Tidak Menstruasi 3 Bulan, Ketahui Apa Itu Amenore?

Amonere juga dikenal sebagai tidak menstruasi atau absent menstruation

25 Januari 2020

Tidak Menstruasi 3 Bulan, Ketahui Apa Itu Amenore
Pixabay/Zerocool

Amenore adalah kondisi perempuan tidak mengalami periode menstruasi meski sudah jatuh tempo sesuai prediksi waktunya. Ada perubahan siklus menstruasi yang disebabkan perubahan hormon yang signifikan atau kondisi kesehatan yang menurun.

Ada dua jenis amenore, menstruasi yang tidak terjadi. Jenisnya tergantung pada kondisi yang dialami seorang perempuan, dengan kondisi berikut:

  • Menstruasi belum terjadi pada usia tertentu,
  • menstruasi telah terjadi dan kemudian tidak ada.

Editors' Picks

1. Apa itu tidak mestruasi atau amenore?

1. Apa itu tidak mestruasi atau amenore
Unsplash/rawpixel

Tidak menstruasi atau amenore adalah tidak adanya perdarahan menstruasi. Itu terjadi ketika seorang gadis tidak memiliki periode menstruasi pertamanya pada usia 16 tahun. Itu juga terjadi ketika seorang perempuan tidak mengalami menstruasi selama 3 hingga 6 bulan.

Amenore dapat terjadi karena berbagai alasan. Kamu perlu mengetahui agar lebih mudah mengidentifikasinya.

Tidak menstruasi 3 bulan sampai 6 bulan bisa jadi menandakan tubuh kamu mengalami kondisi tidak sehat. 

2. Penyebab amenore

2. Penyebab amenore
Freepik/prostooleh

Penyebab paling umum adalah kehamilan. Namun, amenore juga dapat disebabkan oleh berbagai faktor gaya hidup, termasuk berat badan dan tingkat olahraga.

Penyebab amenore atau tidak menstruasi dapat terjadi karena berbagai alasan. Hal yang paling sering adalah penyebab alami, faktor gaya hidup, dan ketidakseimbangan hormon.

Penting untuk menemui dokter tentang tidak terjadinya menstruasi, karena penyebab utamanya mungkin memerlukan perawatan. Tidak menstruasi sering hilang begitu saja penyebabnya setelah diobati.

  • Faktor gaya hidup mungkin termasuk olahraga berlebihan dan stres. Juga, memiliki terlalu sedikit lemak tubuh atau terlalu banyak lemak tubuh juga dapat menunda atau menghentikan menstruasi. Penting sekali untuk memerhatikan berat badan karena ini memengaruhi siklus haid perempuan.
  • Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan amenore. Mereka biasanya dipicu oleh tumor pada kelenjar hipofisis atau kelenjar tiroid. Kadar estrogen yang rendah atau kadar testosteron yang tinggi juga dapat menyebabkan tidak menstruasi.
  • Gangguan genetik atau gangguan kromosom, seperti sindrom Turner dan sindrom Sawyer, kadang-kadang dapat menyebabkan menstruasi terlambat.
  • Obat-obatan dapat menyebabkan amenore pada beberapa perempuan.
  • Antipsikotik dan antidepresan sering terlibat.
  • Obat-obatan kemoterapi dan obat-obatan yang mengobati tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan masalah dengan menstruasi.
  • Tiba-tiba menghentikan pil KB juga dapat menyebabkan beberapa bulan periode absen sebelum siklus kembali normal.
  • Cacat fisik seperti masalah struktural pada organ reproduksi perempuan dapat membuka kemungkinan atas tidak terjadi atau tertundanya menstruasi.
  • Masalah-masalah ini dapat disebabkan oleh cacat lahir, tumor, atau infeksi yang terjadi di dalam rahim atau tidak lama setelah kelahiran.
  • Dalam kasus yang jarang terjadi, menstruasi yang terlewat bisa menjadi gejala sindrom Asherman. Ini terjadi karena jaringan parut di rahim setelah operasi, yang dapat mencegah menstruasi.

Dalam beberapa kasus, ketidakseimbangan hormon atau masalah dengan organ reproduksi mungkin menjadi penyebabnya.

3. Jenis amenore

3. Jenis amenore
Pixabay/1041483

Ada dua jenis amenore, yaitu yang disebut sebagai primer dan sekunder. Perbedaan keduanya antara lain sebagai berikut:

  • Amenore Primer

Amenore primer adalah ketika seorang gadis remaja telah mencapai atau melewati usia 16 dan masih belum mengalami menstruasi pertamanya. Sebagian besar gadis mulai menstruasi antara usia 9 dan 18, tetapi 12 adalah usia rata-rata.

  • Amenore Sekunder

Amenore sekunder adalah ketika seorang perempuan berhenti menstruasi setidaknya selama tiga bulan. Ini adalah bentuk amenore yang lebih umum.

Amenore primer dan sekunder dapat terjadi karena berbagai alasan. Beberapa penyebabnya alami, sementara yang lain adalah kondisi medis yang perlu diobati.

Penyebab alami yang paling mungkin menyebabkan amenore meliputi kehamilan, menyusui, dan menopause.

Segeralah periksakan ke dokter jika mengalami hal ini. Penting bagi pasangan yang sedang mengupayakan program hamil untuk bisa memeriksakan secara rinci agar bisa segera mendapat keturunana.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.