Manfaat Garam Laut Mati bagi Pengidap Psoriasis dan Cara Penggunaannya

Garam Laut Mati dapat membunuh bakteri dan jamur penyebab masalah kulit terkait psoriasis

11 September 2020

Manfaat Garam Laut Mati bagi Pengidap Psoriasis Cara Penggunaannya
Freepik/cookie_studio

Laut Mati merupakan danau garam yang berbatasan dengan Yordania, Israel, dan Tepi Barat (West Bank). Perairan ini dikatakan 10 kali lebih asin daripada samudra, bahkan dianggap menjadi danau paling asin di dunia.

Sejak zaman dulu, Laut Mati telah menjadi tempat yang dituju orang-orang dengan masalah kulit. Mereka yang berendam di Laut Mati dilaporkan bahwa kondisi kulit menjadi lebih halus dan lebih terhidrasi. Selain itu, peradangan kulit juga berkurang.

Ini alasan kenapa Laut Mati diklaim menjadi pengobatan populer untuk masalah kulit, terutama psoriasis. Psoriasis sendiri merupakan penyakit kulit yang bersisik, kering, dan kemerahan, terutama di bagian siku dan lutut.

Laporan dalam Journal of Education and Health pada 2017 meninjau beberapa studi tentang penggunaan balneoterapi (mandi dengan garam Laut Mati) untuk mengobati psoriasis serta penyakit kulit lainnya dan ditemukan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi.

Berikut penjelasan lengkap yang telah Popmama.com lansir dari Verywell Health terkait kandungan, manfaat, dan cara penggunaan garam Laut Mati bagi penderita psoriasis.

1. Kandungan mineral dalam garam Laut Mati

1. Kandungan mineral dalam garam Laut Mati
Freepik/awesomecontent

Manfaat garam Laut Mati bagi psoriasis cukup efektif karena terdapat beberapa kandungan mineral di dalamnya. Mineral-mineral tersebut dapat meresap jauh ke dalam kulit dan menawarkan manfaat jangka panjang, termasuk efek pelembab. Berikut rinciannya.

  • Magnesium untuk detoksifikasi dan pembersihan kulit dengan meningkatkan metabolisme sel dan menyembuhkan kulit yang rusak serta meradang
  • Kalsium untuk membantu meningkatkan pertumbuhan dan regenerasi kulit, mempertahankan kelembapan kulit, dan merangsang produksi antioksidan yang bisa melindungi kulit dan memperlambat produksi radikal bebas.
  • Seng untuk membantu menyembuhkan dan meremajakan kulit serta melindungi sel-sel yang turut memproduksi kolagen dan juga protein sebagai pemberi struktur pada sebagian besar tubuh, termasuk tulang, tendon, ligamen, dan kulit.
  • Sulfur memiliki sifat penyembuhan yang kuat dan sifat antijamur, antimikroba, serta antibakteri.
  • Kalium dapat menjaga kelembapan kulit dan mengurangi bengkak pada kulit.
  • Bromida untuk menenangkan kulit, mengendurkan otot, dan menenangkan saraf.

Dan karena kaya akan komposisinya tersebut, garam Laut Mati menjadi terkenal khasiat penyembuhannya, terutama pada kondisi kulit seperti psoriasis.

Editors' Picks

2. Manfaat garam Laut Mati bagi penderita psoriasis

2. Manfaat garam Laut Mati bagi penderita psoriasis
Freepik

Setelah mengetahui kandungan mineral yang berguna bagi penyembuhan kulit, sekarang Mama dapat menyimak beberapa manfaat garam Laut Mati bagi psoriasis sebagai berikut.

1. Garam Laut Mati memiliki tekstur berbutir-butir serta mengandung kalsium dan natrium yang bisa membantu mengelupaskan atau menghilangkan kulit mati tebal serta kotoran dan bakteri yang mungkin ada di sisik kulit mati.

2. Dengan kandungan zat antiinflamasi, seperti seng dan bromide, garam Laut Mati dapat mengurangi peradangan di seluruh tubuh akibat plak bersisik kemerahan serta nyeri sendi yang berhubungan dengan psoriasis.

