Mahal, Ini 5 Alasan Kamu Harus Berhenti Merokok Mulai Hari Ini

Serius, kamu harus tahu manfaat hidup tanpa merokok

13 Juni 2021

Mahal, Ini 5 Alasan Kamu Harus Berhenti Merokok Mulai Hari Ini
Unsplash/Mathew MacQuarrie

Bagi para pecandunnya, selalu saja mencari alasan untuk berhenti merokok. Sebenarnya, setiap orang memiliki alasan yang sangat personal hingga dirinya berhasil melewati pengalaman ini. 

Pemerintah juga telah memutuskan menaikkan tarif cukai rokok. Ini menjadi berita yang viral pada akhir 2019 lalu. Kenaikan cukai rokok sebesar 23 persen yang berlaku mulai 1 Januari 2020 tentu mengejutkan banyak penikmat rokok. 

Keputusan ini diambil dalam rapat yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada 13 September 2019 lalu.

3 alasan yang mendasari keputusan pemerintah menaikkan cukai rokok 

  • Pertama, tak ada kenaikan sejak tahun lalu. 
  • Kedua, ada alasan objektif menaikkan cukai yaitu menurunkan konsumsi karena alasan kesehatan. 
  • Ketiga, terkait urusan penerimaan negara. Pemerintah yakin, kenaikan cukai akan mendongkrak penerimaan negara dan bisa digunakan untuk pembiayaan anggaran di APBN 2020.

Perempuan lebih sulit berhenti merokok

Sebenarnya laki-laki yang jadi pecandu rokok itu lebih banyak, tapi menurut penelitian perokok perempuan lebih sulit untuk meninggalkan kebiasaan merokok. 

Ada beberapa alasan yang membuat perempuan sulit berhenti merokok. Penyebabnya bisa karena tingginya tingkat kecemasan dan depresi pada kelompok perempuan, sehingga merokok dianggap sebagai salah satu cara untuk rekreasi diri, seperti ada kesan memberi efek rileks saat stres. 

Selain itu, rasa takut berat badan bertambah juga menjadi salah satu alasan kebanyakan perempuan untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Menurut Dr.Beth Abramson, seorang profesor kedokteran di University of Toronto yang meneliti tentang perokok perempuan, menyatakan bahwa depresi dan gangguan mood yang kian dialami perempuan perokok harus segera diatasi, terlebih pada mereka yang berisiko menderita stroke dan serangan jantung, demikian dilansir dari laman medicine.net.

"Kebiasaan merokok merupakan faktor risiko penyakit jantung yang paling bisa diubah," kata Abramson.

Faktor risiko penyakit jantung lainnya adalah hipertensi, kegemukan, kolesterol jahat tinggi, hingga penyakit diabetes.

Merokok juga menjadi faktor risiko kematian yang paling bisa dikendalikan. Sementara itu, alasan perempuan berhenti merokok juga berbeda dengan laki-laki.

Mayoritas perempuan berhenti merokok saat hamil dan menyusui. Sayangnya, seringkali kebiasaan ini dilanjutkan kembali setelah anak telah lahir.

1. Bukan alasan klise, berhenti merokok memang demi kesehatan 

1. Bukan alasan klise, berhenti merokok memang demi kesehatan 
Pexels/Megan Forbes

Berhenti merokok merupakan salah satu cara untuk memperpanjang usia seseorang. Meski susah untuk dilakukan, namun ada banyak manfaat untuk kesehatan jika kamu berhasil meninggalkan kebiasaan merokok.

Semakin cepat kamu berhenti merokok, maka tubuh akan segera memperbaiki kerusakan-kerusakan yang disebabkan oleh aktivitas merokok. Lebih dini memang lebih baik, namun tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok demi kualitas kesehatan yang lebih baik. 

Editors' Picks

2. Isi dompet jadi aman

2. Isi dompet jadi aman
Pixabay/capri23auto

Berhenti merokok jika ingin uang kamu tidak ludes. Sehari jika harus beli sebungkus, maka kamu kehilangan Rp20.000 - Rp35.000 kan. 

Salah satu rokok putih menthol yang semula dijual seharga Rp27.000 sejak 1 Januari harganya naik menjadi Rp35.000. 

Jelas kalau kebiasaan merokok ini diteruskan, dompet kamu bisa bolong.

Pikirkan untuk berhenti merokok sekarang. Berhenti merokok mulai hari ini!

3. Meningkatkan kemampuan indera perasa dan penciuman

3. Meningkatkan kemampuan indera perasa penciuman
Freepik

Beberapa hal yang bisa kamu rasakan jika kamu hidup tanpa rokok. 

Merokok mengganggu indera perasa, berhenti merokok akan membuat makanan terasa lebih enak.
Meningkatkan kemampuan indera penciuman. Aroma tanah yang terguyur hujan, wanginya bunga, dan aroma makanan yang menggoda siap menari di ujung hidung kamu.

Penerbangan pesawat jarak jauh bukan tantangan karena tidak kepikiran ingin terus merokok. 
Batuk ringan yang sering dialami perokok akan hilang setelah beberapa minggu berhenti merokok dan kamu akan punya banyak energi. 

Kamu juga bisa menikmati makanan jadi lebih nikmat. Dijamin hidup jadi lebih bahagia, dan kamu jadi lebih mudah untuk bisa bersyukur.

4. Untuk orang-orang tersayang 

4. orang-orang tersayang 
Pixabay/omarmedinafilms

Kamu pasti pernah mendengar atau membaca ini. Asap rokok dapat membahayakan semua orang yang menghirupnya, bukan hanya perokoknya saja. Sebab itu ada yang namanya peringatan bahaya bagi perokok pasif. 

Bagi anak-anak yang hidup dengan perokok bisa berisiko lebih sering mengalami pilek dan infeksi telinga. 

Sementara bayi yang lahir dari ibu yang merokok memiliki peningkatan risiko kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

Kamu dan orang-orang tersayang dalam hidupmu akan lebih mudah bernapas ketika kamu berhenti merokok. 

Berapa banyak bahaya yang kamu berikan untuk kehidupan mereka jika kamu belum berhenti merokok?

5. Nggak bikin kamu jadi repot

5. Nggak bikin kamu jadi repot
Dok. Popmama.com

Merokok adalah hal yang merepotkan. Kamu jadi sibuk cari tempat untuk merokok, setelah makan cari tempat rokok, cuaca dingin bikin pengin merokok, ada waktu kosong dan merasa iseng jadi sibuk cari tempat merokok.

Sedikit-sedikit sibuk cari tempat untuk merokok. Ini pasti jadi bikin kamu repot kan?

Lebih mudah jika kamu berhenti merokok. Dijamin nggak akan habis waktu kamu untuk cari tempat untuk merokok.

Lihat seberapa banyak manfaat dari hidup tanpa merokok. Tubuh dengan cepat merespons setelah kamu mengambil keputusan untuk berhenti merokok. Sudah cukup belum alasan untuk berhenti merokok yang Popmama.com sebutkan di atas?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.