5 Jenis Olahraga untuk Meningkatkan Suasana Hati

Mana yang paling kamu sukai di antara 5 jenis olahraga berikut ini?

27 Mei 2020

5 Jenis Olahraga Meningkatkan Suasana Hati
Youtube.com/Kasia Rain

Apakah kamu gemar melakukan olahraga selama berkegiatan di rumah saja, Ma? Jarang orang ingat melakukan olahraga selama work from home berlangsung. 

Sebagian mengeluhkan waktu kerja jadi semakin padat, suasana hati jadi kurang menentu. Akibatnya jadi makan lagi dan makan makan lagi, tidak banyak berjalan kaki, malah lupa untuk berolahraga.

Mungkin kamu sudah melakukan banyak aktivitas, sudah menyelesaikan tugas kantor dan juga sudah masak untuk keluarga di rumah. Banyak yang sudah kamu lakukan setiap harinya.

Bagaimana jika kamu tetap merasa bosan dan tidak bahagia dengan keadaan saat ini?

Kamu tidak bisa meminta banyak, meski kamu sudah melakukan banyak. Tapi kamu dapat memilih jenis olahraga yang bisa meningkatkan suasana hati kamu. 

Lakukan secara intens dan dapatkan manfaat olahraga untuk kesehatan fisik dan mental kamu.

Mengapa olahraga bisa meningkatkan suasana hati dan memperbaiki mood seseorang?

Sebelum pandemi Covid-19 berlangsung, sebagian orang perli ke tempat gym untuk berolahraga. Datang ke tempat pusat kebugaran untuk berolahraga dan bersosialisasi.

Bisa dibilang ini adalah manfaat olahraga yang bisa meningkatkan suasana hati. Tapi ini bersifat eksternal. 

Nah, saat ini orang harus di rumah saja. Melakukan olahraga juga di rumah saja. 

Ada manfaat olahraga yang sifatnya internal, berasal dari dalam diri kamu sendiri. Manfaat ini bisa dirasakan setelah kamu melakukan olahraga dengan benar.

Pada dasarnya olahraga memicu tubuh untuk meningkatkan suasana hati dan memperbaiki mood di saat itu. 

Olahraga intens dapat memicu otak kamu melepaskan neutransmitter yaitu hormon endorfin. Hormon yang bertugas untuk menghilangkan rasa sakit dan juga mengurangi stres. 

Itu terjadi secara alami di dalam tubuh setelah kamu melakukan olahraga.

Olahraga yang bisa meningkatkan suasana hati dan memperbaiki mood

Aktivitas fisik seperti membereskan rumah dan memasak juga sebenarnya bisa membuat kamu merasa bahagia, lho. Tapi kadang perempuan melakukan olahraga sebagai me time. 

Saat melakukan me time pasti rasanya jadi beda. Kamu pasti jadi merasa lebih senang.

Berikut ini Popmama.com telah memilihkan jenis olahraga yang bisa meningkatkan suasana hati dan bisa kamu lakukan dari rumah.

Editors' Picks

1. Aerobik

Aerobik adalah olahraga dengan paduan gerakan seluruh tubuh yang bagus untuk melepas hormon endorfin. Setelah melakukan aerobik bisa merasa mood lebih baik dan pas untuk meningkatkan suasana hati.

Aerobik tidak hanya bisa dilakukan secara berkelompok, tapi kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah.

Supaya lebih seru, aerobic sekarang juga banyak di-mix dengan cardio dan fit dance. Musik yang terdengar dan gerakannya bisa membuat kamu jadi lebih bersemangat.

2. Tai Chi

Tai chi adalah olahraga yang bisa meningkatkan suasana hati, khususnya bagi orang yang memiliki tingkat kecemasan tinggi atau gejala depresi. Olahraga yang membangun ketenangan diri ini berasal dari Cina.

Tai chi dapat melatih pernapasan dan gerakannya juga melibatkan gerakan seluruh tubuh. 

Setelah melakukan tai chi maka kamu akan merasa lebih berenergi. 

3. Pound fit

Olahraga pound fit juga bisa dijadikan terapi fisik. Manfaat olahraga pound fit adalah bisa meningkatkan koordinasi dan kecepatan tubuh. Selain itu, pound fit juga efektif untuk mengurangi stres.

Lakukan pound fit secara rutin dapat meningkatkan suasana hati. Kamu bisa melakukan di rumah jika sudah memiliki sepasang stik sebagai alat bantuan untuk gerakan khas pound fit yang terkesan seperti menabuh drum.

4. Yoga

Yoga diyakini sebagai olahraga yang bisa memperbaiki suasana hati dan meningkatkan kesehatan mental. Gerakan yoga fokus pada meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas tubuh.

Manfaat utama yoga adalah untuk merelaksasi tubuh dengan melalui peregangan otot-otot yang kaku karena stres dan kelelahan.

Bukan hanya untuk Mama tapi yoga juga baik untuk dilakukan anak-anak.

Baca juga:

5. Pilates

Melakukan pilates di ruang terbuka seperti di taman depan rumah adalah ide yang bagus. Pilates bisa mengurangi rasa sakit karena cedera.

Tanpa kamu sadari, jika kamu pernah mengalami cedera dan itu tidak disembuhkan secara menyeluruh maka akan tetap menyisakan rasa nyeri. Di waktu tertentu rasa sakitnya akan menganggu aktivitas sehari-hari. 

Jika kamu merasa terganggu, maka kamu mulai merasa stres. Itulah sebabnya pilates juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan suasana hati.

Pilates juga bisa dilakukan untuk menguatkan otot inti tubuh dan mengoreksi postur tubuh. Kamu akan merasa lebih nyaman setelah melakukan olahraga ini.

Itulah 5 jenis olahhraga yang bisa meningkatkan suasana hati dan memperbaiki mood. Lakukan olahraga secara rutin, bukan hanya untuk kesehatan fisik saja lho Ma tapi juga untuk meningkatkan kesehatan mental. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.