Stop! 5 Kebiasaan Pagi Hari yang Membuat Kulit Wajah Lebih Tua

Mama bisa mengubah kebiasaan yang selalu dilakukan saat pagi hari ini secara perlahan

26 November 2020

Stop 5 Kebiasaan Pagi Hari Membuat Kulit Wajah Lebih Tua
Freepik

Setiap orang memiliki rutinitas yang dilakukan pada pagi hari. Meski berbeda-beda, tapi ada sebagian besar kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang setelah matahari terbit.

Tanpa disadari, kebiasaan-kebiasaan tersebut memberi dampak bagi tubuh Mama di mana salah satunya adalah kulit wajah.

Ada beberapa hal yang jika Mama lakukan setiap pagi dapat membuat kulit wajah lebih cepat menua. Jika Mama belum mengetahuinya, Popmama.com akan membeberkan 5 kebiasaan pagi hari yang membuat kulit wajah lebih tua seperti dikutip dari Oprah.

1. Membersihkan wajah secara berlebihan sehingga mengikis minyak alami kulit

1. Membersihkan wajah secara berlebihan sehingga mengikis minyak alami kulit
Freepik/torwaiphoto

Kebiasaan pagi yang membuat wajah lebih tua adalah membersihkan kulit wajah secara berlebihan. Setelah tidur semalaman, kulit sebaiknya tidak dilucuti minyak alaminya dengan sabun pembersih wajah.

Julius Few, MD, direktur klinik kulit di The Few Institute for Aesthetic Plastic Surgery mengungkapkan bahwa hal nomor satu yang membuat wajah terlihat lebih tua adalah terlalu kering.

Selain mengering karena udara, produksi minyak pada kulit Mama juga menurun seiring bertambahnya usia dan ini akan memperburuk rasa kering pada wajah. Hasilnya, kerutan dan pori-pori lebih terlihat. Wajah pun tampak lebih kusam.

Few menganjurkan untuk membersihkan wajah dengan sabun pembersih pada malam hari agar kulit wajah tetap bersih dan memercikkan air (suhu suam-suam kuku) pada pagi hari.

Editors' Picks

2. Tidak menggunakan serum antioksidan sehingga berisiko terpapar radikal bebas

2. Tidak menggunakan serum antioksidan sehingga berisiko terpapar radikal bebas
Freepik/master1305

Selain membersihkan kulit wajah secara berlebihan, kebiasaan pagi yang membuat wajah lebih tua adalah tidak menggunakan serum sebelum keluar rumah.

Joyce Imahiyerobo-Ip, MD, dokter kulit bersertifikat yang merupakan direktur dermatologi kosmetik di South Shore Medical Center di wilayah Boston, mengatakan ada hal lain yang bisa menyerang wajah saat di luar rumah selain sinar ultraviolet (UV) matahari.

Itu adalah polutan dari lingkungan kita yang semakin tercemar. Akibatnya, kulit dapat terpapar radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

Mama bisa menggunakan serum antioksidan pada pagi hari sebelum mengaplikasikan pelembab. Carilah formula dengan vitamin C, E, asam ferulic, teh hijau atau likopen. Sebab, itu semua adalah antioksidan yang efektif.

3. Memakai foundation terlalu tebal sehingga mengendap menjadi garis-garis halus

3. Memakai foundation terlalu tebal sehingga mengendap menjadi garis-garis halus
Freepik/master1305

Sebelum beraktivitas di luar rumah saat pagi hari, hampir setiap perempuan akan merias wajahnya lebih dulu. Dan salah satu kebiasaan pagi yang membuat wajah lebih tua dalam hal ini adalah terlalu banyak memakai foundation atau alas bedak.

Alas bedak ini biasanya dipakai untuk menyamarkan atau menutupi kerutan serta bintik-bintik cokelat pada wajah. Semakin banyak digunakan, noda-noda pada wajah yang mengganggu semakin tak terlihat.

Namun, pengaplikasian alas bedak yang terlalu tebal dapat menggumpal dan mengendap menjadi garis-garis halus dan kerutan. Ini juga menyebabkan kulit kering dan bersisik.

Menurut penata rias, Sandy Linter, semakin banyak kulit yang terlihat maka semakin baik. Jadi, pakai alas bedak secukupnya dan gunakan beauty blender untuk meratakannya.

4. Keluar rumah tanpa menggunakan pelindung mata

4. Keluar rumah tanpa menggunakan pelindung mata
Freepik

Imahiyerobo-Ip menuturkan bahwa mata merupakan salah satu area pertama yang menunjukkan tanda-tanda penuaan.

Mama mungkin melihat sebagian perempuan yang telah menginjak usia 30 tahun, memiliki garis-garis yang terlihat di sekitar mata mereka.

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan krim mata ketika akan beraktivitas di luar rumah. Oleskan pula pelembab spektrum luas dengan SPF 30 pada seluruh wajah Mama, termasuk area mata.

Ini bisa menunda tanda-tanda penuaan dan mencegah kerusakan kulit wajah di masa depan.

Di samping itu, menggunakan kacamata juga dapat membantu melindungi area sekitar mata. Entah saat itu cuaca sedang cerah atau mendung, yang pasti masih ada matahari yang sama.

Kacamata yang membungkus seluruh area mata akan melindungi mata dan mencegah garis kerutan pada kulit di sekitarnya.

5. Meminum kopi lebih dari segelas bisa berakibat pada dehidrasi kulit

5. Meminum kopi lebih dari segelas bisa berakibat dehidrasi kulit
Freepik/senivpetro

Mungkin Mama termasuk pegawai kantoran yang gemar meminum kopi pada pagi hari. Padahal, mengonsumsi minuman yang mengandung kafein ini bisa menyebabkan wajah lebih cepat menua. Apalagi jika Mama menghabiskan kopi lebih dari segelas.

Dilansir dari Health, Ranella Hirsch, MD, mantan presiden American Society of Cosmetic Dermatology & Aesthetic Surgery sekaligus dokter kulit yang berpraktik di Massachusetts, mengatakan bahwa kafein seperti diuretik lainnya.

Zat ini dapat membuat tubuh Mama mengeluarkan cairan dan menguras kelembapan tubuh, termasuk kulit. Ini dapat membuat kulit Mama dehidrasi yang menyebabkan wajah terlihat kusam dan menua.

Jika Mama masih melakukan kebiasaan pagi yang membuat wajah lebih tua ini, sebaiknya kurangi perlahan atau coba mengimbanginya dengan meminum air putih.

Nah, apabila Mama masih melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut pada pagi hari, coba mengubahnya secara perlahan agar kulit wajah tetap tampak muda.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.