Tips Aman dari Kejahatan Ketika Menginap di Hotel saat New Normal

Selain Covid-19, Mama juga perlu memperhatikan keamanan dari kejahatan saat menginap di hotel

9 Agustus 2020

Tips Aman dari Kejahatan Ketika Menginap Hotel saat New Normal
Freepik/ Fabrikasimf

Dalam masa adaptasi new normal ini, sebagian masyarakat sudah mulai melakukan perjalanan wisata, baik di ibu kota maupun di luar kota, luar pulau, bahkan luar negeri. Perjalanan wisata yang jauh tentu membuat kita harus menginap di hotel.

Selain mengikuti protokol kesehatan agar agar terhindar dari Covid-19, waspada akan tindak kejahatan ketika menginap di hotel juga perlu.

Beberapa tindak kejahatan yang kerap terjadi, seperti pencurian barang berharga, merekam video pribadi pengunjung secara diam-diam, hingga modus penipuan berkedok pegawai.

Untuk mencegah terjadinya hal-hal tersebut, Mama bisa menyimak tips aman dari kejahatan ketika menginap di hotel saat new normal yang telah Popmama.com rangkum dari beragam sumber.

1. Baca ulasan keamanan hotel yang akan dikunjungi

1. Baca ulasan keamanan hotel akan dikunjungi
Freepik

Ketika mencari hotel untuk menginap di situs travel, pastikan Mama memperhatikan ulasan masalah keamanan dari pengunjung sebelumnya. Ini adalah salah satu tips aman ketika menginap di hotel.

Ulasan perihal keamanan dapat membantu Mama mengetahui tingkat kejahatan di kawasan dan di dalam hotel tersebut.

Contohnya, apakah hotel memiliki kamera keamanan yang berfungsi dengan baik, barang-barang tetap aman terjaga, atau informasi pribadi pengunjung tidak tersebar.

Jika rata-rata rating ulasan keamanannya rendah, baiknya Mama mencari hotel lain.

2. Sebaiknya pilih hotel yang menawarkan akses terbatas hanya untuk pengunjung

2. Sebaik pilih hotel menawarkan akses terbatas ha pengunjung
indiamart.com

Anthony Melchiorri, seorang pakar perhotelan sekaligus pembawa acara Hotel Impossible di saluran Travel Channel, merekomendasikan pengunjung agar mencari hotel yang menawarkan akses terbatas sebagai tips aman ketika menginap di hotel.

Misalnya, hotel memblokir akses ke lantai kamar kecuali pengunjung memiliki kunci untuk di-scan pada nomor lantai di dalam lift.

3. Jaga barang-barang dalam pengawasan selama proses Check-In dan Check Out

3. Jaga barang-barang dalam pengawasan selama proses Check-In Check Out
Rawpixel.com / Freepik

Menjaga barang-barang agar tetap dalam pengawasan Mama atau keluarga selama proses check in dan check out juga termasuk tips aman ketika menginap di hotel.

Ketika duduk atau berdiri di depan meja reservasi, simpan barang bawaan tepat di samping Mama atau minta salah satu keluarga menjaganya.

Jika pelayan hotel menawarkan bantuan membawakan barang, minta ia untuk tetap tinggal hingga proses check in atau check out selesai. Baru kemudian, pelayan membawa barang ke kamar bersama Mama dan keluarga.

4. Jangan memesan kamar di lantai dasar, pilih yang berada di lantai 4 hingga lantai 6

4. Jangan memesan kamar lantai dasar, pilih berada lantai 4 hingga lantai 6
Freepik/mrsiraphol

Melchiorri menegaskan agar pengunjung hotel tidak memesan kamar di lantai dasar. Ini karena kamar tersebut sering kali menjadi target pencurian, sebab akses masuknya lebih mudah.

Di samping itu, biasanya lantai dasar terdapat ruang pertemuan yang menjadi tempat pengunjung non hotel datang dan pergi.

Penyelinap pun mudah masuk lewat pintu belakang atau jendela kamar karena posisinya rendah di atas permukaan tanah.

Melchiorri menyarankan untuk memesan kamar di lantai 4 hingga lantai 6. Jika terjadi kebakaran, tangga mobil pemadam masih bisa mencapai lantai tersebut. Di tambah, pencuri akan sulit menyelinap karena posisi kamar yang tinggi.

