Takjub! Mesin Cuci Standar Bisa Mencuci 13 Benda Ini

Ingat. jangan gunakan mesin pengering ya

19 Januari 2018

Takjub Mesin Cuci Standar Bisa Mencuci 13 Benda Ini
honey.nine.com.au

Bukan hanya pakaian dan handuk, ternyata mesin cuci juga bisa digunakan untuk mencuci benda lain lho. Seperti sepatu berbahan kanvas atau tas sekolah anak. Lakukan dengan cara yang tepat saat mencuci benda-benda tersebut. Kegunaan mesin cuci untuk memcuci benda lain sangat membantu Mama menyelesaikan pekerjaan rumah. Kuncinya, gunakan mode lembut dan jangan pakai pengering.

Perhatikan mode yang digunakan, pilihlah mode mencuci lembut, gunakan suhu air yang tepat, masukan benda-benda kecil ke dalam laundry bag, dan jangan gunakan pengering mesin cuci. Jika dilakukan dengan benar, Mama akan mendapatkan manfaat yang besar dari fungsi mesin cuci. Seperti dilansir thespruce.com berikut 13 benda yang bisa masuk ke mesin cuci dan cara melakukannya.

1. Perlengkapan olahraga

1. Perlengkapan olahraga
footy-boots.com

Perlengkapan olahraga seperti shin guard atau decker bisa jadi sangat kotor karena keringat dan tanah setelah digunakan bermain sepak bola, futsal dan olahraga lainnya. Benda-benda penuh bakteri dan kuman ini bisa lho dicuci dalam mesin. Caranya, kaitkan semua perekat dengan benar lalu masukan ke dalam laundry bag kemudian masukan ke mesin cuci. Atur mode mencuci lembut dan gunakan deterjen cair biasa. Ingat selalu untuk tidak menggunakan pengering mesin cuci. Keringkan perlengkapan olahraga dengan panas matahari langsung.

2. Matras yoga

2. Matras yoga
ecowatch.com

Penting bagi Mama menjaga kebersihan alat olahraga, salah satunya matras yoga. Ternyata agitator pada mesin cuci mampu membersihkan matras yoga dengan lembut tanpa merusak permukaannya. Mama bisa mencucinya dalam bentuk gulungan ataupun terbuka.

Tetap gunakan mode lembut, bisa gunakan air hangat atau dingin. Deterjen yang cocok digunakan sebaiknya dengan kandungan zat pembersih yang efektif membersihkan kotoran membandel. Keringkan matras dengan mengelapnya menggunakan handuk kering atau jemur di luar.

3. Tas sekolah dan tas olahraga

3. Tas sekolah tas olahraga
thewirecutter.com

Tas sekolah ataupun olahraga berbahan kanvas ataupun vinyl bisa dicuci menggunakan mesin cuci dengan tabung standar. Periksalah setiap celah kantong yang terdapat pada tas sebelum memasukannya ke dalam mesin cuci. Jika pada tas terdapat noda, sikatlah terlebih dahulu nodanya dengan sikat lembut yang diberikan cairan penghilang noda, diamkan selama 15 menit

Ubahlah posisi tas yaitu sisi dalam menjadi di bagian luar saat mencuci, gunanya agar kotoran di dalam tas terangkat dan mencegah warna tas tidak pudar. Cuci dengan deterjen dan air hangat atau dingin pada mesin cuci. Mama bisa menambahkan cairan disinfektan atau antiseptik saat mencuci tas olahraga untuk membunuh bakteri.

4. Sepatu berbahan kanvas dan sneakers

4. Sepatu berbahan kanvas sneakers
stozabot.com

Jika tidak ada larangan mencuci yang tertera pada sepatu, ternyata mesin cuci juga bisa diigunakan untuk membersihkannya. Sepatu berbahan kanvas, sneakers, bahkan beberapa jenis sepatu tennis berbahan kulit bisa dibersihkan menggunakan mesin cuci. Lepaskan lebih dulu tali sepatu, cuci terpisah, lepaskan juga insole (lapisan alas sepatu). Kemudian masukan sepatu ke dalam laundry bag dan cuci dengan deterjen menggunakan air hangat atau dingin.

Jika ada noda berat, bersihkan dengan cairan penghilang noda kemudian tunggu selama 15 menit sebelum dicuci dalam mesin. Larutkan satu cangkir baking soda atau desinfektan pada air mesin cuci untuk menghilangkan bau sepatu.

5. Mainan anak

5. Mainan anak
poverty.ucdavis.edu

Mainan anak-anak sangat berpotensi dihinggapi kuman dan bakteri. Apalagi saat mereka membawanya keluar rumah untuk bermain bersama teman-temannya. Jaga selalu kualitas kebersihannya dengan mencuci mainan secara teratur, dan Mama bisa mencucinya di dalam mesin cuci.

Mainan berbahan plastik seperti balok bangunan dan tokoh superhero bisa dicuci menggunakan mesin cuci dengan memasukannya terlebih dulu ke dalam laundry bag. Cuci menggunakan cairan disinfektan atau sabun antiseptik yang dilarutkan ke dalam air hangat untuk membunuh kuman dan bakteri. Jemur pada suhu ruang.

Editors' Picks

6. Boneka

6. Boneka
wikihow.com

Nggak perlu mencucinya ke binatu, Mama bisa mencuci boneka menggunakan mesin cuci di rumah. Sesuaikan ukuran boneka dengan kapasitas mesin cuci, dan hindari mencuci boneka yang dilengkapi rangkaian listrik.

