5 Inspirasi Dekorasi Meja Menyambut Lebaran

Lebaran di depan mata, sudah terpikir bagaimana mendekorasi meja?

1 Juni 2019

5 Inspirasi Dekorasi Meja Menyambut Lebaran
Pexels/Kaboompics.com

Lebaran sudah di depan mata, apa saja yang sudah Mama siapkan?

Jika Mama berkesempatan menjamu keluarga dan sahabat, tentu rumah perlu ditata secantik mungkin. Nggak ingin dong rumah berantakan ketika dikunjungi tamu.

Maka, persiapan khusus kerap masuk dalam daftar to-do-list sejak awal Ramadan. Selain mempersiapkan menu makanan khas Lebaran, hal lain yang tidak boleh dilewatkan adalah dekorasi meja makan.

Bagaimanapun juga, meja makan menjadi fokus dari sesi open house ini. Di sanalah para tamu akan menyantap aneka hidangan lezat yang Mama hidangkan.

Untuk merayakan momen istimewa ini, yuk, intip 5 inspirasi dekorasi meja makan nan cantik berikut.

1. Sentuhan vintage nan menawan

1. Sentuhan vintage nan menawan
Pixabay/Terry Cnudde

Mama punya koleksi barang lama warisan orangtua? Misalnya, piring makan, mangkuk saji, cangkir, gelas, hingga sendok garpu bergaya klasik. Konsep vintage bisa jadi ide menarik. Dominasi warna hangat seperti kuning, coklat, dan oranye mampu menampilkan kesan tersendiri.

Mama juga bisa menambahkan pernak-pernik bertema serupa di area makan atau living room. Punya foto-foto lawas? Pasang dengan bingkai yang kental nuansa jadulnya, seperti ukiran besi.

2. Koleksi taplak meja jadi penyelamat

2. Koleksi taplak meja jadi penyelamat
Pexels/Rawpixel

Buat Mama yang berpikir dua kali soal bujet ekstra dekorasi, cukup memanfaatkan koleksi taplak meja untuk dipasang di meja makan. Apalagi, jika biasanya meja makan dibiarkan begitu saja tanpa taplak.

Untuk momen istimewa seperti Lebaran, pilih taplak meja yang sesuai dengan ukuran meja makan. Menggunakan table runner dapat membuat tampilan ruang makan terlihat berbeda. Pasang secara diagonal pun memberikan kesan lain.

Atau, Mama bisa memadukan 2 buah kain taffeta berwarna kontras sebagai taplak meja. Warna gelap di bagian dasar, warna terang di atasnya menjadi aksen, lalu buat simpul cantik di ujung meja. Voila! Meja makan Mama kelihatan lebih ‘wah’!

Editors' Picks

3. Kreasi table centerpiece

3. Kreasi table centerpiece
tasteofhome.com

Ingin sesuatu yang menonjol di meja makan selain hidangan lezat Lebaran? Mama bisa menyelipkan sebuah table centerpiece yang unik. Cukup sesuaikan dengan ide besar yang Mama ambil untuk menata meja makan.

Misalnya, di tengah warna hidangan yang cenderung senada – serba kuning kecoklatan, Mama bisa memasang sebuah nanas yang berfungsi sebagai ‘vas’ bagi beberapa tangkai bunga. Sentuhan tropikal seperti ini bisa memberi warna berbeda di tengah hidangan Mama. Pastikan ukurannya tidak terlalu besar agar tetap enak dipandang dan memudahkan tamu mengambil makanan.

4. Bunga segar sebagai pemanis

4. Bunga segar sebagai pemanis
tasteofhome.com

Bunga selalu sukses memberi nuansa segar di ruangan manapun, termasuk di meja makan. Mama bisa memilih bunga yang wanginya tidak terlalu menonjol, sehingga tidak berpengaruh pada aroma masakan.

Alih-alih menempatkan bunga pada bagian tengah meja makan, Mama bisa menaruh rangkaian bunga di sebuah coffee table di pojok ruangan. Jadi, secara keseluruhan tampilan ruang makan lebih manis dan suasananya segar.

5. Terang benderang dengan pencahayaan maksimal

5. Terang benderang pencahayaan maksimal
Pexels/Jean van der Meulen

Setelah meja makan tertata rapi, hal terakhir yang perlu Mama cek adalah pencahayaan. Jangan sampai tamu kesulitan mengambil makanan karena penerangan terlalu redup. Maksimalkan pencahayaan ruangan sesuai waktu. Misalnya, ketika siang hari, sebisa mungkin tirai jendela terbuka agar cahaya alami masuk menerangi ruangan.

Sementara ketika malam hari, pastikan lampu di area makan cukup terang. Mama juga bisa menambahkan lilin yang berfungsi sebagai penerang tambahan sekaligus membuat lalat enggan mampir di meja makan.

Nah, itu dia 5 inspirasi dekorasi di meja makan yang bisa Mama contek. Selamat bersiap-siap menjadi tamu open house di Lebaran nanti, Ma!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!