Jika keselamatan kebakaran menjadi paling utama, Mama dapat meminta kamar yang dekat dengan tangga.

Editors' Picks

5. Periksa kamar setelah Check-In, apakah semuanya dalam kondisi baik dan normal

5. Periksa kamar setelah Check-In, apakah semua dalam kondisi baik normal
Pexels/Pixabay

Tips aman ketika menginap di hotel selanjutnya adalah memeriksa kamar setelah check in. Luangkan waktu  kamu untuk mengecek ulang kamar yang telah Mama pesan.

Pastikan telepon berfungsi dengan benar. Kunci pintu dan jendela juga harus dalam kondisi baik. Periksa apakah ada kamera tersembunyi atau benda yang terasa ganjil.

Selain itu, harus ada pula detektor asap dan sistem pemadam kebakaran yang efisien di kamar tersebut.

6. Lakukan kunci ganda untuk keamanan lebih

6. Lakukan kunci ganda keamanan lebih
theribofbrown.com

Lakukan kunci ganda selain kunci pintu elektronik merupakan salah satu tips aman ketika menginap di hotel.

Selalu kunci pintu jika terdapat gerendel atau perangkat penguncian tambahan lainnya saat Mama dan keluarga berada di kamar hotel. Atau mungkin Mama perlu menyediakan kunci pintu portabel sendiri.

Ingatkan pula pada keluarga, terutama anak-anak agar jangan pernah membuka pintu kamar hotel kepada siapa pun tanpa mengonfirmasi identitasnya lebih dulu.

7. Tutup lubang intip pada pintu kamar

7. Tutup lubang intip pintu kamar
oyster.com

Lubang intip adalah cara mudah bagi orang lain untuk melihat sekilas di dalam kamar hotel Mama.

Menempelkan perban atau lakban di pada lubang menjadi tips aman ketika menginap di hotel. Ini adalah salah satu hal termudah yang dapat Mama lakukan untuk mencegah orang lain mengintip ke dalam kamar.

8. Gantungkan tanda ‘jangan ganggu’ di gagang pintu kamar dan biarkan TV menyala

8. Gantungkan tanda ‘jangan ganggu’ gagang pintu kamar biarkan TV menyala
Freepik/yanalya

Tips aman ketika menginap di hotel saat Mama dan keluarga keluar dari kamar adalah membiarkan TV menyala dengan volume tinggi dan lampu tetap terang.  Selain itu, Melchiorri menyarankan untuk memasang tanda ‘jangan ganggu’ di gagang pintu kamar.

Hal ini akan membuat orang lain berpikir bahwa ada pengunjung di dalam kamar sehingga berpikir lagi jika ingin melakukan tindak kejahatan.

9. Hati-hati, Wi-Fi hotel belum tentu aman

9. Hati-hati, Wi-Fi hotel belum tentu aman
Pixabay/Ivke32

Sama seperti di bandara, kedai kopi atau jaringan Wi-Fi publik lainnya. Koneksi Wi-Fi hotel juga publik. Jadi, selalu gunakan VPN (jaringan pribadi virtual) saat Mama dan keluarga menggunakan Wi-Fi publik ketika di hotel atau penginapan lain.

10. Cari tahu posisi pintu keluar darurat

10. Cari tahu posisi pintu keluar darurat
Freepik

Mencari tahu posisi pintu darurat termasuk tips aman ketika menginap di hotel yang sangat penting. Ketika urusan check in selesai, periksa posisi pintu keluar darurat dan telusuri rute dari kamar Mama hingga ke pintu tersebut.

Ini akan memudahkan Mama untuk mengetahui jalannya ketika dalam situasi darurat, bahkan ketika kondisi gelap dan berasap.

Periksa pula peralatan pemadam kebakaran dan posisinya di dalam kamar.

Di samping itu, sebelum tidur taruh sepatu di tempat yang mudah dijangkau. Siapkan pula jaket atau cardigan yang bisa dikenakan dengan cepat.

Simpan barang-barang berharga dalam satu tas sehingga mudah untuk langsung membawanya ketika situasi sedang darurat.

Ingat untuk menjaga keamanan dan keselamatan selama menginap di hotel ya, Ma. Dan selamat berlibur bersama keluarga ya.

Bacajuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.