Pertama, periksa bagian boneka, apakah ada robekan atau berpotensi robek saat dicuci. Perbaiki lebih dulu dengan cara menjahitnya agar isinya nggak keluar di dalam mesin cuci. Gunakan cairan penghilang noda jika perlu, kemudian masukan ke dalam laundry bag. Cuci dengan mode lembut menggunakan air hangat atau dingin, setelah selesai angkat dan keringkan dibawah terik matahari.

7. Tas makan siang berbahan kain

7. Tas makan siang berbahan kain
cleanmama.net

Bukan hanya kotak bekal saja yang perlu dibersihkan dari sisa makanan, tapi juga tas makan siangnya. Tas tempat menyimpan kotak bekal biasanya sering terkena noda makanan atau minuman yang tercecer atau tumpah.

Kotoran pada tas makan berpotensi mengembangbiakan bakteri Salmonella, Listeria, E. coli, dan jamur yang bisa menimbulkan gangguan pencernaan dan penyakit. Cucilah dengan air hangat atau dingin dengan mode lembut agar bahan tas nggak rusak. Angkat dan keringkan.

8. Tote bag

8. Tote bag
thespruce.com

Tote bag atau tas belanja yang biasa digunakan ke pasar untuk membeli daging mentah, ayam, ikan dan komoditi lainnya penuh dengan bakteri dan kuman. Sebaiknya cuci tote bag setiap hari setelah menggunakannya. Mama perlu mencucinya agak lama karena penggunaan tote bag yang rentan bakteri.

Mama bisa ikuti cara membersihkan tote bag sesuai yang tertera pada tas. Jika tidak, tote bag berbahan kanvas bisa dicuci dalam mesin cuci menggunakan detergen biasa dan air panas. Pastikan nggak ada sisa makanan di dalam tas dan balikan posisinya. Air panas berfungsi untuk membunuh bakteri E. coli dan bakteri lain. Tote bag kanvas bisa langsung dikeringkan menggunakan pengering mesin cuci, tapi tidak untuk tas berbahan nylon.

9. Perlengkapan dapur

9. Perlengkapan dapur
dhgate.com

Jika Mama punya cetakan kue, agar, atau es berbahan silikon dan sering menggunakannya dalam jumlah banyak secara bersamaan, akan repot mencucinya satu-satu menggunakan tangan. Perlengkapan ini bisa dimasukan ke dalam laundry bag dan cuci menggunakan mesin cuci.

Cuci dengan air panas dan deterjen untuk menghilangkan minyak yang menepel pada silikon dan aktifkan mode lembut mesin cuci. Sarung tangan anti panas dan handuk yang biasa digunakan di dapur sangat mudah kotor dan berminyak, benda ini juga bisa lho dicuci menggunakan mesin cuci.

10. Alat kebersihan

10. Alat kebersihan
apartmentguide.com

Setelah selesai membersihkan rumah, bersihkan juga alat dan perlengkapannya menggunakan mesin cuci. Kain pel, spons, dan sarung tangan karet perlu dibersihkan agar tidak menyebarkan bakteri saat kemabali menggunakannya.

Lepaskan kain pel dari gagang masukan ke dalam laundry bag bersama peralatan dan perlengkapan kebersihan lainnya. Cuci menggunakan air panas dan deterjen yang ampuh membunuh bakteri. Angkat dan keringkan dibawah terik matahari, simpan dalam keadaan benar-benar kering untuk menghindari perkembangan jamur dan bakteri.

11. Karpet kecil

11. Karpet kecil
housemixblog.com

Permadani atau karpet kecil termasuk keset lantai yang berbahan karet di bagian belakangnya bisa dicuci menggunakan mesin cuci. Jika terdapat noda, bersihkan lebih dulu nodanya, kemudian cuci di dalam mesin menggunakan air dingin dan deterjen cair.

Penting untuk Mama catat bahwa jangan menggunakan klorin atau pemutih juga disinfektan pada karpet dengan sandaran karet. Zat pemutih bisa membuat bagian karet pada karpet akan terlepas. Jemur karpet, keringkan bagian kainnya menggunakan panas alami dari matahari. Hindari bahan karet dari panas tinggi karena akan membuatnya menyusut.

12. Tirai

12. Tirai
theyellowcapecod.com

Tirai, baik itu pembatas shower kamar mandi atau gorden bisa dicuci menggunakan mesin cuci standar di rumah Mama. Sesuaikan lebar dan berat tirai dengan kapasitas maksimal tabung mesin cuci. Jika ada sedikit jamur pada tirai berwarna putih atau berbahan plastik, gunakan larutan pemutih klorin. Sedangkan tirai berwarna gunakan pemutih oksigen.

13. Bantal

13. Bantal
bedbathntable.com.au

Bantal berukuran sedang atau kecil, seperti bantal sofa, bantal leher, bahkan bantal bayi bisa lho Mama cuci di rumah menggunakan mesin cuci. Asalkan bantal-bantal ini isinya bulu angsa dan dilapisi polyester. Cuci dengan deterjen satu demi satu agar tabung mesin cuci nggak terlalu penuh.

Meski jenis bantal ini bisa dikeringkan menggunakan pengering mesin cuci, tapi butuh waktu yang lama. Setelah selesai mencuci, jemur bantal dibawah panas matahari, selain lebih cepat kering juga akan menghilangkan bau.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.