7 Makanan Keberuntungan saat Imlek, Nikmati di Tahun Baru China 2022

Makanan ini memiliki simbol keberuntungan saat Imlek, lho

26 Januari 2022

7 Makanan Keberuntungan saat Imlek, Nikmati Tahun Baru China 2022
Freepik/freepik

Hidangan tertentu dimakan selama Tahun Baru Imlek karena mempunyai makna simbolis tersendiri. Makanan keberuntungan disajikan selama musim festival 16 hari, terutama pada makan malam Tahun Baru Imlek, yang diyakini membawa keberuntungan untuk tahun yang akan datang.  

Simbolisme keberuntungan dari makanan tradisional Tahun Baru Imlek ini didasarkan pada pengucapan atau penampilannya. Tidak hanya hidangan itu sendiri yang penting, tetapi juga persiapan dan cara menyajikan sangat berarti.  

Makanan Tahun Baru Imlek yang paling umum termasuk pangsit, ikan, lumpia, dan niangao. Kali ini Popmama.com akan menjabarkan 7 makanan keberuntungan saat Imlek. Yuk kita simak! 

1. Ikan – Meningkatkan Kemakmuran

1. Ikan – Meningkatkan Kemakmuran
Pixabay/Kallis

Dalam bahasa China, ikan (Yu/yoo) terdengar seperti arti surplus. Ikan adalah hidangan Tahun Baru Imlek. Orang Tionghoa selalu ingin memiliki surplus di akhir tahun, karena mereka berpikir jika mereka telah berhasil menabung di akhir tahun, maka mereka dapat menghasilkan lebih banyak di tahun berikutnya.  

Ikan kukus merupakan salah satu resep Tahun Baru China yang paling terkenal. Ikan yang harus dipilih untuk makan malam tahun baru adalah ikan mas crucian, ikan mas lumpur China, dan ikan lele.  

Ikan harus menjadi hidangan terakhir yang tersisa, karena memiliki homofonik yang menguntungkan karena ada surplus setiap tahun. Hal ini selalu dipraktikkan di utara Sungai Yangtze, tetapi di daerah lain kepala dan ekor ikan tidak boleh dimakan sampai awal tahun. Itu karena mengungkapkan harapan bahwa tahun akan dimulai dan diakhiri dengan surplus. 

2. Pangsit China – Kekayaan

2. Pangsit China – Kekayaan
Pixabay/Jonathanvalencia5

Dengan sejarah lebih dari 1.800 tahun, pangsit adalah makanan keberuntungan klasik untuk Tahun Baru Imlek, dan hidangan tradisional yang dimakan pada malam Tahun Baru Imlek yang sangat populer di Tiongkok, terutama Tiongkok Utara.  

Pangsit China dapat dibuat agar terlihat sepeti batangan perak China. Legenda mengatakan bahwa semakin banyak kue yang kamu makan selama perayaan Tahun Baru Imlek, maka semakin banyak uang yang dapat kamu hasilkan di tahun yang baru.  

Pangsit umumnya terdiri dari daging cincang dan sayuran cincang halus yang dibungkus dengan kulit adonan tipis dan elastis. Biasanya yang paling terkenal pangsit yang berisikan daging babi cincang, udang potong dadu, ikan, ayam giling, daging sapi, dan sayuran. Mereka bisa dimasak dengan cara direbus, dikukus, digoreng, atau dipanggang.  

Orang China biasanya tidak makan pangsit asinan kubis China di Festival Musim Semi. Hal itu karena menyiratkan masa depan yang buruk dan sulit. Pada malam Tahun Baru Imlek, tradisi makan pangsit dengan kubis dan lobak, menyiratkan bahwa kulit seseorang akan menjadi cerah dan suasana hati seseorang akan menjadi lembut.  

