TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tips Mendekorasi Ruangan ala Roland Adam dan Joke Roos

Berkolaborasi bersama TACO, kedua desainer interior ternama tanah air berikan tips dekorasi

24 September 2022

Tips Mendekorasi Ruangan ala Roland Adam Joke Roos
Dok. TACO

Roland Adam merupakan salah satu desainer interior ternama tanah air, yang telah lama berkecimpung dalam bidangnya. Dirinya dikenal sebagai perancang yang memiliki ciri khas bergaya modern. Pemilihan warnanya pun cukup sederhana, minimalis tetapi tetap mewah.

Sementara itu, Joke Roos merupakan seorang konsultan mandiri desain interior di Indonesia, yang karya-karyanya sudah banyak terukir di manca negara. Dalam mendesain dirinya merasa selalu menikmati berbagai proyek yang dijalankan, meskipun terkadang ada beberapa klien yang memiliki selera desain yang cukup berbeda dengannya. 

Kedua desainer ternama ini digandeng oleh TACO untuk bekerja sama dalam pameran interior The Colours of Indonesia (TCOI) yang diselenggarakan di Senayan City. Pada 21 September 2022, Roland Adam dan Joke Roos bersama Vice President Brand Marketing & Corporate Communication TACO, Anastasia Tirtabudi menghadiri konferensi pers untuk menjelaskan rangkaian TCOI 2022.

Dalam konferensi pers, kedua desainer tersebut menjelaskan masing-masing proyeknya bersama TACO. Tak hanya itu, mereka juga memberikan tips pada rekan-rekan media mengenai cara mendekorasi suatu ruangan yang indah.

Penasaran bagaimana tips dari Roland Adam dan Joke Roos? Berikut ini Popmama.com telah merangkumnya dalam tips mendekorasi ruangan ala Roland Adam dan Joke Roos.

Yuk, disimak detailnya!

1. Menurut Roland, ketahui dan temukanlah taste ruangan sesuai keinginan diri sendiri

1. Menurut Roland, ketahui temukanlah taste ruangan sesuai keinginan diri sendiri
Dok. TACO

Ketika ditanya perihal inspirasi dalam mendesain suatu ruangan, dirinya menjawab bahwa ketika merancang jangan terpaku pada seorang desainer atau gambar rancangan yang sudah ada. Justru ia lebih menyarankan untuk mencari dan mengetahuinya dari selera dirimu sendiri.

"Inspirasinya jangan terlalu ikutin seorang desainer, tapi lihat dari hatinya. Oh aku suka taste sendiri, aku sukanya gaya seperti ini. Nah, dari situ dikembangkan aja," ujar Roland.

Dari pernyataan tersebut dapat diketahui bahwasanya suatu ruangan harus merepresentasikan kesenangan diri sendiri agar merasa lekat, dan nyaman dengan apa yang dirasakan di tempat tersebut.

Perihal pemilihan warna pada tembok dan furnitur bisa lebih dikembangkan jika kita sudah menemukan taste yang diinginkan oleh diri sendiri.

Editors' Picks

2. Menurut Joke Roos, gunakan warna netral pada dasar ruangan

2. Menurut Joke Roos, gunakan warna netral dasar ruangan
Dok. TACO

Tips selanjutnya dari Joke Roos ialah penggunaan warna netral pada dasar ruangan. Setiap orang pasti memiliki seleranya tersendiri. Ada yang lebih suka konsep ruangan yang elegan, simple ataupun playful dengan penggunaan berbagai warna dalam satu ruangan.

Ketika ditanya terkait cara menyeimbangi keindahan ruangan dengan seseorang yang memiliki selera warna lebih playful, ia mempunyai jawabannya sendiri. Joke Roos menyarankan untuk menggunakan warna netral salah satunya putih pada bagian dasar yaitu tembok ruangan.

Lalu untuk warna-warna yang playful tersebut bisa diterapkan pada furnitur atau hiasan ruangan lainnya. Menurut Joke Roos, cara ini akan mempermudah seseorang ketika merawat ruangan yang memiliki banyak komposisi warna.

"Kan tidak mungkin ya kalau kita cat tembok rumah setiap satu atau dua tahun sekali, akan menjadi PR sekali. Maka dari itu, permainan warna tersebut bisa digunakan di furniturnya atau beberapa hiasan saja," tambah Roland.

3. Menurut Roland, dalam satu ruangan gunakan warna yang satu tone

3. Menurut Roland, dalam satu ruangan gunakan warna satu tone
Popmama.com/Adinda Hanum Purnomo

Roland Adam memang dikenal sebagai desainer bergaya modern-minimalis yang sederhana. Maka dari itu, ia memberikan tips untuk memilih warna pada satu tone yang sama dalam suatu ruangan.

Tips ini ia berikan untuk menghindari rasa bosan dari pencampuran warna yang begitu kompleks pada satu ruangan. Biasanya penggunaan warna yang terlalu terang, dan dipadukan dengan warna terang lainnya berisiko membuat seseorang pada ruangan tersebut cepat merasa bosan.

"Warna yang terlalu warna-warni, itu yang tendency bikin pusing dan cepat capek," ucap Roland.

"Jangan takut sama warna sendiri, tapi jangan sampai jomplang. Kalau umpama pemilihan warna itu ada turunannya, jadi kalau bisa masih dalam satu tone," tambahnya.

4. Menurut Roland, jangan pilih lebih dari lima komposisi warna

4. Menurut Roland, jangan pilih lebih dari lima komposisi warna
Dok. TACO

"Satu ruangan jangan lebih dari lima colors," ucap Roland.

Dalam penjelasannya Roland menggambarkan pada instalasi pameran ruangan miliknya. Ia menerangkan bahwa dalam ruangan tersebut permainan warnanya hanya terdiri dari lima warna saja.

Namun jika kamu memiliki keinginan ada warna yang berbeda di luar lima warna tersebut, boleh saja tapi masih dalam satu tone.

"Aku di sini tidak punya warna oranye, dan merah, tapi boleh warna lain juga ada, hijau dan putih. Tapi kalau bisa ada umpanya masih dalam satu tema warnanya, itulah yang bisa dipelajari dari interior desainer," jelas Roland.

Nah, itulah tips mendekorasi ruangan ala Roland Adam dan Joke Roos. Ternyata keduanya memiliki pandangan dan saran yang sama, lho.

Semoga tips ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari referensi dekorasi ruangan atau rumah, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk