Tips Makan di Restoran saat New Normal, Pilih Tempat Duduk di Luar

Tetap hati-hati jika Mama dan keluarga akan makan di restoran saat Covid-19 masih melanda

7 Juni 2020

Tips Makan Restoran saat New Normal, Pilih Tempat Duduk Luar
nepal24hours.com/ Cecilia Fabiano

Dengan rencana diterapkan new normal (kehidupan normal yang baru dengan tetap menerapkan protokol kesehatan), sebagian masyarakat pun berangsur kembali menjalankan aktivitas di luar rumah.

Sektor bisnis makanan yang tutup pun secara perlahan akan dibuka kembali. Tentu makan di tempat masih menjadi kekhawatiran bagi masyarakat. Tapi, jika Mama nanti menghadapi situasi yang mengharuskan untuk makan di restoran, ada beberapa tipsnya.

Berikut rangkuman Popmama.com mengenai tips makan di restoran saat new normal.

1. Pilih restoran yang sedang sepi pengunjung

1. Pilih restoran sedang sepi pengunjung
Freepik/Evening_tao

Salah satu tips makan di restoran saat new normal untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 adalah dengan memilih restoran yang sedang sepi pengunjung. Mungkin akan lebih memakan waktu untuk mencarinya, namun demi keselamatan ini harus dilakukan.

Selain untuk menghindari kerumunan orang-orang, memilih restoran yang sepi juga membuat Mama dan keluarga lebih nyaman. Tak perlu antre atau menunggu makanan tiba lebih lama.

2. Perhatikan apakah restoran menerapkan protokol kesehatan

2. Perhatikan apakah restoran menerapkan protokol kesehatan
nytimes.com/ Ross D. Franklin/ Associated Press

Meskipun tidak dapat melihat bagian dapur restoran, tapi tentu Mama dapat melihat bagian depan atau bagian dalam restoran. Memperhatikan penerapan protokol kesehatannya, termasuk tips makandi restoran saat new normal.

Contohnya, jarak meja yang berjauhan, tempat salad yang tertutup, dan tanda di lantai untuk menjaga jarak antrean setiap orang.

Perhatikan pula apakah seluruh karyawannya mengenakan masker atau tidak. Ini penting untuk menghindari terkontaminasinya makanan dari droplet. Serta pembersihan meja setiap sebelum dan selesai digunakan dengan cairan disinfektan.

Khawatir dengan peralatan makan? Jika restoran mencuci setiap kali sehabis digunakan maka dapat membunuh virusnya. Begitu pun jika bahan makanan terkontaminasi selama persiapan, suhu memasak kemungkinan menonaktifkan virus-virus tersebut.

Editors' Picks

3. Tetap mengenakan masker saat memasuki restoran dan berinteraksi dengan pegawai

3. Tetap mengenakan masker saat memasuki restoran berinteraksi pegawai
Freepik/prostooleh

Tips makan di restoran saat new normal selanjutnya adalah tetap mengenakan masker ketika di restoran, terutama saat mengantri atau berinteraksi dengan orang lain.

Jade Flinn, MSN, yang merupakan pendidik perawat untuk Biocontainment Unit di Johns Hopkins Medicine, mengatakan bahwa setiap orang dapat mengenakan masker saat memasuki restoran dan saat berinteraksi dengan karyawan.

Akan tetapi, begitu makanan tiba dan siap disantap, Mama harus menyimpan masker di wadah bersih. Baru kemudian mengenakannya kembali setelah selesai makan dan membuang atau mencucinya ketika di rumah.

4. Menjaga jarak dengan orang lain, terutama saat antre

4. Menjaga jarak orang lain, terutama saat antre
foxnews.com/ REUTERS/ Piroschka van de Wouw

Sarjana senior di Pusat Keamanan Kesehatan Universitas Johns Hopkins, Dr. Amesh Adalja mengakui bahwa hal yang paling berisiko ketika makan di restoran saat Covid-19 masih melanda adalah berada di sekitar (berdekatan) orang lain.

Meskipun makan bersama keluarga atau teman-teman tampak seru, tapi pikirkan risikonya. Jadi, jika ada antrean, sabar dan atur jarak dengan orang lain. Apabila terdapat tanda jarak di lantai, pastikan untuk mengikutinya.

5. Pilih menu yang harus langsung dimakan setelah dimasak

5. Pilih menu harus langsung dimakan setelah dimasak
Pexels/Clem Onojeghuo

Memilih menu yang harus langsung dimakan setelah dimasak menghindari kemungkinan besar makanan terkontaminasi virus karena terlalu lama didiamkan.

Suhu memasak makanan kemungkinan membunuh virus yang menempel dan Mama dapat segera menikmatinya sebelum makanan itu terkontaminasi kembali.

6. Pilih tempat duduk di luar ruangan

6. Pilih tempat duduk luar ruangan
Freepik/Travnikovstudio

Dr. Emily Landon, seorang ahli epidemiologi rumah sakit dan spesialis penyakit menular di University of Chicago Medicine, mengingatkan bahwa menyantap makanan di dalam ruangan restoran lebih berisiko.

Pada banyak negara, restoran yang telah menjalankan kembali usahanya, membuka area makan di luar ruangan terlebih dahulu. Hal itu, karena para ahli percaya bahwa makan di luar dapat membantu menurunkan risiko terkait penyebaran Covid-19.

Namun, perlu dicatat bahwa berada di luar ruangan dengan risiko lebih kecil bukan berarti Mama melupakan praktik social distancing yang baik. Dengan berada di luar tidak secara ajaib membebaskan Mama dari risiko penularan Covid-19, jadi tetaplah berhati-hati.

7. Cuci tangan sebelum dan sesudah makan

7. Cuci tangan sebelum sesudah makan
Freepik

Cuci tangan sebelum dan sesudah makan merupakan satu tips makan di restoran saat new normal yang paling penting. Sebenarnya, tidak dalam situasi pandemi pun ini sudah menjadi aturan baku sebelum makan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan.

Mama mungkin tanpa sadar menyentuh permukaan yang memiliki virus menular, tapi selama tidak menyentuh mulut, hidung atau mata akan lebih aman. Jadi, cucilah tangan atau gunakan pembersih tangan setiap usai melakukan aktivitas.

Sudah siap hadapi new normal, Ma? Jangan lupa lakukan tips di atas jika ingin makan di restoran, ya.

Kalau masih khawatir, Mama masih bisa tetap melakukan pesanan take away, drive thru, atau aplikasi pemesanan online.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.