Bisa Bawa Penyakit Berbahaya, Ini Cara Usir Kecoa yang Efektif

Rebahan di lantai bareng si Kecil lebih nyaman kan, Ma?

27 November 2020

Bisa Bawa Penyakit Berbahaya, Ini Cara Usir Kecoa Efektif
Shutterstock/janews

Keberadaan serangga yang satu ini selalu bikin merinding siapa saja yang melihatnya. Apalagi kalau bukan kecoa. Nggak hanya karena bentuknya yang mungkin mengerikan untuk beberapa orang, ternyata Mama memang patut waspada nih sama kecoa. Soalnya, binatang yang satu ini ternyata bisa jadi sumber dari beberapa penyakit yang membahayakan keluarga seperti tifus dan diare. Nah, nggak mau hal ini terjadi pada keluarga ‘kan? Simak tips dan trik dari Popmama.com berikut ini yuk!

1. Menutup lubang-lubang kecil di rumah

1. Menutup lubang-lubang kecil rumah
Shutterstock/Ari N

Mama nggak salah baca kok, Popmama memang baru saja memberi tips untuk menutup lubang-lubang kecil yang ada di rumah Mama. Lubang-lubang kecil yang ada di rumah misalnya seperti saluran air, rongga ventilasi, bahkan saluran cuci piring. Lubang-lubang ini biasanya selalu menjadi gerbang masuk kecoa ke rumah Mama. Untuk itu, coba deh jadikan ini sebagai langkah preventif dengan menutup lubang, baik yang sifatnya permanen atau disesuaikan dengan kebutuhan, seperti menutup saluran cuci piring jika tidak digunakan.

Editors' Picks

2. Menyemprot bagian-bagian terpencil rumah dengan spray anti kecoa

2. Menyemprot bagian-bagian terpencil rumah spray anti kecoa
Shutterstock/New Africa

Saat sedang bersih-bersih rumah baik Mama atau Papa biasanya pasti fokus pada bagian-bagian yang sering terlihat oleh mata. Ini memang kebiasaan baik Ma, tapi pastikan Mama juga membersihkan hingga ke selah-selah tersempit di rumah ya. Untuk yang satu ini pasti akan sulit jika Mama menggunakan spray anti kecoa biasa, apalagi dengan bentuk pipa yang umumnya membuat cairan jatuh terlalu melebar dari spot yang Mama tuju.

Tapi, gak perlu khawatir Ma, Popmama punya solusinya. HIT Anti Kecoa Spray bisa jadi ‘sahabat’ Mama untuk usir kecoa karena mampu menjangkau hingga ke selah tersempit di rumah Mama. Ini Karena HIT Anti Kecoa Spray dilengkapi dengan pipa pemburu yang dapat menjangkau sudut-sudut ruangan yang tersembunyi. Selain itu, formula khususnya juga dapat membasmi kecoa bahkan 3x lebih cepat dari spray anti nyamuk biasa. Ini nih yang Mama butuhkan!

3.Membuat perangkap kecoa dengan gel anti kecoa

3.Membuat perangkap kecoa gel anti kecoa
Shutterstock/Sunset Paper

Metode lain yang bisa Mama coba untuk mengusir kecoa adalah dengan membuat perangkap kecoa. Nah, Mama tahu gak sih kalau kecoa sebenarnya menyukai rasa makanan manis? Nah, gak heran orang zaman dahulu banyak yang sering membuat perangkap kecoa dengan mencampurkan gula atau madu dengan tambahan boraks atau baking soda. Tapi, sayangnya cara ini hanya bisa mengusir kecoa yang datang ke rumah saja tapi gak bisa mengusir hingga ke sumbernya.

Nah, buat yang satu ini Popmama sarankan Mama menggunakan HIT Anti Kecoa Gel. HIT Anti Kecoa Gel adalah umpan kecoa yang dapat membunuh hingga ke sarangnya. Cara kerjanya unik nih Ma, jadi umpan akan dimakan kecoa, lalu bahan aktifnya akan bekerja dalam beberapa jam dan saat itulah kecoa akan mati. Lalu, kecoa yang mati akan dimakan oleh kecoa lainnya sehingga terus menjalar sampai ke sarangnya. Gak hanya itu Ma, HIT Anti Kecoa Gel juga memberikan perlindungan menyeluruh hingga 45 hari sejak hari pertama pemakaian. Wah, harus punya stok di rumah nih, Ma!

4.Nggak menumpuk barang-barang yang tidak terpakai

4.Nggak menumpuk barang-barang tidak terpakai
Shutterstock/kurhan

Punya banyak barang yang sudah gak terpakai? Wah, sepertinya sudah saatnya Mama dan Papa merelakan barang-barang ini nih. Mama bisa menyumbangkannya untuk didaur ulang atau memberikan ke kerabat yang lebih membutuhkan. Lalu apa hubungannya dengan kecoa? Jangan salah Ma, kecoa ini termasuk hewan yang bisa makan dari apa saja, termasuk kertas bahkan hingga debu. Gak mau kan barang-barang ini justru jadi makanan kecoa dan bikin mereka lebih betah tinggal di rumah Mama? Yuk mulai berbenah, Ma!

5. Membersihkan sisa-sisa makanan yang tercecer secepatnya

5. Membersihkan sisa-sisa makanan tercecer secepatnya
Shutterstock/Gorodenkoff

Kunci dari rumah yang bebas kecoa adalah bersih. Untuk itu, Mama harus memastikan rumah bersih baik dari barang-barang yang menumpuk hingga sisa-sisa makanan. Untuk yang ini Popmama sarankan untuk nggak meninggalkan dapur dalam keadaan yang bersih tanpa cucian piring kotor yang menumpuk agar tidak menjadi ‘pengundang’ kecoa saat Mama dan keluarga terlelap. Selain itu, sebagai langkah preventif lainnya Mama juga bisa mengajarkan keluarga untuk tidak makan di kamar untuk menghindari ada sisa makanan yang tercecer di kamar. Biasakan yuk, Ma!

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa Mama coba untuk mengusir kecoa di rumah. Jangan lupa untuk selalu sedia HIT Anti Kecoa Spray dan HIT Anti Kecoa Gel di rumah ya, Ma! Mengusir kecoa di rumah jadi lebih mudah deh. Mau rumah lebih nyaman bebas dari kecoa? Pastikan Mama sudah punya #HITAntiKecoa ya! Karena cuma HIT yang #3XLebihEfektifBunuhKecoa! Untuk mendapatkannya langsung klik di sini ya!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.