Editors' Picks

3. Lumpia – Kekayaan

3. Lumpia – Kekayaan
Pixabay/Jonathanvalencia5

Dinamakan lumpia karena mereka dimakan secara tradisional selama Festival Musim Semi. Ini adalah hidangan Tahun Baru Imlek yang sangat populer di Tiongkok Timur, seperti Jiangxi, Jiangsu, Shanghai, Fujian, Guangzhou, Shenzhen, Hong Kong, dan lain sebagainya.  

Lumpia adalah hidangan dim sum Kanton dari gulungan berbentuk silinder yang diisi dengan sayuran, daging, atau sesuatu yang manis. Isian dibungkus dengan pembungkus adonan tipis, lalu digoreng. 

4. Kue Beras Ketan atau niangao – Pendapatan atau Posisi akan Lebih Tinggi

4. Kue Beras Ketan atau niangao – Pendapatan atau Posisi akan Lebih Tinggi
YouTube.com/Vành Khuyên Lê

Kue beras ketan atau niangao adalah makanan keberuntungan yang disantap pada Malam Tahun Baru Imlek. Dalam bahasa China, kue beras ketan terdengar seperti berarti ‘Semakin tinggi dari tahun ke tahun’.

Dalam pikiran masyarakat China, ini berarti semakin tinggi kamu, semakin makmur bisnis kamu, itu adalah peningkatan umum dalam kehidupan. Bahan utama niangao adalah ketan, gula, kastanye, kurma China, dan daun teratai.  

5. Bola Nasi Manis atau tangyuan – Kebersamaan Keluarga

5. Bola Nasi Manis atau tangyuan – Kebersamaan Keluarga
Freepik/dashu83

Bola nasi manis atau Tangyuan merupakan makanan utama untuk Festival Lentera Tiongkok, namun di Tiongkok Selatan, orang memakannya selama Festival Musim Semi.

Pengucapan dan bentuk bulat tangyuan dikaitkan dengan reuni dan kebersamaan. Itu lah alasan mengapa disukai oleh orang Tionghoa saat Perayaan Tahun Baru.  

6. Mie Panjang Umur atau Changshou Mian – Kebahagiaan dan Panjang Umur

6. Mie Panjang Umur atau Changshou Mian – Kebahagiaan Panjang Umur
Freepik/freepik

Mie panjang umur melambangkan keinginan untuk panjang umur. Panjangnya dan persiapannya yang tidak terputus juga merupakan simbol dari kehidupan pemakan. Ini merupakan keberuntungan yang dimakan pada Hari Tahun Baru China di China Utara.  

Mie ini bentuknya lebih panjang dari mie biasanya. Mau digoreng dan disajikan di atas piring, atau direbus dan disajikan dalam mangkuk dengan kaldu, mie ini tidak dipotong. 

7. Buah Keberuntungan – Penuh dengan Kekayaan

7. Buah Keberuntungan – Penuh Kekayaan
Unsplash/Sharon McCutcheon

Buah keberuntungan merupakan buah-buah tertentu yang dimakan selama periode Tahun Baru China, seperti jeruk keprok dan pomelo. Buah ini dipilih karena bentuknya yang sangat bulat dan berwarna emas. Hal itu melambangkan kepenuhan dan kekayaan, tetapi lebih jelas untuk suara keberuntungan yang mereka bawa saat diucapkan.  

Makan dan memajang jeruk keprok diyakini membawa keberuntungan dan rejeki karena pengucapannya, bahkan tulisannya. Bahasa China untuk jeruk adalah cheng, yang terdengar sama dengan bahasa China untuk sukses. Salah satu cara penulisan jeruk keprok mengandung karakter China untuk keberuntungan.  

Makan pomelo dianggap membawa kemakmuran terus menerus. Semakin banyak kamu makan, maka semakin banyak kekayaan yang akan dihasilkan seperti kata pepatah tradisional. Bahasa Mandarin untuk pomelo terdengar seperti ‘memiliki’, kecuali nadanya, dan persis seperti arti kata ‘lagi’.  

Itu dia 7 makanan keberuntungan saat Imlek. Semoga di Tahun Baru Imlek ini kalian mendapatkan rejeki yang melimpah. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk