Kenali 6 Jenis Vacuum Cleaner Sebelum Membelinya

Jangan sampai salah beli, ketahui dulu kelebihan dan kekurangan berbagai jenis vacuum cleaner.

2 November 2018

Kenali 6 Jenis Vacuum Cleaner Sebelum Membelinya
Pexels/Jens Mahnke

Membersihkan rumah tidak bisa lepas dari alat yang bernama vacuum cleaner. Vacuum cleaner merupakan alat penghisap debu dan kotoran yang menggunakan pompa udara sebagai alat bantunya.

Debu dan kotoran yang terkumpul akan diteruskan ke bagian kantong sampah yang terdapat di bagian dalam alat.

Ada banyak jenis vacuum cleaner yang dapat Mama temui dipasaran. Mulai dari jenis Upight, Canister, Cordless, Robotic, Handheld dan Wet/Dry.

Harga masing-masing alat vakum bervariasi bergantung pada kualitas dan daya hisap alat tersebut dalam menyedot debu dan kotoran yang menempel pada karpet maupun lantai.

Lalu apa saja 6 jenis vacuum cleaner beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing? Popmama.com telah merangkumnya sebagai berikut:

1. Upright

1. Upright
rarali.com

Alat vakum berbentuk tegak ini dikenal dengan daya hisapnya yang kuat dan kepala lebar yang dapat membersihkan hingga 15 inci atau lebih dengan satu sapuan. Tersedia dalam versi bagless dan bagged.

Vakum ini cenderung lebih berat daripada beberapa model lainnya yang lebih ramping sehingga mengharuskan Mama untuk mendorong dan menarik vakum di lantai saat proses pembersihan.

Vakum berbentuk tegak ini memiliki hasil pekerjaan terbaik dan dapat menembus serat karpet untuk menyedot kotoran, bulu, dan debu.

Namun, desain vakum yang tegak lebih sulit untuk bermanuver membersihkan ruang yang sempit seperti di bawah sofa atau tempat tidur.

Harga yang ditawarkan untuk penyedot debu jenis ini berkisar dari Rp 750 ribu untuk versi ringan, sementara untuk alat vakum yang lebih kuat dan berkualitas dapat mencapai harga Rp 5 juta.

2. Canister

2. Canister
rarali.com

Berbeda dengan jenis vacuum cleaner upright, alat vakum canister ini cukup fleksibel dan memiliki pipa sebagai penyedot agar mempermudah bagian tersembunyi untuk dibersihkan.

Alat vakum canister yang berbentuk tabung sangat populer di masyarakat karena jauh lebih mudah dalam proses penggunaannya dibandingkan jenis vakum yang tegak dan berat.

Hanya saja penyimpanannya memakan tempat karena ukurannya cukup besar ditambah dengan selang serta kelengkapan lainnya.

Harganya bervariasi mulai dari Rp 750 ribu hingga Rp 12 juta bergantung pada kualitas dan kekuatan daya hisapnya.

Editors' Picks

3. Cordless

3. Cordless
trustedreviews.com

Dengan jenis vakum ini seluruh penghuni rumah mampu membersihkan ruangan dengan mudah. Sesuai namanya, produk ini mengusung konsep kepraktisan yaitu cordless stick cleaner yaitu perangkat penghisap debu tanpa kabel.

Tidak seperti vacuum cleaner konvensional pada umumnya, pada saat bekerja produk ini tidak menggunakan kabel sebagai pengisi dayanya, melainkan menggunakan sebuah baterai yang mampu digunakan sekitar 30 menit tanpa berhenti.

Jika daya dalam baterai telah habis, Mama dapat melepaskan baterai tersebut dari perangkat kemudian memasangkannya pada battery dock.

Alat vakum ini mampu menyedot debu dengan kuat dan membersihkan lebih maksimal. Beratnya yang ringan membuat Mama lebih leluasa membersihkan rumah hingga ke sela-sela yang jarang terjamah seperti langit-langit rumah maupun celah antar furnitur. Harga alat ini berkisar Rp 750 ribu hingga Rp 3.5 juta.

4. Robotic

4. Robotic
rarali.com

Jika Mama tidak punya cukup waktu untuk membersihkan debu dan kotoran di rumah maka alat vakum robotic ini merupakan pilihan yang sangat pas.

Alat vakum robotic berbentuk bulat dan futuristik ini bekerja secara otomatis menyedot debu dan kotoran, setelah selesai kemudian akan kembali secara otomatis ke stasiun pengisian hingga jadwal berikutnya berjalan.

Alat ini biasanya sudah membenamkan fitur mengenali ketinggian sehingga tidak akan terjatuh di tangga.

Kisaran harga untuk vakum robot sangat bervariasi berkisar antara Rp 1.5 juta hingga Rp 7 juta tergantung pada seberapa pintar unitnya.

5. Handheld

5. Handheld
rarali.com

Vakum jenis ini merupakan vakum yang dibuat untuk digenggam pada saat menjalankan alatnya.

Pembersih vakum kecil ini biasanya bertenaga baterai dan memiliki tempat sampah yang mengumpulkan debu, kotoran, dan bulu hewan peliharaan yang terhisap ke dalam vakum.

Daya hisap alat ini biasanya tidak besar sehingga hanya digunakan untuk pembersihan ringan. Jenis alat vakum ini berharga antara Rp 250 ribu hingga Rp 1 juta.

6. Wet/Dry

6. Wet/Dry
rarali.com

Memiliki bentuk yang mirip dengan alat vakum canister, akan tetapi memiliki teknologi yang berbeda dimana alat ini memiliki kemampuan menghisap lebih kuat atau bisa dioperasikan saat keadaan basah atau kering.

Bagian filternya telah dilengkapi teknologi sedemikian rupa agar daya hisapnya lebih kuat dan dapat digunakan pada lantai serta karpet disaat kering maupun basah.

Nah, itulah 6 jenis vacuum cleaner yang dapat kamu pilih untuk membersihkan perabotan di rumah.

Dalam membeli alat vakum jangan lupa untuk mempertimbangkan kemampuanmu dalam mengoperasikan alat.

Alat yang mudah digunakan dapat membuatmu lebih rajin membersihkan rumah secara menyenangkan. Jadi alat mana yang akan Mama pilih?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.