lentera, yang diadakan pada hari ke-15 tahun lunar. Adat dan tradisi daerah sangat bervariasi tetapi memiliki tema yang sama, yaitu melihat tahun lama dan menyambut keberuntungan dan kemakmuran tahun baru.  

Tahun Baru Imlek 2022 akan jatuh pada hari Selasa, 1 Februari 2022, awal tahun Macan. Hari libur nasional China akan berlangsung dari 31 Januari hingga 6 Februari 2022. Berikut Popmama.com akan menjelaskan tentang fakta menarik perayaan Imlek 2022. Yuk disimak Ma!

1. Harapan Tahun Baru Imlek 2022

1. Harapan Tahun Baru Imlek 2022
Pexels/Rodnae Production

Tanggal Tahun Baru Imlek ditentukan oleh penanggalan Imlek. Tanggal berubah setiap tahunnya tetapi selalu di suatu tempat dalam periode dari 21 Januari hingga 20 Februari. Perayaan Tahun Baru Imlek biasanya dihabiskan bersama keluarga dan teman. Namun, karena pandemi Covid-19 akan kembali terlihat berbeda di tahun ini, dari China hingga Amerika Serikat sampai Inggris.  

Banyak keluarga Tionghoa menghadapi prospek Tahun Baru Imlek ketiga yang dihabiskan secara terpisah. Jadi, banyak orang telah menemukan cara baru untuk merayakan festival, dari melihat parade barongsai secara online hingga makan malam keluarga yang lebih inti.  

Parade Tahun Baru Imlek yang terkenal di beberapa kota Barat seperti London dan New York masih harus dikonfirmasi lagi. Beberapa acara perayaan besar seperti di Disney California Adventure Park, yang ditetapkan menjadi tuan rumah acara Tahun Baru Imlek mereka dari 21 Januari hingga 13 Februari. Parade Tahun Baru Cina di San Fransisco akan diadakan pada 19 Februari 2022. Tetapi, ini masih bisa berubah.  

2. Tahun Baru Imlek 2022 termasuk tahun Macan

2. Tahun Baru Imlek 2022 termasuk tahun Macan
Popmama.com/Auliya

Setiap tahun China dikaitkan dengan tanda hewan menurut siklus zodiak China, yang menampilkan 12 tanda hewan dalam urutan Tikus, Sapi, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, dan Babi.  

2022 termasuk tahun Macan. Tahun-tahun macan baru-baru ini dan yang akan datang adalah 1950, 1962, 1974, 1986, 1998, 2010, dan 2022. Jika kamu lahir di salah satu tahun ini, tanda zodiak China kamu adalah Macan yang dikaitkan dengan kekuatan, keberanian, dan mengusir kejahatan.  

Tahun 2010 adalah tahun Macan Emas dan tahun 2022 adalah tahun Macan Air yang hanya terjadi setiap 60 tahun. Orang yang terlahir di tahun Macan akan mengalami tahun zodiaknya (Ben Ming Nian) pada tahun 2022, yang dianggap sial. Dalam kepercayaan China, memakai warna merah akan membawa keberuntungan bagi mereka.

Editors' Picks

3. Asal dan Mitos Tahun Baru Imlek: Legenda Binatang Nian

3. Asal Mitos Tahun Baru Imlek Legenda Binatang Nian
Pexels/Checan27_

Tahun Baru Imlek memiliki sejarah lebih dari 3.000 tahun dan dikaitkan dengan beberapa mitos. Sebuah legenda populer menceritakan tentang binatang mitos Nian (/nyen/, yang berarti tahun dalam bahasa Cina), yang muncul setiap Malam tahun Baru Imlek untuk memakan manusia dan hewan ternak.  

Untuk menakut-nakuti monster itu, orang-orang China memajang kertas merah, membakar bambu, menyalakan lilin, dan mengenakan pakaian merah. Tradisi-tradisi ini terus berlangsung hingga saat ini. 

4. Tanggal-tanggal penting Tahun Baru Imlek

4. Tanggal-tanggal penting Tahun Baru Imlek
todayifoundout.com

Setiap hari dari festival yang berlangsung selama 16 hari itu memiliki nama dan biasanya memiliki tujuan atau makna yang ditetapkan. Namun, ada beberapa daaerah yang memiliki makna yang berbeda. Berikut tanggal dengan makna-maknanya.  

  • 25 Januari: Hari persiapan, terutama untuk membersihkan rumah secara menyeluruh dan memasak.  

  • 31 Januari: Perayaan yang paling penting, termasuk makan malam reuni keluarga dan begadang sampai tengah malam. 

  • 1 Februari: Hari untuk mengunjungi atau menyambut keluarga dan kerabat, memberikan hadiah, dan mengunjungi makam leluhur.  

