5 Cara Mudah Memutihkan Gigi yang Dapat Dilakukan di Rumah

Mama hanya tinggal melakukannya di rumah dengan biaya murah

5 Juli 2020

5 Cara Mudah Memutihkan Gigi Dapat Dilakukan Rumah
Nensuria / Freepik

Sering mengonsumsi makanan dan minuman, seperti kopi, teh, saus tomat, kari, dan buah kelompok beri, dapat membuat gigi menjadi kuning atau menyisakan noda. Hal itu, mungkin membuat Mama menjadi tidak nyaman ketika tersenyum.

Inginnya, memperbaiki penampilan dengan memutihkan gigi kembali. Namun, situasi pandemi mungkin masih membuat Mama merasa khawatir jika harus pergi ke dokter gigi sehingga terpaksa menundanya.

Sebenarnya, ada beberapa cara mudah dan alami memutihkan gigi yang dapat dilakukan di rumah.

Untuk saat ini, tidak ada salahnya Mama mencoba sendiri. Popmama.com akan memberi tahu bagaimana cara memutihkan gigi di rumah, sebagai berikut.

1. Kurangi atau bahkan hindari konsumsi makanan dan minuman penyebab noda

1. Kurangi atau bahkan hindari konsumsi makanan minuman penyebab noda
Freepik

Cara mudah memutihkan gigi yang pertama adalah mengurangi atau bahkan menghindari makanan dan minuman yang meninggalkan noda.

Makanan dan minuman yang mengandung tanin (bahan pewarna yang terdapat pada tumbuhan), seperti anggur, teh, kopi, soda, jus, buah beri, saus tomat, dan lain sebagainya dapat menodai gigi.

Kemudian, makanan yang asam juga dapat membuat gigi terlihat kuning dengan menurunkan email pada gigi. Hindari pula memakan jeruk secara berlebihan.

Dokter gigi, umumnya merekomendasikan agar menunggu 30 menit setelah makan baru menggosok gigi. Asam dapat melemahkan email gigi, jadi menggosoknya segera setelah mengonsumsi makanan tersebut dapat menyebabkan kerusakan.

Di samping itu, berhenti merokok dapat mengurangi risiko noda nikotin yang mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi sehingga terhindar dari rusaknya email serta masalah kesehatan mulut.

Editors' Picks

2. Gosok gigi secara rutin dan bersihkan sisa-sisa makanan dengan benang

2. Gosok gigi secara rutin bersihkan sisa-sisa makanan benang
freepik.com/freepik

Menggosok gigi dengan cara yang benar secara rutin termasuk salah satu cara mudah memutihkan gigi. Sangat penting bagi kita untuk menggosok gigi setelah mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat menyebabkan gigi kuning.

Gosok gigi setidaknya dua kali sehari selama 2 menit setelah makan. Tapi, untuk makanan dan minuman asam tunggu hingga 30 menit.

Menurut studi pada 2018, menggosok gigi menggunakan pasta gigi pemutih juga dapat menghilangkan noda permukaan dengan cukup lembut dan aman. Itu karena pasta gigi pemutih ini mengandung abrasif ringan.

Selain itu, menggunakan sikat gigi listrik mungkin juga lebih efektif untuk menghilangkan noda permukaan.

Di samping menggosok gigi, membersihkan sisa-sisa dengan benang juga menghilangkan makanan dan bakteri yang dapat mengeras menjadi plak sehingga membuat gigi terlihat kusam dan lebih gelap.

3. Mengonsumsi buah-buahan yang dapat memutihkan gigi

3. Mengonsumsi buah-buahan dapat memutihkan gigi
Freepik

Dikatakan bahwa makan buah-buahan dan sayuran mentah dengan kandungan air tinggi setelah makan dapat membantu menjaga kesehatan gigi. Selain alami, ini merupakan salah satu cara mudah memutihkan gigi.

Kandungan airnya membantu membersihkan partikel makanan pada gigi dan gusi sehingga terhindar dari plak serta bakteri yang berisiko membuat gigi menguning.

Asam malat dalam apel meningkatkan air liur untuk membersihkan asam. Ditambah, senyawa dalam nanas akan membantu memutihkan gigi.

4. Bersihkan gigi menggunakan pasta dari baking soda dan hidrogen peroksida

4. Bersihkan gigi menggunakan pasta dari baking soda hidrogen peroksida
coolmaterial.com

Cara mudah memutihkan gigi, lainnya adalah menggosok gigi menggunakan pasta yang terbuat dari baking soda dan hidrogen peroksida. Keduanya dikatakan mampu membersihkan penumpukan plak dan bakteri untuk menghilangkan noda.

Studi pada 2012 menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda dan peroksida dapat menyingkirkan noda dan memutihkan gigi penggunanya. Mereka menunjukkan peningkatan yang signifikan setelah 6 minggu.

Sementara, penelitian terhadap pasta gigi dengan baking soda pada 2017 juga menyimpulkan bahwa keduanya efektif dan aman untuk menghilangkan noda gigi, memutihkan gigi, serta dapat digunakan setiap hari.

Caranya, campurkan 1 sendok makan baking soda dengan 2 sendok makan hidrogen peroksida untuk membuat pasta. Lalu, gosok gigi dengan pasta ini dan berkumur setelahnya.

Namun, penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi gusi dan sensitivitas gigi.

5. Berkumur dengan minyak kelapa sebelum menggosok gigi

5. Berkumur minyak kelapa sebelum menggosok gigi
Pixabay/stevepb

Memang belum ada penelitian yang mengonfirmasi bahwa berkumur dengan minyak kelapa dapat memutihkan gigi.

Namun, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa berkumur minyak kelapa setiap hari mengurangi bakteri dalam mulut, plak, dan radang gusi.

Tidak seperti banyak metode pemutihan gigi lainnya, berkumur minyak kelapa tidak membuat gigi terkena asam atau bahan lain yang mengikis email gigi sehingga aman untuk dilakukan.

Cara berkumurnya, Mama bisa tuang minyak kelapa satu sendok makan lalu masukkan ke dalam mulut.

Mulailah berkumur perlahan hingga terkena seluruh bagian gigi dan lidah. Aturannya, berkumur selama 20 menit pada pagi hari sebelum sarapan setiap minggu.

Bagi pemula, coba latihan 5 menit dahulu untuk melatih otot-otot rahang agar kuat.

Setelah selesai, jangan sampai air kumur tertelan dan segera buang ke washtafel atau tempat sampah. Kemudian, kumur lagi menggunakan air baru sikat gigi seperti biasa.

Selain minyak kelapa, minyak wijen dan minyak bunga matahari juga kerap digunakan untuk perawatan gigi.

Sebuah penelitian pada 2015 menemukan bahwa berkumur menggunakan minyak wijen dan minyak bunga matahari mengurangi gingivitis yang disebabkan oleh plak.

Namun, minyak kelapa merupakan pilihan populer karena memiliki rasa yang menyenangkan dan menawarkan banyak manfaat kesehatan.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.