5 Inspirasi Desain Kamar Mandi Modern dan Minimalis

Minimalis masih jadi tren, termasuk untuk kamar mandi

17 Januari 2021

5 Inspirasi Desain Kamar Mandi Modern Minimalis
Pexels/Jean van der Meulen

Apa arti gaya modern bagi Mama?

Gaya modern dalam desain dapat diartikan berbeda oleh setiap orang. Ada yang berpendapat modern harus serba canggih, ringkas, sampai simpel dan minimalis.

Namun, dalam dunia desain, konsep modern banyak memakai elemen berikut: bentuk geometri, warna netral atau dasar, material alami, serta minim dekorasi.

Mana pun konsep desain modern yang Mama yakini, gaya ini cocok untuk diterapkan dalam berbagai tipe hunian. Mulai dari rumah mungil, rumah besar, hingga apartemen.

Jika Mama sedang berencana merenovasi kamar mandi, mari simak 5 inspirasi kamar mandi modern minimalis versi Popmama.com berikut ini.

1. Sentuhan abu-abu yang buat kamar mandi terlihat elegan

1. Sentuhan abu-abu buat kamar mandi terlihat elegan
renoguide.com.au

Kamar mandi modern minimalis tidak selalu berwarna putih. Mama bisa menyematkan warna abu-abu cantik pada beberapa fitur kamar mandi.

Misalnya, dinding kamar mandi berwarna abu-abu yang dilengkapi dekorasi dan rak bergaya rustic. 

Menarik untuk dicoba bagaimana Mama bisa memasang instalasi pencahayaan dari belakang cermin. Pijar cahayanya menciptakan suasana modern yang unik dan membuat suasana kamar mandi terlihat berbeda.

Editors' Picks

2. Aksen warna cerah

2. Aksen warna cerah
thespruce.com

Warna netral seperti putih dan abu-abu memang leluasa untuk dipadukan dengan warna apa pun. Itulah mengapa kamar mandi modern bisa mengakomodasi warna lain sebagai elemen pencuri perhatian.

Mama bisa memakai satu warna terang saat mendekorasi kamar mandi modern minimalis. Contoh, merah, biru, hijau, atau kuning. 

Gunakan untuk aksen pada kamar mandi sehingga warna cerah ini dapat meningkatkan kamar mandi bergaya modern milik Mama.

3. Cahaya alami dari atap

3. Cahaya alami dari atap
renoguide.com.au

Area kamar mandi di rumah tidak memungkinkan untuk menambah jendela? 

Selain memasang exhaust untuk menjaga sirkulasi udara, Mama bisa “membuka” bagian atas shower dan memasang atap bening seperti kaca atau genteng fiberglass. 

Dengan shower skylight ini, kamar mandi modern minimalis akan terasa lebih terang berkat cahaya alami yang masuk melalui atap kamar mandi.

Bukan hanya lebih terang, tetapi juga bisa mengesankan kamar mandi yang lebih lapang.

Padukan dengan beberapa elemen bergaya simpel dan warna netral, seperti shower yang tampak ringan, kaca pembatas area shower, dan dinding putih yang dikombinasikan dengan warna hitam atau abu-abu.

4. Warna gelap yang menenangkan

4. Warna gelap menenangkan
thespruce.com

Kamar mandi bergaya modern tidak melulu berwarna putih. Bagi pecinta warna gelap, sah-sah saja menyematkan  warna ini di kamar mandi.

Sebagai contoh, kamar mandi modern ini tampil dengan warna keramik hitam keabu-abuan.

Untuk menanggalkan kesan sempit dan gelap, Mama bisa memadukannya dengan memasang elemen berwarna putih yang memiliki tampilan slim dan ringan. 

Elemen kayu berwarna cerah dapat menjadi perabot kamar mandi yang memberi kesan hangat. Kesan gelap pun memudar, berganti dengan suasana elegan yang nyaman.

5. Tanaman hijau si pencuri perhatian

5. Tanaman hijau si pencuri perhatian
renoguide.com.au

Mama senang aneka dedaunan cantik yang sedang naik daun belakangan ini?

Ternyata bisa juga Mama menaruhnya di kamar mandi untuk memberi kesan alami yang hangat.

Kamar mandi minimalis yang kadang tampak membosankan berubah menjadi lebih berwarna saat Mama menempatkan beberapa pot tanaman pilihan.

Bahkan, bukan hanya menjalani fungsi estetika saja, pot tanaman ini bisa membantu sirkulasi udara dalam kamar mandi lebih lancar.

Jadi, selain sedap dipandang, udara segar pun bisa Mama dapatkan dengan kamar mandi minimalis demikian.

Nah, itulah 5 desain kamar mandi modern minimalis yang bisa Mama jadikan inspirasi saat renovasi rumah. Dari kelima ide tadi, yang mana favorit Mama?

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.