7 Merek Obat Tetes Mata untuk Atasi Mata Merah, Kering, dan Gatal

Meski hanya sementara, tapi beberapa obat tetes mata ini mampu meredakan keluhan pada mata Mama

28 Februari 2021

7 Merek Obat Tetes Mata Atasi Mata Merah, Kering, Gatal
Freepik
Dok. Jovee

Salah satu indra yang sangat penting bagi setiap orang adalah mata. Jika terjadi sedikit saja keluhan pada mata, seperti merah, kering, atau gatal, tentu Mama akan merasa tidak nyaman hingga mengakibatkan aktivitas terganggu.

Penyebabnya pun beragam, mulai dari debu, angin, asap, penggunaan lensa kontak, hingga terlalu lama menatap layar gadget.

Apalagi selama pandemi Covid-19 berlangsung yang membuat Mama sulit untuk sering-sering ke luar rumah sehingga menyebabkan tingginya frekuensi menatap gadget. Tak jarang sebagian dari Mama mengeluhkan rasa sakit dan tidak nyaman pada mata.

Dan, Mama butuh pengobatan untuk mengatasi hal tersebut. Popmama.com akan merekomendasikan 7 merek obat tetes mata yang bisa Mama coba.

1. Allergan Refresh Contacts

1. Allergan Refresh Contacts
guardianindonesia.co.id

Bagi Mama pengguna lensa kontak, Allergan Refresh Contacts bisa menjadi salah satu pilihan merek obat tetes mata untuk mengatasi keluhan pada mata. Obat ini memberikan kelembapan yang dapat menenangkan mata kering dan iritasi.

Produk ini terdapat formula yang mungkin juga mengandung asam klorida dan atau natrium hidroksida untuk mengatur pH. Obat mata ini pun dikatakan aman sebab tidak memiliki bahan yang mengandung merkuri.

2. Braito Tears

2. Braito Tears
www.konimex.com

Merek obat tetes mata Braito Tears adalah keluaran dari perusahaan produk obat, Konimex. Meski harganya sangat terjangkau, tapi kualitas produk ini tentu terjamin.

Braito Tears berperan sebagai air mata buatan yang membantu menyejukkan dan melumasi mata. Untuk Mama yang mengalami keluhan mata perih akibat kekeringan pada mata, dapat menggunakan 1-2 tetes pada masing-masing mata.

Editors' Picks

3. Cendo Lyteers

3. Cendo Lyteers
www.blibli.com

Cendo Lyteers merupakan salah satu merek obat tetes mata untuk mengatasi keluhan seperti mata kering. Obat ini tergolong bebas sehingga Mama bisa coba menggunakan 1-2 tetes pada setiap mata.

Cendo Lyteers dapat melumasi dan menyejukkan mata yang kering karena kurangnya sekresi air mata atau iritasi akibat kondisi lingkungan. Selain itu, obat tetes ini juga dapat memperbaiki gangguan penglihatan yang terjadi karena kelebihan lendir mata.

Bahkan, Cendo Lyteers juga bisa mengatasi rasa tidak nyaman akibat penggunaan lensa kontak. Tapi, jangan menggunakan obat ini ketika sedang menggunakan lensa kontak. Ada obat tetes mata lain yang bisa Mama gunakan.

4. Insto Regular

4. Insto Regular
www.bukalapak.com

Jika Mama mengalami keluhan mata ringan, seperti mata lelah akibat terlalu lama menatap layar laptop atau handphone, mata merah dan gatal karena iritasi debu atau asap, serta mata terasa perih usai berenang maka bisa menggunakan obat tetes mata Insto Regular.

Penggunaannya cukup dengan memberikan 2-3 tetes pada setiap mata. Tapi, perlu Mama ingat terdapat efek samping setelahnya. Mungkin akan terasa peris, panas, dan hiperemia. Selain itu, tidak disarankan pula menggunakan obat ini dalam waktu jangka panjang.

Dan, sebaiknya Mama tidak menjadikan Insto Regular sebagai pengganti cairan lensa kontak karena kandungannya berbeda.

5. Rohto Cool

5. Rohto Cool
rohto.co.id

Merek asal Jepang ini pasti sudah sering Mama dengar sejak dulu, yaitu Rohto. Kali ini adalah varian Rohto cool, tetes mata steril dan isotonis yang memberi sensasi dingin pada setiap tetesnya.

Obat mata ini berfungsi untuk meredakan sementara mata merah karena iritasi ringan yang disebabkan debu, asap, sengatan matahari, angin, alergi, berenang, dan pemakaian lensa kontak.

Untuk obat golongan bebas terbatas ini, Mama bisa menggunakan 1-2 tetes pada masing-masing mata. Mungkin akan terasa agak pedih dan panas setelah penggunaan.

6. Rohto Lycee Contact

6. Rohto Lycee Contact
jp.rohto.com

Varian lain dari Rohto ini digunakan untuk mengatasi keluhan mata bagi Mama yang menggunakan lensa kontak. Kemasannya unik dan berbeda dari merek obat tetes mata kebanyakan. Bentuknya persegi kecil yang praktis dan berwarna merah muda.

Manfaat obat tetes ini adalah membantu meredakan kekeringan pada mata Mama akibat penggunaan lensa kontak. Selain itu, kandungan sodium chondroitin sulphate di dalamnya berfungsi untuk melindungi kornea serta memberikan kelembapan.

Enaknya lagi, Rohto Lycee Contact efektif untuk beragam lensa kontak, baik itu lembut, keras, O2, sekali pakai, maupun yang berwarna.

Mama bisa meneteskan 1-3 tetes pada setiap mata dan bahkan dapat digunakan hingga 6 kali sehari.

7. Visine Tears

7. Visine Tears
www.visine.co.id

Visine Tears adalah salah satu varian dari obat tetes mata Visine yang berfungsi meredakan mata panas serta iritasi ringan akibat kekeringan pada mata untuk sementara waktu. Efeknya, memberi kesegaran dan kesejukan pada mata yang kering, gatal, dan iritasi.

Untuk penggunaannya, Mama cukup memberikan 1-2 tetes pada setiap mata. Namun, setelahnya Mama ingin menggunakan lensa kontak, sebaiknya tunggu selama 10-15 menit usai meneteskan obat pada mata.

Ditekankan pula bahwa produk ini dilarang untuk digunakan dalam jangka panjang dan berlebihan sebab dapat merusak selaput mata.

Apabila setelah menggunakan salah satu dari beberapa merek obat tetes mata di atas mata Mama tak kunjung sembuh maka segera periksa ke dokter spesialis mata sebelum kondisinya lebih buruk.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.