Pandemi Belum Berujung, 5 Benda Ini Wajib Selalu Ada di Rumah

Baik untuk antisipasi maupun membantu proses pemulihan

25 Januari 2021

Pandemi Belum Berujung, 5 Benda Ini Wajib Selalu Ada Rumah
Pexels/Gustavo Fring

Sudah 1 tahun sejak pandemi merebak di seluruh dunia. Namun, pandemi ini pun belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. 

Bahkan, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia justru semakin meningkat. Penerapan protokol kesehatan harus diperketat, seiring penerapan pembatasan kegiatan masyarakat untuk beraktivitas di luar rumah.

Sebisa mungkin Mama dan keluarga tetap di rumah saja untuk menghindari penularan lebih masif dari virus baru ini. Maka, memastikan berbagai barang tersedia di rumah jadi hal penting untuk dilakukan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut daftar 5 barang yang wajib tersedia di rumah selama masa pandemi versi Popmama.

1. Selalu sedia sabun cuci tangan antiseptik

1. Selalu sedia sabun cuci tangan antiseptik
Pexels/Burst

Tentu Mama sudah tahu bahwa mencuci tangan dengan sabun antiseptik selama 20 detik jauh lebih efektif membunuh virus, bakteri, dan kuman. Menyediakan sabun cuci tangan di rumah jelas suatu keharusan.

Biasakan anak mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas, khususnya makan, bermain di luar rumah, maupun setelah dari kamar mandi.

Begitu juga dengan sabun mandi yang berkualitas baik. Jika memungkinkan, pilih sabun mandi cair yang ditempatkan dalam botol pompa. Lebih higienis, lebih praktis, dan bisa diisi ulang tentunya.

Editors' Picks

2. Pastikan stok masker aman

2. Pastikan stok masker aman
Pexels/Ketut Subiyanto

Sepanjang tahun 2020, masker jadi item wajib dipunyai semua orang. Pemakaian masker bukan hanya melindungi Mama dari paparan virus, polutan udara, atau bakteri saat sakit, tetapi juga melindungi orang lain agar tidak tertular.

Kementerian Kesehatan pun menjadikan aturan pakai masker sebagai bagian penting dalam protokol kesehatan. Jadi, wajar jika kebutuhan masyarakat akan masker pun terus bertambah.

Masker kain yang bisa dicuci dan dipakai berulang jadi alternatif terbaik saat ini. Namun, Mama perlu cek ulang jumlah lapisan kain serta jenis kain yang dipakai. Minimal dua lapisan, lebih baik jika ada celah untuk menyisipkan filter tambahan.

Kemudian, sediakan juga masker sekali pakai di rumah untuk stok. Beberapa jenis masker sekali pakai seperti masker medis dan duckbill, cocok dipakai untuk anggota keluarga yang masih aktif berkegiatan di luar rumah.

Misalnya, Mama atau Papa masih harus kerja di kantor. Bawa beberapa masker sekali pakai ini mengingat durasi pemakaian masker yang terbatas. 

Plus, jangan lupa untuk menggunting masker sebelum dibuang agar tidak bisa didaur ulang. Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah melepas masker ya.

3. Cairan disinfektan pembersih segala

3. Cairan disinfektan pembersih segala
Pexels/Poline Zimmerman

Berbeda dengan antiseptik yang bisa digunakan untuk tubuh, disinfektan merupakan bahan kimia yang dipakai guna membasmi kuman maupun virus di permukaan benda. 

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi efektivitas disinfektan, seperti pH, konsentrasi, suhu, durasi paparan, dan keberadaan bahan pengganggu.

Maka, dalam sebuah cairan disinfektan umumnya mengandung senyawa berikut, yaitu ethanol, 2-propanol, pine oil, povidone-iodine, sodium hypochlorite, sodium chlorite, dan sodium dichloroisocyanurate. 

Untuk di rumah, Mama bisa membeli cairan disinfektan dalam bentuk semprotan atau spray. Mama dapat menggunakannya untuk membersihkan berbagai permukaan benda keras di rumah, dari remote TV, gagang pintu, meja, kursi, hingga dudukan toilet.

Sementara, bagi anggota keluarga yang masih kerap beraktivitas di luar rumah, bekali mereka dengan varian disinfektan spray yang bisa disemprot ke udara maupun permukaan benda halus dan keras.

4. Madu, si manis yang bermanfaat

4. Madu, si manis bermanfaat
Pexels/Pixabay

Madu juga jadi barang wajib yang harus selalu ada di rumah selama masa pandemi. Sudah lama madu dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan berkat keberagaman kandungan nutrisinya.

Dalam madu, terkandung berbagai senyawa aktif, antara lain vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, asam fenolik, karotenoid, dan flavonoid.

Beberapa manfaat madu yang bisa Mama peroleh adalah:

  • Melindungi tubuh dari paparan radikal bebas berkat fungsi madu sebagai antioksidan alami
  • Meredakan batuk karena rasa manis madu mampu merangsang produksi air liur yang berfungsi menjaga kelembapan dan mengurangi rasa gatal tenggorokan
  • Memelihara sistem pencernaan sebab madu berperan sebagai prebiotik yang membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh berkat senyawa fitonutrien dan vitamin yang terkandung di dalamnya, plus madu juga berperan sebagai antijamur dan antibakteri.

5. Makanan dan minuman penambah daya tahan tubuh

5. Makanan minuman penambah daya tahan tubuh
Pexels/Angele J

Membangun imunitas tubuh adalah salah satu “pertahanan” penting dalam rangka membentengi tubuh Mama dan keluarga dari paparan virus. Cara termudah untuk menjaganya adalah dengan menyediakan makanan dan minuman yang bernutrisi.

Tidak perlu makanan dan minuman mahal untuk memastikan kecukupan nutrisi si Kecil, juga seluruh anggota keluarga. Mama dapat memanfaatkan bahan makanan lokal yang mudah dijangkau.

Contoh, bahan makanan yang kaya akan zat besi dan vitamin C memainkan peranan penting sebagai penambah daya imunitas tubuh. 

Zat besi dapat diperoleh dari sayur-sayuran hijau. Sementara ati ayam dan daging sapi merupakan protein hewani juga mengandung zat besi tinggi.

Buah-buahan jadi sumber vitamin C yang bisa Mama masukkan sebagai camilan sehat di rumah. Sebut saja, jeruk, pepaya, mangga, dan stroberi.

Kemudian, Mama boleh menyediakan yogurt yang bisa jadi sumber vitamin D. Sebagai informasi, vitamin D membantu tubuh memelihara sistem imunitas sehingga pertahanan alami tubuh pun meningkat.

Jangan lupa siapkan jahe. Tanaman obat satu ini dikenal bukan hanya untuk menambah daya tahan tubuh, tetapi juga menurunkan tingkat peradangan dan sakit tenggorokan, serta bisa menurunkan kolesterol.

Dari kelima benda di atas, mana saja yang sudah Mama sediakan di rumah? Pastikan kelimanya selalu ada. Semoga Mama dan keluarga sehat selalu!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.