Studi Terbaru: Wangi Mawar di Mobil Dapat Mengurangi Angka Kecelakaan

Apakah ini wangi favorit Mama?

12 Januari 2019

Studi Terbaru Wangi Mawar Mobil Dapat Mengurangi Angka Kecelakaan
Freepik

Sudah bukan rahasia lagi, wewangian memang dapat membuat Mama lebih tenang dan bahagia. Kalau sedang badmood atau lelah, wewangian favorit Mama tentu efektif membuat mood Mama baik lagi.

Walau terdengar sederhana, namun wewangian memang memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Bahkan sebuah penelitian terbaru telah menguak fakta kalau wangi mawar dapat membantu mengurangi angka kecelakaan lho, Ma.

Wow! Penelitian yang menarik ya, Ma. Mau tahu lebih lanjut mengenai penelitian ini? Simak uraian penjelasan Popmama.com di bawah ini, yuk.

1. Wangi yang menenangkan

1. Wangi menenangkan
Freepik/dragana_gordic

Mungkin ini terdengar aneh, namun ternyata wangi mawar di mobil Mama bisa menjadi alat pengaman juga lho, Ma, tentunya setelah sabuk pengaman dan air bags.

Ini sudah terbukti efektif setelah diteliti dengan baik oleh para ilmuwan dari Sussex University.

Menurut penelitian terbaru ini, menyemprotkan wewangian yang menenangkan di tubuh pengendara bisa membantu mengurangi angka kecelakaan.

2. Penelitian canggih

2. Penelitian canggih
Freepik

Penelitian ini menggunakan bantuan simulator berkendara (mobil), dan dilakukan di laboratorium raksasa. Para ilmuwan menghubungkan alat penyemprot wewangian ke bagian tengah setir.

Alat penyemprot wewangian tersebut akan mengeluarkan wewangian yang menenangkan, ketika mobil simulator berhenti mendadak atau tergelincir.

Wewangian yang dikeluarkan ada beberapa macam, termasuk wangi mawar, lemon dan civet, juga aroma musk yang sering digunakan di perusahaan parfum.

Hasilnya, wangi mawar dapat mengurangi kecelakaan hingga 64 persen, sedangkan aroma musk mengurangi angka kecelakaan 46 persen.

Editors' Picks

3.. Aroma yang menstimulasi kerja otak

3.. Aroma menstimulasi kerja otak
Freepik/minervastudio

Kenapa para ilmuwan dari Sussex University ini tertarik untuk meneliti peran aroma pada kecelakaan? Jawabannya sederhana, karena menurut mereka indera penghidu adalah indera tertua dan aksinya jauh lebih cepat dibanding indera lain yang mengolah informasi visual dan audio.

Para peneliti percaya kalau menghadirkan wewangian yang menenangkan di mobil dapat memberi pesan waspada pada otak lebih cepat dibanding peringatan visual.

Sayangnya, sistem baru yang menghadirkan wewangian ini belum siap diaplikasikan untuk umum, karena masih membutuhkan kecerdasan buatan yang mampu merasakan bahaya di jalan dengan lebih optimal

“Idenya terinspirasi dari tren di industri otomotif, yaitu penggunaan parfum mobil yang berbeda. Sudah jelas kalau penciuman sangat sulit untuk diinvestigasi, ini juga susah dikontrol dan susah untuk dibenarkan,” jelas Dmitrijs Dmitrenko, doctoral researcher di Sussex University.

4. Fragrancing system

4. Fragrancing system
Freepik/ingram

Dmitrijs juga mengatakan kalau para produsen mobil menyerah dengan ide ‘fragrancing system’ ini karena mereka tidak tahu caranya mengontrol stimulasi penciuman aroma. Untuk itu, penelitian ini hadir untuk menjawab kesulitan tersebut.

“Salah satu keuntungan indera penghidu adalah kerjanya lebih cepat dalam menginformasi otak. Penghiduan butuh beberapa saat untuk mencapai hidung, tetapi ketika molekul kecil sudah mencapai hidung, maka transisi hidung ke otak jauh lebih cepat dibanding mata dan telinga ke otak,” tambah Dmitrijs pada Daily Mail (31/12/2018).

Perlukah memasang pengharum mobil wangi mawar? Sayangnya, para peneliti mengatakan efeknya tidak akan sama dengan ‘fragrancing system’ yang mereka ciptakan, karena pengharum mobil membuat hidung terbiasa dengan aroma itu terus menerus.

Apakah mawar merupakan salah satu wewangian favorit Mama?

Baca juga: 7 Tips agar Parfum Awet dan Wanginya Bertahan Lama

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!