  • 2 Februari: Wanita yang sudah menikah mengunjungi orang tua mereka bersama suami dan anak-anak mereka.  

  • 3 Februari: Hari yang tidak menyenangkan, biasa tinggal di rumah dan beristirahat bersama keluarga, bermain game.  

  • 4 Februari: Hari yang baik untuk berdoa dan memberikan persembahan atau pergi ke kuil atau peramal.  

  • 5 Februari: Umumnya diterima sebagai hari ketika tabu (dari hari-hari sebelumnya) dapat dilanggar.  

  • 6 Februari: Diyakini sebagai hari terbaik untuk menyingkirkan hal-hal lama yang tidak diinginkan. Selain itu juga hari yang dapat diterima untuk melanjutkan persalinan.  

  • 7 Februari: Diyakini sebagai hari manusia diciptakan. Didorong untuk menghabiskan waktu di alam.  

  • 8 Februari: Cuaca yang baik pada hari ini akan melambangkan panen yang baik untuk tahun ini. Banyak keluarga akan mengadakan makan malam reuni versi mini kedua.  

  • 9 Februari: Ulang tahun Kaisar Giok, memberikan persembahan, menyalakan dupa, dan menyalakan petasan.  

  • 10 Februari: Ulang tahun ‘batu dewa’ mirip dengan ritual hari sebelumnya.  

  • 11 Februari: Para ayah diharapkan untuk menghibur atau mentraktir menantunya pada hari ini.  

  • 12-14 Februari: Persiapan festival lentera: memasak, membuat lentera, dan lain-lain.  

  • 15 Februari: Menandai berakhirnya festival. Lentera dinyalakan dan digantung atau diterbangkan, orang-orang menonton tarian naga di jalanan dan anak-anak menjawab teka-teki lentera.  

5. Tradisi Tahun Baru Imlek

5. Tradisi Tahun Baru Imlek
Dok. vietnamtourfun.com

Kegiatan utama Imlek antara lain memasang dekorasi, mempersembahkan korban kepada leluhur, makan malam reuni bersama keluarga pada malam tahun baru, pemberian amplop merah dan hadiah lainnya, petasan dan kembang api, serta menonton tarian singa dan naga.  

Masyarakat Tionghoa akan membersihkan rumahnya dan mendekornya dengan dekorasi berwarna merah. Selain itu, mereka akan mengunjungi makam leluhur pada hari sebelum Tahun Baru Imlek dengan maksud mempersembahkan korban kepada leluhur sebelum makan malam reuni.  

Mereka juga biasanya akan berkumpul bersama keluarga dan kerabat dengan menikmati Tahun Baru Imlek bersama sambil makan malam. Untuk mereka yang sudah menikah, diwajibkan untuk memberikan angpao atau amplop berwarna merah yang berisikan uang kepada anak kecil dan orang tua. Memasang kembang api juga merupakan tradisi perayaan Imlek. Pada Tahun Baru Imlek akan ada banyak atraksi tarian naga dan lainnya.  

6. Makanan Tahun Baru Imlek

6. Makanan Tahun Baru Imlek
Tokopedia.com

Makanan keberuntungan disajikan selama musim festival 16 hari, terutama pada makan malam reuni keluarga pada Malam Tahun Baru. Salah satunya adalah ikan, itu adalah suatu keharusan karena terdengar seperti ‘surplus’ dalam bahasa China dan melambangkan kelimpahan.  

Pangsit yang berbentuk seperti batangan perak China dibagikan sebagai tanda kesatuan keluarga dan kemakmuran. Orang makan Niangao (kue beras ketan) untuk melambangkan pendapatan atau posisi yang lebih tinggi karena terdengar seperti tahun tertinggi.

7. Hal-hal yang tidak boleh kamu lakukan saat Imlek

7. Hal-hal tidak boleh kamu lakukan saat Imlek
pixabay.com/Silentpilot

Orang Tionghoa secara tradisional percaya bahwa awal tahun memengaruhi sepanjang tahun, jadi Festival Musim Semi Tiongkok adalah musim takhayul. Mereka mempercayai bahwa seperti apa rupa dan namanya, bisa memberikan makna keberuntungan atau nasib buruk. Berikut adalah hal-hal yang tidak dapat kamu lakukan saat Imlek.  

  • Jangan menyapu pada Hari Tahun Baru, jika kamu menyapu dipercaya itu akan menyapu juga semua keberuntungan kamu.  

  • Jangan makan bubur untuk sarapan, jika memakannya kamu akan menjadi miskin di tahun mendatang.  

  • Jangan mencuci pakaian dan rambut kamu pada Hari Tahun baru, jika hal itu dilakukan kamu sama saja mencuci rejeki kamu.  

Nah itu dia, beberapa fakta menarik perayaan Imlek 2022. Semoga tahun ini menjadi tahun keberuntungan kalian ya! 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk