Jangan Termakan Hoax! Ini 5 Fakta Influenza yang Harus Mama Tahu

Wah, ternyata banyak yang cuma mitos ya Ma

6 Maret 2020

Jangan Termakan Hoax Ini 5 Fakta Influenza Harus Mama Tahu
Shutterstock/CGN089
Shutterstock/CGN089

Penyakit flu belakangan menjadi perbincangan, apalagi sejak merebaknya virus influenza di beberapa negara. Buat Mama, mungkin flu adalah penyakit biasa yang bisa menyerang siapa saja. Namun nggak banyak lho yang tahu kalau ternyata hal-hal yang selama ini kita percayai adalah mitos belaka. Benarkah flu disebabkan karena minum dingin? Coba cari tahu di sini, dan cari tahu faktanya yuk, Ma.

1. Saat bersin, menutup mulut dan hidung dengan tangan

1. Saat bersin, menutup mulut hidung tangan
Shutterstock/aslysun
Shutterstock/aslysun

Selama ini pasti Mama sudah banyak mendengar, bahwa saat kita atau si Kecil bersin, kita harus menutup mulut dan hidung. Hal ini memang penting untuk menghindari cairan yang berasal dari dalam tubuh kita ini keluar ke udara dan berpotensi besar menularkannya ke orang lain di sekitar kita. Tapi, nggak banyak yang tahu nih Ma, kalau faktanya saat menutup mulut dan hidung, kita dianjurkan untuk menggunakan lengan bagian dalam bukannya telapak tangan kita. Wah, padahal selama ini banyak ya Ma yang menutup mulut dan hidung dengan tangan.

2. Cuaca tak menentu jadi sebab penyakit flu

2. Cuaca tak menentu jadi sebab penyakit flu
Shutterstock/Tinna Pong
Shutterstock/Tinna Pong

Banyak yang mengatakan bahwa kondisi cuaca yang dingin atau cuaca yang berubah-ubah secara signifikan dapat membuat seseorang terserang flu. Faktanya, cuaca tidak secara langsung menyebabkan seseorang terserang flu lho, Ma. Kondisi imun tubuh keluarga Mama saat berada di kondisi-kondisi tersebut lebih menentukan kesehatan mereka. Jadi, jangan sampai karena perubahan cuaca yang ekstrim justru membuat keluarga terserang flu karena sistem imun yang lemah. 

Untuk menjaga kesehatan setiap anggota keluarga, pastikan Mama selalu sediakan vitamin maupun obat tertentu untuk menjaga kondisi imun tubuh Mama dan keluarga. Nggak perlu khawatir Ma, caranya juga mudah banget kok, apalagi ada Tokopedia, sebagai marketplace terbesar di Indonesia memiliki pilihan terlengkap dari berbagai kategori di mana Mama bisa berbelanja di tempat yang terpercaya dan merasakan keuntungan bebas ongkir sepuasnya.

Editors' Picks

Jangan Termakan Hoax Ini 5 Fakta Influenza Harus Mama Tahu
Popmama.com/Tokopedia
Popmama.com/Tokopedia

Saat ini, Tokopedia punya program, Tokopedia Peduli Sehat yang akan memudahkan Mama untuk membeli segala kebutuhan seperti masker, produk herbal, hingga hand sanitizer. Soal harga, Mama juga nggak perlu khawatir, soalnya semuanya mulai dari Rp10.000,- saja. Oh iya, anggota keluarga Mama ada yang sudah terlanjur terserang flu? Jangan panik, Mama juga bisa temukan beberapa obat flu terbaik dan ampuh dengan harga yang murah di sini. Nah, kalau seperti ini, Mama nggak perlu khawatir apalagi sampai overthinking lagi ‘kan?

3. Minum minuman dingin bikin flu?

3. Minum minuman dingin bikin flu
Shutterstock/MISS TREECHADA YOKSAN
Shutterstock/MISS TREECHADA YOKSAN

Mungkin Mama sering mengatakan “es terus!” kepada si Kecil saat ia terserang flu. Faktanya, minuman minuman dingin tidak menyebabkan seorang anak terserang flu. Namun, perlu diketahui bahwa minuman dingin dapat menurunkan sistem imun tubuh si Kecil dan menurunkan pertahanan saluran pernapasan. Kedua hal ini akhirnya dapat meningkatkan risiko flu. Jadi, minuman dingin menyebabkan pilek itu nggak sepenuhnya benar ya, Ma.

4. Flu itu sama dengan pilek

4. Flu itu sama pilek
Shutterstock/GOLFX
Shutterstock/GOLFX

Karena memiliki gejala yang hampir sama, flu dan pilek seringkali dianggap sebagai dua penyakit yang sama oleh banyak Mama. padahal keduanya disebabkan oleh dua virus yang berbeda. Flu punya gejala demam, sakit tenggorokan, batuk kering dan juga pilek. Sementara pilek tidak diikuti dengan gejala-gejala yang sebelumnya sudah disebutkan, namun lebih kepada hidung yang tersumbat. Jadi, jangan sampai salah diagnosa kesehatan keluarga ya.

5. Flu bisa diatasi tanpa obat

5. Flu bisa diatasi tanpa obat
Shutterstock/Anatta_Tan
Shutterstock/Anatta_Tan

Banyak yang mengatakan flu adalah penyakit ringan yang dapat disembuhkan di rumah dan tidak perlu penanganan medis serius. Faktanya, kondisi seseorang saat terserang flu antara satu dengan yang lainnya itu berbeda-beda, Ma. kondisi imun tubuh sangat menentukan kekuatan seseorang saat terserang flu. Jika si Kecil terserang flu hingga berhari-hari sudah saatnya Mama membawanya ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis. Karena flu bisa jadi lebih berbahaya saat sudah berkomplikasi dengan penyakit lainnya. Jangan sampai ya, Ma!

Nah, itu tadi beberapa mitos yang sering Mama dengar tentang flu. Sekarang, sudah bisa bedakan kan Ma, mana yang mitos dan mana yang fakta? Jangan sampai termakan mitos lagi ya, Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.