Lihat Yuk, Gerhana Bulan Penumbra dan Bulan Strawberry pada Sabtu Ini

Akan ada dua fenomena bulan yang sangat indah sabtu dini hari ini! Jangan sampai ketinggalan ya

5 Juni 2020

Lihat Yuk, Gerhana Bulan Penumbra Bulan Strawberry Sabtu Ini
universetoday.com

Gerhana bulan Penumbra dikabarkan muncul pada Sabtu dini hari, 6 Juni 2020. Banyak masyarakat yang tidak melewatkan untuk mengabadikan proses fenomena alam ini.

Berdasarkan kajian Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gerhana bulan Penumbra diprediksi hadir 4 kali pada 2020.

Pertama, pada 11 Januari 2020, lalu dini hari nanti 6 Juni 2020, kemudian 5 Juli 2020, dan terakhir 20 November 2020. Semuanya dapat diamati dari Indonesia, kecuali pada 20 November 2020. Ini dapat diamati dari wilayah Indonesia bagian barat jelang akhir gerhana.

Jika ingin mengetahui waktu munculnya gerhana bulan Penumbra pada sabtu dini hari nanti, simak pemaparan Popmama.com di bawah ini.

1. Apa itu gerhana bulan?

1. Apa itu gerhana bulan
Freepik/Pongpongching

Dilansir dari BMKG, gerhana bulan adalah peristiwa cahaya matahari yang terhalang oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

Peristiwa ini merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan yang hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Editors' Picks

2. Kapan terjadinya proses gerhana bulan penumbra?

2. Kapan terjadi proses gerhana bulan penumbra
Freepik/drobotdean

Gerhana bulan Penumbra terjadi saat posisi bulan, matahari, dan bumi tidak persis sejajar. Hal ini, membuat bulan hanya masuk ke bayangan penumbra bumi.

Akibatnya, saat gerhana terjadi, bulan akan terlihat lebih redup dari saat purnama.

3. Gerhana bulan penumbra sabtu dini hari, 6 Juni 2020

3. Gerhana bulan penumbra sabtu dini hari, 6 Juni 2020
bmkg.go.id

Menurut BMKG, durasi dari fase gerhana pada sabtu dini hari, 6 Juni 2020, mulai hingga gerhana berakhir akan berlangsung selama 3 jam 18 menit 17 detik.

Fase awal gerhana mulai pukul 00.45.52 untuk Wilayah Indonesia Barat (WIB), pukul 01.45.52 Wilayah Indonesia Tengah (WITA) dan 02.45.52 Wilayah Indonesia Timur (WIT).

Fase puncak gerhana akan terjadi pukul 02.25.05 WIB, 03.25.05 WITA dan 04.25.05. Selanjutnya, gerhana berakhir pada pukul 04.04.09 WIB, 05.04.09 WITA dan 06.04.09 WIT.

Seluruh proses gerhana tersebut dapat dilihat di Asia, sebagian besar Australia bagian barat, sebagian besar Afrika bagian timur, dan Samudera Hindia.

Sementara, proses gerhana pada saat bulan terbit dapat diamati di Eropa, Afrika bagian barat, Samudera Atlantik, dan sebagian kecil Amerika Selatan bagian timur.

Dan proses gerhana pada saat bulan terbenam dapat diamati di Asia bagian timur, Samudera Pasifik bagian barat, dan Australia bagian timur. Gerhana ini tidak akan dapat diamati di sebagian besar wilayah Amerika dan Samudera Pasifik bagian timur.

    4. Selain adanya Gerhana Bulan Penumbra, akan ada juga bulan purnama strawberry

    4. Selain ada Gerhana Bulan Penumbra, akan ada juga bulan purnama strawberry
    space.com/John Entwistle

    Uniknya, bukan hanya fenomena Gerhana Bulan Penumbra saja, nanti kita juga bisa melihat penampakan bulan purnama strawberry lho. 

    Saat fenomena ini terjadi, bulan akan terletak di belakang bumi jika dilihat dari matahari dan wajahnya akan penuh disinari cahaya matahari.

    Kita bisa melihat puncak bulan purnama strawberry pada 6 Juni 2020 pukul 02.12 WIB, pada jarak 369.005 kilometer dari pusat bumi. Tapi, jangan langsung berpikir jika bulan purnama ini akan menyerupai warna strawberry yang merah. Sebutan fenomena ini hanyalah sebuah istilah yang dipakai sebagai isyarat jika bulan purnama ini jatuh di bulan Juni. 

    Kenapa disebut Strawberry Moon?
    Dilansir dari usatoday.com, nama Strawberry Moon berasal dari suku-suku asli Amerika Algonquin di Amerika Utara bagian timur, yang menggunakan penampilannya sebagai sinyal untuk mengumpulkan stroberi liar yang matang, menurut he Old Farmer's Almanac.

    Di Eropa, nama-nama alternatif lain untuk fenomena ini adalah Honey Moon, the Mead Moon atau the Rose Moon. 

    Bukan hanya bulan purnama strawberry saja, berikut perkiraan tanggal munculnya semua fenomena bulan purnama tahun ini.

    • Jan. 10 - Wolf moon dan gerhana bulan penumbra 
    • Feb. 9 -  Snow moon
    • March 9 - Worm moon (supermoon)
    • April 7 - Pink moon (supermoon)
    • May 7 - Flower moon (supermoon)
    • June 6 - Bulan purnama strawberry dan gerhana bulan penumbra
    • July 5 - Buck moon dan gerhana bulan penumbra
    • Aug. 3 - Sturgeon moon
    • Sept. 2 - Harvest moon
    • Oct. 1 - Hunter's moon 
    • Oct. 31 - Blue moon
    • Nov. 30 - Beaver moon dan gerhana bulan penumbra
    • Dec. 29 - Cold moon

    Jika ingin mengabadikan peritiwa gerhana bulan penumbra dan bulan purnama strawberry pada Sabtu 6 Juni 2020 dini hari ini, kamu dan keluarga harus mencatat betul jam kemunculannya ya agar tidak sampai terlewat.

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.