3. Sifat antiinflamasi ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah untuk menyebarkan oksigen segar ke seluruh sel kulit sehingga menurunkan peradangan yang sebabkan nyeri kulit, kemerahan, gatal, dan gejala kulit psoriasis lainnya.

4. Kandungan magnesium, kalium, natrium, dan kalsium di dalamnya dapat meningkatkan kelembapan pada kulit sehingga kulit kering yang lebih rentan terhadap jerawat psoriasis menjadi lembap.

5. Mineral yang ada dalam garam Laut Mati membuat kulit lebih permeabel sehingga memungkinkan krim dan pelembab menembus lapisan kulit yang lebih dalam secara efektif.

6. Garam Laut Mati dapat membunuh bakteri dan jamur yang bertanggung jawab atas banyak masalah kulit terkait dengan psoriasis.

3. Cara penggunaan garam laut mati bagi penderita psoriasis

3. Cara penggunaan garam laut mati bagi penderita psoriasis
Freepik

Untuk mendapat manfaat garam Laut Mati bagi psoriasis, Mama dapat melakukan beberapa cara di bawah ini dalam penggunaannya.

1. Jika ingin berendam di bathtub, Mama bisa menambahkan 2 cangkir garam Laut Mati ke air hangat di dalam bak, lalu berendam selama 15 menit untuk membantu melonggarkan sisik dan mengurangi rasa gatal serta peradangan yang disebabkan oleh psoriasis.

2. Untuk penggunaan sebagai scrub kaki, Mama dapat menambahkan segenggam garam Laut Mati ke air hangat rendaman. Butiran-butirannya dapat membersihkan kotoran dan kulit mati sehingga membuat kaki halus dan segar.

3. Apabila ingin menggunakannya sebagai scrub wajah, larutkan segenggam garam Laut Mati ke dalam baskom berisi air hangat. Lalu, gosok perlahan pada wajah untuk membersihkan kotoran, minyak, dan kulit mati agar kulit terasa lembut dan segar.

4. Untuk penggunaan sebagai lulur mandi, simpan sebotol garam Laut Mati. Ambil secukupnya, lalu pijat lembut di leher, bahu, lengan, dan kaki baru bilas. Ini bisa menghilangkan kulit mati, melonggarkan sisik, serta mengurangi peradangan dan rasa gatal.

Meskipun air hangat dan garam Laut Mati terbilang aman bagi kebanyakan orang, namun ada baiknya Mama tetap berhati-hati. Misalnya, Mama mengalami reaksi alergi setelah berendam dengan garam Laut Mati maka harus menghentikan penggunaannya.

Selain itu, hindari pula penggunaan garam tersebut untuk mandi jika Mama memiliki luka terbuka pada kulit.

4. Manfaat tambahan garam Laut Mati bagi kesehatan tubuh

4. Manfaat tambahan garam Laut Mati bagi kesehatan tubuh
Freepik/ollyy

Selain memiliki kegunaan untuk memperbaiki psoriasis, garam Laut Mati juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh lainnya.

Sejak jaman dahulu, orang telah menggunakan garam ini untuk mengobati berbagai penyakit secara alami. Berikut adalah beberapa manfaat tambahan tersebut.

1. Berendam dengan garam Laut Mati dapat memperlancar penyerapan mineral tubuh dengan memperbaiki bagian tubuh yang lelah dan rusak, termasuk sendi, otot, ligamen, dan tendon.

2. Efek garam Laut Mati terhadap kulit dapat mengelupaskan kulit, menghidrasi, serta detoksifikasi sehingga kulit tampak awet muda dan bercahaya.

3. Berendam dalam garam Laut Mati menjelang waktu istirahat dapat membantu tidur lebih nyenyak pada malam hari karena mengandung magnesium yang berperan dalam siklus tidur.

4. Mandi dengan garam Laut Mati dapat membantu tubuh membuang racun yang terperangkap di bawah permukaan kulit dan yang menyebabkan selulit.

Beberapa manfaat kesehatan dari garam Laut Mati memang telah dipelajari dan dikonfirmasi untuk mengobati berbagai kondisi.

Namun, Mama tetap harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan garam Laut Mati untuk mengobati psoriasis, terutama jika sedang mengonsumsi obat resep. Ini sangat penting jika gejala psoriasis yang Mama miliki cukup parah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.