Cara Mudah Bersihkan Filter Akuarium Berdasarkan Jenisnya

Perawatan filter akuarium dilakukan untuk jaga kondisi air

17 Februari 2020

Cara Mudah Bersihkan Filter Akuarium Berdasarkan Jenisnya
Unsplash/Kazuend

Akuarium dan ikan hias dapat menjadi pilihan dalam dekorasi rumah. Selain dapat membuat ruangan lebih cantik, kehadiran ikan hias dalam akuarium juga berguna bagi kesehatan lho, Ma.

Hal ini karena melihat pemandangan dalam akuarium dapat membuat pikiran lebih tenang dan santai. Memandang ikan yang sedang berenang juga dapat melatih fokus serta konsentrasi.

Namun, memelihara ikan dalam akuarium juga memerlukan perawatan agar kebersihannya terjaga dan tetap indah dipandang. Tak hanya menghilangkan lumut yang berkerak, membersihkan filter akuarium juga perlu dilakukan sehingga ikan yang hidup tetap terjaga kesehatannya.

Terdapat berbagai macam filter akuarium dan cara membersihkannya. Berikut Popmama.com berikan cara mudah yang dapat Mama dan Papa lakukan untuk membersihkan filter akuarium. Dilansir dari berbagai sumber:

1. Cara membersihkan filter spons

1. Cara membersihkan filter spons
Instagram.com/wildfishtanks

Membersihkan filter spons dilakukan tergantung dengan jenis filter. Jika Mama menggunakan filter spons yang memiliki tambahan pompa, segala komponen harus dilepas. Pastikan semua komponen dibersihkan dan dibilas dengan baik.

Mama juga bisa menggunakan tusuk gigi untuk menghilangkan kotoran yang menempel di saluran filter. Apabila filter spons memiliki saringan udara, periksa dan pastikan saringannya hingga benar-benar bersih. Jika saringan tersebut telah berubah warna, mungkin perlu diganti dengan yang baru.

Kemudian, untuk membersihkan spons, masukkan ke dalam ember berisi air kemudian peras spons beberapa kali dengan lembut agar serpihan kotoran hilang. Namun, jangan biarkan spons terlalu kering selama pembersihan ya, Ma.

Editors' Picks

2. Cara membersihkan filter hang on

2. Cara membersihkan filter hang on
Amazon.com

Perawatan dan pembersihan filter hang-on ini dilakukan dengan membongkar filter, impeller, dan tabung intake serta beberapa komponen kecil lainnya.

Cara pembersihan tiap komponen perlu dibilas menggunakan air hingga bebas dari kotoran. Tusuk gigi juga dapat membantu untuk memeriksa tiap celah komponen sehingga benar-benar bersih.

Jika filter hang-on yang digunakan memiliki roda bio atau komponen penyaringan biologis, apungkan dalam ember berisi air dan bersihkan. Penggunaan air dalam ember dilakukan agar komponen tidak mengering selama pembersihan.

3. Cara membersihkan filter canister

3. Cara membersihkan filter canister
Instagram.com/aquascapecolorado

Filter canister disebut juga dengan filter tabung. Cara pembersihannya, cabut dan lepas peralatan lain yang menempel, seperti bagian pemanas in-line, cobalah cabut beberapa menit sebelum mematikan filter sehingga suhunya dapat turun.

Siapkan ember dengan air dan bersihkan filter, ingatlah untuk menjaga filter tetap basah agar tidak mengering dan tidak membunuh bakteri baik yang ada di dalamnya. Fokus lah untuk membersihkan tabung, baling-baling, dan selang.

Gunakan sikat lembut untuk menggosok bagian impeller, selang, dan komponen lain yang ukurannya kecil. Pastikan semuanya benar-benar bersih sebelum kembali dipasang.

Hal ini untuk mencegah terjadinya kebocoran filter tabung. Setelah membersihkan, isi tabung dengan air akuarium sebelum mengaitkan dan memasangkannya kembali.

4. Cara membersihkan filter under gravel

4. Cara membersihkan filter under gravel

Undergravel filter (UGF) bekerja dengan menggunakan gravel dan kerikil sebagai komponen utamanya sehingga perlu dilakukan pengecekan dan pembersihan rutin. Hal ini karena gravel dan kerikil sering tertutup oleh alga, lumut, atau kotoran yang dapat menyebabkan racun bagi ikan.

Pembersihan gravel dan kerikil dapat dilakukan dengan mudah, yaitu menggunakan selang untuk menyedot kotorannya. Namun, ukuran selang yang digunakan harus disesuaikan sehingga pembersihan dapat maksimal.

5. Waktu yang tepat bersihkan filter

5. Waktu tepat bersihkan filter
Unsplash/Huy Phan

Filter di dalam akuarium berfungsi sebagai alat pembersih air sehingga ikan bisa tetap hidup dengan nyaman. Maka, filter sebagai penyaring kotoran dalam air perlu dibersihkan.

Waktu yang tepat untuk membersihkan filter akuarium bergantung pada setiap kebutuhan. Namun, biasanya dilakukan seminggu setelah membersihkan bagian dalam akuarium.

Hal ini dilakukan untuk memberikan waktu penyesuaian diri pada ikan terhadap lingkungan barunya.

Sebelum perubahan lain atau pembersihan filter dilakukan. Jadi, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan jenis filternya ya, Ma.

Selain membersihkan filter akuarium secara rutin, perawatan terhadap tanaman serta kondisi pH, suhu air, tanaman air, dan komponen lain juga perlu diperhatikan agar keberlangsungan hidup ikan tetap terjaga. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.